PANDANGAN K.H. AHMAD DAHLAN TENTANG PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF

Tri Setiyarini(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Konteks pandangan pembelajaran yang melatarbelakangi munculnya pandangan K.H. Ahmad Dahlan tentang pembelajaran krelatif-produktif, (2) Pandangan K.H. Ahmad Dahlan tentang pembelajaran kreatif-produktif, dan (3) Relevansi pandangan K.H. Ahmad Dahlan tentang pembelajaran kreatif-produktif dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Metode analisis datanya adalah induktif. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data. Dari penelitian yang peneliti lakukan, peneliti menemukan bahwa: (1) Pandangan K.H. Ahmad Dahlan tentang pembelajaran kreatif-produktif dilatarbelakangi oleh pembelajaran langsung (direct instruction) di pesantren gaya lama (tradisional) dan pembelajaran langsung (direct instruction) di sekolah Gubernemen yang telah gagal menghasilkan peserta didik yang secara integratif beriman, berilmu, kreatif, produktif, dan rekonstruktif akibat dari penggunaan metode dan pendekatan pembelajaran yang monoton. (2) Pandangan K.H. Ahmad Dahlan tentang pembelajaran kreatif-produktif memiliki komponen: (a) Tujuan Pembelajaran yang didasarkan pada aliran filsafat profetisme, progresivisme, rekonstruksionisme, perenialisme, esensialisme, dan pragmatisme, (b) Materi pembelajaran diturunkan dari mata pelajaran sesuai kebutuhan berkehidupan di dunia dan di akhirat, (c) Pembelajaran berpusat pada peserta didik dengan pendekatan pembelajaran konstruktivistik, kontekstual, dan berbasis masalah, (d) Metode pembelajaran yang digunakan ialah ceramah reflektif, diskusi, debat, tanya-jawab interaktif, serta demonstrasi, dan (e) Evaluasi pembelajaran dilakukan selama proses dan setelah proses pembelajaran melalui pengamatan dan penilaian produk atau proyek. Kemudian (4) Pandangan K.H. Ahmad Dahlan tentang pembelajaran kreatif-produktif relevan dengan implementasi Kurikulum 2013

Keywords

K.H. Ahmad Dahlan; pembelajaran kreatif-produktif; pembelajaran langsung

Full Text:

PDF

References

Buku:

Asrofie, M. Yusron. 2005. Kyai Haji Ahmad Dahlan: Pemikiran dan Kepemimpinannya. Yogyakarta: MPKSDI PP Muhammadiyah.

Agham, Noor Chozin. 2012. Filsafat Pendidikan Muhammadiyah. Jakarta: UHAMKA PRESS.

Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. 2016. Panduan Teknis Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Endraswara, Suwardi. 2006. Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan: Ideologi, Epistimologi, dan Aplikasi, (Sleman: Pustaka Widyatama.

Geertz, Clifford. Terj. Mahasin, Aswab dan Rasuanto, Bur. 2017. Agama Jawa: Abangan, Santri, Priyayi dalam Kebudayaan Jawa Cetakan Ketiga. Depok: Komunitas Bambu.

Hasibuan dan Moedjiono, Proses Belajar Mengajar (Bandung: Rosdakarya, 1995), cetakan kelima

Irawan MN, Aguk. 2016. Kartini: Kisah yang Tersembunyi. Tangerang: PT Kaurama Buana Antara

Jainuri, A. 1990. Muhammadiyah: Gerakan Reformasi Islam di Jawa Pada Awal Abad Keduapuluh. Surabaya: Bina Ilmu.

K.R.H. Hadjid. 2010. Beberapa Pelajaran K.H. Ahmad Dahlan, dalam PP Muhammadiyah Majlis PPK, Butir-butir Mutiara Iman. Jakarta: Uhamka Press.

Laila, Nur. 2014. Skripsi: Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut K.H Ahmad Dahlan. UIN Syarif Hidayatullah: Tarbiyah dan Keguruan.

Mulkhan, Abdul Munir. 2010. Pesan dan Kisah Kiai Ahmad Dahlan dalam Bingkai Muhammadiyah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.

Mu’arif. 2012. Modernisasi Pendidikan Islam: Sejarah dan Perkembangan Kweekschool Moehammadijah 1923-1932. Yogyakarta: Gramasurya.

Najib, Muhammad. 2014. Skripsi: Pendidikan Humanisme (Komparasi Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan dan Paulo Freire. UMS: FAI Tarbiyah.

Nugroho, Adi. 2010. Biografi Singkat K.H. Ahmad Dahlan1869-1923. Jogjakarta: Garasi.

Prastowo, Andi. 2017. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Depok: Rajagrafindo Persada.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Depok: Rajawali Press.

Safwan, Mardanas dan Sutrisno Kutoyo. 1999. K.H. Ahmad Dahlan. Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syuja’. 2009. Islam Berkemajuan: Kisah Perjuangan K.H. Ahmad Dahlan dan Muhammadiyah Masa Awal. Tangerang: al-Wasath.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Cetakan Keempat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Usa, Muslih. 1991. Pendidikan Islam di Indonesia: Antara Cita dan Fakta. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Wachidah, Nur Hanif. 2015. Skripsi: Studi Komparatif Interaksi Edukatif Dalam Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun Dan K.H. Ahmad Dahlan. UMS: FAI Tarbiyah.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Artikel:

Dwi Erianto. “Minimnya Paten di Indonesia”. http://www.kopertis12.or.id/2013/08/13/minimnya-paten-di-indonesia.html, diakses 29 April 2015

Article Metrics

Abstract view(s): 1943 time(s)
PDF: 457 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.