SIKAP SUBJEKTIF CIVITAS AKADEMIKA TERHADAP KETERIMAAN PAHAM MUHAMMADIYAH DI PERGURUAN KOTA TANGERANG

Edi Setiawan, Sumardi Sumardi, Daram Heriansyah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap subyektif komunitas akademik terhadap penerimaan Muhammadiyah dalam Amal Bisnis Muhammadiyah sebagai upaya menghadapi perbedaan pemahaman dengan masyarakat di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Tangerang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian adalah Universitas Muhammadiyah Tangerang. Sumber data penelitian ini adalah guru dan karyawan Sekolah Tinggi Muhammadiyah Tangerang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan kegiatan Amal Bisnis Muhammadiyah (AUM) Muhammadiyah guru dan karyawan dapat menerima ideologi Muhammadiyah dan meminimalkan potensi konflik yang disebabkan oleh perbedaan ideologis antar organisasi dalam masyarakat

Keywords

Sikap Subyektif, Civitas Akademika, Pemahaman Muhammadiyah, Amal Bisnis Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References

Jinan, M. 2015. Muhammadiyah Studies: The Transformation of Research on Islamic Movement in Indonesia. Analisa, 22(2), 269-280

Jauhari, A. 2016. Aktivitas Muhammadiyah Dalam Bermasyarakat Dan Bernegara (Studi Muhammadiyah Kabupaten Lamongan). Jurnal Politik Muda, 5(2), 268-281.

Zain, A., Yusuf, M., & Fuadi, M. 2017. Internalisasi Nilai-Nilai Modernitas Dalam Gerakan Dakwah Organiasi Muhammadiyah di Aceh. Al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam, 1(1), 17-42.

Dzuhayatin, S. R. 2012. Dinamika Ideologisasi Gender Dalam Keputusan-Keputusan Resmi Muhammadiyah. Muswa Jurnal Studi Gender dan Islam, 11(1), 135-178.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Padmo, S. 2007. Gerakan pembaharuan Islam Indonesia dari masa ke masa: Sebuah pengantar. Humaniora, 19(2), 151-160.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2004. Dakwah Kultural Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2001. Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah. Malang: Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur dan Universitas MuhammadiyahMalang Press.

————. 2005. Dakwah Kultural Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

————. 2003. Berita Resmi Muhammadiyah, No. 4 (Rajab 1424 H/ September 2003)

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Article Metrics

Abstract view(s): 69 time(s)
PDF: 24 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.