PERBANDINGAN KURIKULUM MENTORING AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN ANTARA TAHUN 2008 DAN 2015 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Iftihatur Rohmah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang memiliki ciri khusus yaitu adanya Mentoring Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Dalam rentang tahun perjalanan, Mentoring Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sudah beberapa kali mengalami perubahan kurikulum, yaitu kurikulum tahun 2001, 2003, 2008, dan 2015. Penulis merasa tertarik untuk meneliti “Perbandingan Kurikulum Mentoring Al-Islam dan Kemuhammadiyahan antara Tahun 2008 dan 2015 di Universitas Muhammadiyah Surakarta”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apa perbedaan, persamaan, kelebihan, dan kekurangan kurikulum Mentoring Al-Islam dan Kemuhammadiyahan antara tahun 2008 dan 2015?” Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, karena data yang dikumpulkan di lapangan berupa kata-kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan kurikulum mentoring Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dari tahun 2008 dan2015 didasarkan pada keadaan dan kondisi adik mentor ketika mengikuti Tes Baca Al-Qur’an dan Salat (TBAS) yang dilakukan sebelum masa perkuliahan aktif di semester satu, hasilnya menunjukkan bahwa banyak di antara mereka yang belum bisa membaca Al-Qur’an dan salat yang belum sesuai dengan tuntunan Rasulullah saw. Oleh karena itu, perubahan kurikulum Mentoring Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di tahun 2015 lebih difokuskan pada keduanya. Dengan demikian, perubahan tersebut dirasa lebih efektif untuk diterapkan dalam pelaksanaan Mentoring Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords

Kurikulum, Mentoring Al-Islam dan Kemuhammadiyahan

Full Text:

PDF

References

Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi., Yuliana, Lia. 2012. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Fathoni, Abdurrahman. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Pradika, Fitriana M. 2014. “Hubungan antara Intensitas Membaca Ayat Suci Al-Qur´an dengan Kepercayaan Diri pada Mentor Kegiatan Mentoring Universitas Muhammadiyah Surakarta.” Skripsi. Dalam http:// eprints.ums.ac.id, diakses pada tanggal 10 Oktober 2016 pukul 10.03 WIB.

Royani, Abu Bakri . 20014. Ber-Islam menuju Kesalehan Individual dan Sosial. Surakarta: LPIK UMS.

Sajirun, Muhammad. 2011. Manajemen Ḥalaqah Efektif . Solo: Era Adicitra Intermedia.

Shobahiya, Mahasri., dkk. 2012. Profil Mentoring Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Surakarta: LPIK.

Subandijah. 2000. Pengembangan dan Inovasi Kurikulum (Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susilowati, Ugulia M. 2008. Peranan Mentoring Al-Islam dalam Pendisiplinan Salat Mahasiswa UMS. Skripsi. Dalam http://eprints.ums.ac.id, diakses pada tanggal 10 Oktober 2016 pukul 08.37 WIB.

Tafsir, Ahmad. 2008. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Article Metrics

Abstract view(s): 280 time(s)
PDF: 486 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.