IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROGRAM KEGIATAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 01 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Edi Santoso

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, strategi dan hasil implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan program kegiatan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 01 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deduktif. Hasil penelitian mendapatkan kesimpulan bahwa implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan program kegiatan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMP muhammadiyah 1 Surakarta  menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan MBS dalam meningkatkan Al-islam kemuhammadiyahan yang diterapkan susuai dengan teori terbukti memperhatikan rencana, pelaksanaan rencana, dan supervisi pelaksanaan rencana kegiatan yang merupakan bagian dari fungsi-fungsi manajemen berbasis sekolah yang dapat mempengaruhi pelaksanaannya dalam meningkatkan Al-islam kemuhhammadiyahan. 2) Strategi pelaksanaan MBS dalam meningkatkan Al-islam kemuhammadiyahan sudah sesuai dengan teori namun perlu peningkatan yang bisa dilaksanakan, hal tersebut dapat dilihat dengan adanya peran serta guru Al-islam kemuhammadiyahan dalam menerapkan pembiasaan perilaku siswa sesuai dengan ajaran agama islam serta adanya proses pengambilan keputusan yang demokratis. 3) Hasil pelaksanaan MBS dalam meningkatkan al islam kemuhammadiyahan menunjukkan hasil yang baik dan efektif dari adanya peluang keterlibatan kepala sekolah dan guru untuk dapat melihat atau memparameter seseorang siswa secara langsung serta fasilitas sarana prasarana yang disediakan sekolah sudah mencukupi dan layak pakai membuat siswa nyaman belajar

Keywords

Implementasi Manejemen Sekolah; Al-Islam dan Kemuhammadiyahan

Full Text:

PDF

References

Arbangi, Dakir, dan Umiarso. 2016. Manajemen Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana

Barlian, Ikbal. 2012. Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah Berprestasi. Surabaya: Erlangga.

Fattah, Nanang. 2013. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dalam Konteks Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt Remaja Rosda Karya.

Muhaimin, dkk. 2010. Manajemen Pendidikan Aplikasinya dan Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana.

Mulyassa, E. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Nurkholis. 2006. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Pt Grasindo.

PP Dikdasmen SMP Bab 1 Landasan Kurikulum Al-Islam, Kemuhammadiyahan Dan Bahasa Arab Dengan Paradigma Integratif-Holistik.

Sagala, Syaiful. 2007. Majemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suderadjat, Hari. 2005. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS). Bandung: Cv. Cipta Cekas Grafika.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik Jakarta: Rineka Cipta.

Suryosubroto. 2010. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Pt. Reneka Cipta.

Syukur Nc, Fatah. 2011. Manajemen Pendidikan Berbasis Pada Madrasah. Semarang: Pt. Pustaka Rizki Putra.

Umiarso dan Imam Gojali. 2010. Manajemen Mutu Sekolah Di Era Otonomi Pendidikan. Yogjakarta: IRCiSoD.

Usman Husaini. 2006. Manajmen Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Article Metrics

Abstract view(s): 26 time(s)
PDF: 15 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.