KONSEP PENDIDIKAN PEREMPUAN SITI WALIDAH

Dian Ardiyani(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses di mana seorang mendapatkan pengetahuan (knowledge acquisition), mengembangkan kemampuan atau keterampilan (skills developments) sikap atau mengubah sikap (attitute change). pendidikan merupakan suatu proses transformasi anak didik agar mencapai hal-hal tertentu sebagai akibat proses pendidikan yang diikutinya. Sebagai bagian dari masyarakat, pendidikan memiliki fungsi ganda yaitu fungsi sosial dan fungsi individual. Melalui pemikiran Siti Walidah tentang konsep pendidikan untuk kaum perempuan, akhirnya memberikan angin segar pada pendidikan untuk kaum perempuan ditanah Jawa khususnya dan di Indonesia. Pemikiran Siti Walidah tidak hanya untuk perempuan Jawa saja, tetapi untuk perempuan Indonesia supaya mendapatkan keseimbangan dalam hal pendidikan dengan kaum laki-laki

Keywords

Pendidikan perempuan, Siti Walidah

Full Text:

PDF

References

Ajisaka, Arya; Damayanti, Dewi. 2010. Mengenal Pahlawan Indonesia. Jakarta: Kawan Pustaka.

Alfiyanti, Dina. 2012. Mengenal Pahlawan Nasional Jilid 1. Erlangga Group.

Komandoko, Gamal. 2006. Kisah 124 Pahlawan & Pejuang Nusantara. Sleman: Pustaka Widyatama.

Kurniasari, Triwik. 22 Agustus 2010. "Zaskia Adya Mecca: Juggling family and movies". The Jakarta Post (dalam Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Januari 2012. Diakses tanggal 15 Januari 2012.

Lubis, Ahyar Yusuf. 2015. Pemikiran Kritis Kontemporer. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Pusat Kajian Gender Wanita dan Gender Universitas Indonesia, Hak Asasi Perempuan, Yayasan Obor, Jakarta, 2007.

Ranadirdja, Bisyron Ahmadi. 1980. Cikal Bakal Sekolah Muhammaadiyah (yogyakarta: Badan Pembantu Pelaksana Pembantu Pendidikan Pawiyatan Wanita Sekolah Dasar Muhammadiyah Kauman Yogyakarta).

Rinusu (Ed). 2007. Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan di Indonesia: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kerjasama antara Kementerian Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia dan United National Development Program (UNDP).

Sadari.2015 . Hak Perempuan untuk Pendidikan dan Pengajaran dalam Prespektif Islam. Al-Murabi.

Suhartono.1994 . Sejarah Pergerakan Nasional; dari Budi Utomo sampai Proklamasi . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syamsiyah, Dailatus. 2015 . Perempuan dalam Tantangan Pendidikan Global: Kontribusi Kaum Perempuan dalam Mewujudkan Millenium Development Goals. Palastren.

Wahyudi, Jarot. 2002. "Nyai Ahmad Dahlan: Penggerak Perempuan Muhammadiyah". Di Burhanuddin, Jajat. Ulama Perempuan Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yunus Anis. 1968. Riwayat Hidup Nyai Ahmad Dahlan Ibu Muhammadiyah dan Aisyiyah Pelopor Pergerakan Indonesia (Yogyakarta: Yayasan Mercusuar).

Zainal, Veithzal Rivai, dkk. 2013. Islamic Education Management: Dari Teori kr Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

http://www.suaramuhammadiyah.id/2016/01/21/siti-walidah-perintis-namun-bukan-ketua-pertama-aisyiyah/2/

https://www.pwmu.co/5137/2016/04/siti-walidah-lebih-dari-seorang-kartini/

Article Metrics

Abstract view(s): 4177 time(s)
PDF: 4543 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.