PERKADERAN INTELEKTUAL PIMPINAN CABANG IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH KABUPATEN SUKOHARJO

Muflihah Dwi Lestari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkaderan intelektual yang ada di Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Sukoharjo (PC IMM Kabupaten Sukoharjo). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Objek penelitian ini adalah pengkaderan intelektual PC IMM kabupaten Sukoharjo. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa perkaderan intelektual yang diterapkan dalam PC IMM Kabupaten Sukoharjo ada dua jenis yaitu perkaderan intelektual utama dan pendukung. Perkaderan intelektual utama dalam bentuk kegiatan Baret Merah (BM) dan Sukoharjo Intelektual School (SI School), sedangkan perkaderan intelektual pendukung dilaksanakan dalam bentuk diskusi. Metode yang diterapkan dalam perkaderan intelektual ada tiga yaitu Focus Group Discussion (FGD), presentasi, dan penugasan. Pelaksanaan perkaderan intelektual memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung ada yang dari dalam tubuh PC IMM Kabupaten Sukoharjo, antara lain: (1) Orientasi gerakan didirikanya IMM Sukoharjo diarahakan ke intelektual; (2) Kondisi PC IMM Sukoharjo yng memiliki visi misi keilmuan dan kebiasaan diskusi. Faktor dari luar tubuh PC IMM Kabupaten Sukoharjo adanya dukungan dari demisioner lembaga atau instansi Muhammadiyah. Faktor penghambat perkaderan intelektual PC IMM Kabupaten Sukoharjo: (1) Dari segi pelaksana kurang konsistennya panitia terhadap jobdisk yang menjadi amanahnya, sehingga mempengaruhi konsep yang sudah disusun rapi kurang terlaksana dengan baik; (2) Masih ada pimpinan ataupun kader  yang kurang minat dalam bidang keilmuan, sehingga target semua pimpinan dan kader menguasai keilmuan dengan baik belum sepenuhnya terlaksana; (3) Kendala keuangan menjadi hal yang belum terpecahkan, kerena PC IMM Kabupaten Sukoharjo masih sangat tergantung dengan bantuan dari pihak pihak lain

Keywords

Perkaderan, Intelektual, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References

Al-Attas, Syed Muhammad Al-Naquib. 1996. Konsep Pendidikan dalam Islam. Bandung: Mizan.

Djazman, Mohammad. 1989. Muhammadiyah Peran Kader dan Pembinaanya. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Hasan, Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metedologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Khaliq, Abdul dkk. 1999. Pemikiran Pendidikan Islam.“Kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer”. Semarang: Pustaka Pelajar.

Majelis Pendidikan Kader Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2016. Sistem Perkaderan Muhammadiyah Yogyakarta: MPK PP Muhammadiyah.

Meloung, Lexy J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mila Ayuningtiyas, Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat Muhammad Abduh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta Periode 2014. Skripsi. Fakultas Agama Islam. UMS. 2015. Tidak diterbitkan.

Said, Edward W. 2014. Peran –peran Intelektual. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Suratman, Pendidikan Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (studi Kasus di IMM Komisariat Muhammad Abduh Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi, Fakultas Agama Islam, UMS. 2009. Tidak diterbitkan.

Susanti, Khotimun dkk. 2011. Sistem Pengkaderan Ikatan (SPI) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Jakarta: Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.

Syariati, Ali. 1984. Tugas Cendekiawan Muslim. Jakarta: Rajawali

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.