PERCIKAN PEMIKIRAN PENDIDIKAN MOHAMMAD DJAZMAN: Kajian Konsep “Muslim Intelektual” dan “Ethos Kerja Islam”

Mohamad Ali(1*), Dartim Ibnu Rush(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Mohammad Djazman (1938-2000) seorang aktivis dakwah, praktisi pendidikan, penggerak angkatan muda, dan seorang pemikir ulung yang melampaui disiplin-disiplin keilmuan konvensional. Jejak-jejak amalnya dapat diketahui dengan cepat, misal kepeloporannya dalam perintisan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Namun, ketika sesorang ingin mengetahui bagaimana buah pemikirannya, akan menemui sejumlah kendala. Oleh karena itu, dibutuhkan energi intelektual untuk menggali horizon pemikirannya, sehingga generasi yang lebih kemudian tidak mengalami kesulitan untuk membaca dan memahami pemikiran tokoh-tokoh inspiratif, termasuk Mohammad Djazman. Tulisan ini berupaya menggali percikan pemikiran pendidikan beliau dengan menelusuri konsep-konsep kunci yang dipakainya dalam berbagai tulisan. Konsep “Intelektual Muslim” atau “Muslim Intelektual” dan “ethos kerja Islam” dua konsep yang sering digunakan Mohammad Djazman. Secara filosofis, pemikiran pendidikannya dapat dikategorikan sebagai pendidikan bercorak progresif religius

Keywords

Mohammad Djazman, muslim intelektual, pendidikan progresif religus

Full Text:

PDF

References

Sumber Primer

Djazman Al-Kindi, Mohammad. 1989. Muhammadiyah, Peran Kader, dan Pembinanya. Surakarta, UMS.

----------------------------. “Implementasi Ajaran Pendidikan K.H. Ahamad Dahlan dalam Menyongsong Pembangunan Jangka Panjang Tahap II” dlm. Sukamto dkk. 1992. Implementasi Ajaran Tokoh Pendidikan dalam Menyongsong PJPT II. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta, 1992.

---------------------------.“Agama dan Kehidupan Modern” dlm. Suara Muhammadiyah No. 3 – 4/1976.

--------------------------. “Konsili Vatikan II: Hendak Kemana Pembaharuan dalam Gereja Katolik?” dlm Suara Muhammadiyah No. 7 – 11 1976.

Sumber Buku dan Website

Ali, Mohamad. Paradigma Pendidikan Berkemajuan: Teori dan Praksis Pendidikan Progresif Religius KH Ahmad Dahlan. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2017.

----------------. “Pendidikan Yang Memerdekakan” dlm. Solopos 21 Agustus 2017

Dewey, John. Democracy and Education. Pennsyylvania: The Pennsyilvania University Press, 2001.

Iqbal, Muhammad. Rekonstruksi Pemikiran Religius dalam Islam. terjemahan Hawasi & Musa Kasim. Bandung: Mizan, 2016.

Karim, M. Rusli. Dinamika Islam di Indonesia. Yogyakarta: Hanindita, 1985.

Muchlas dkk. 100 Tokoh Muhammadiyah yang Menginspirasi. Majlis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah, 2014.

Rahman, Fazlur. Islam dan Modernisasi: Tentang Transformasi Intelektual. Terjemahan Ahsin Mohamad. Bandung: Pustaka, 2005.

Thamrin, Husni dkk. Sekilas Tokoh UMS (Profil tokoh yang berperan dalam pendirian dan amal pengembangan UMS di tingkat Universitas dan Fakultas) Surakarta: UMS Press, 2015.

Buya Hamka. Falsafah Hidup Jakarta: Republika Penerbit, 2012.

Khayam, Umar, dkk. Muhammadiyah Pemberdayaan Umat Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2000.

www.umm.ac.id./profil tokoh peraih UMM Award, diakses 10 September 2017.

Sumber Wawancara

Wawancara dengan Bapak Djalal Fuadi (Dosen dan Staf Kemahasiswaan UMS) pada hari Rabu tanggal 25 Februari 2016.

Wawancara dengan Syamsul Hidayat (Dekan Fakultas Agama Islam UMS) pada hari Rabu tanggal 18 Februari 2016.

Wawancara dengan Marpuji Ali (Ketua BPH-UMS) pada hari Sabtu tanggal 28 Februari 2016.

Wawancara dengan Bapak Muhammad Yusron (Dosen Fakultas Agama Islam-UMS) pada hari Rabu tanggal 13 Januari 2106.

Wawancara dengan Bapak Ari Anshori (Ketua Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Pusat Muhammadiyah) pada hari Selasa tanggal 12 September 2017

Article Metrics

Abstract view(s): 639 time(s)
PDF: 956 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.