KARAKTER PIMPINAN RANTING IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH KABUPATEN KLATEN SEBAGAI POTENSI KADERISASI MUHAMMADIYAH KLATEN

Margono Margono, Tety Bekti Sulistyorini

Abstract

Artikel ilmiah ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter yang dimiliki pimpinan ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah kabupaten Klaten dan potensi kaderisasi Muhammadiyah Klaten. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil angket, wawancara, dan pengamatan, sedangkan sumber data sekunder berupa literatur yang relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga metode, yakni metode observasi, penyebaran angket, dan wawancara. Teknik analisis data adalah teknik deskriptif sistematis. Adapun hasil penelitian ini karakter yang dimiliki pimpinan ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah ialah semangat belajar, cinta musyawarah, religius, peka sosial, berpikir kritis dan kreatif, disiplin waktu, bertanggung jawab,  menjaga komitmen,bijaksana, dan adil. Karakter yang dimiliki pimpinan ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah di kabupaten Klaten berpotensi dalam kaderisasi Muhammadiyah. Potensi yang dimiliki berdasarkan karakter yang ditemukan ialah (1) penanaman ideologi Muhammadiyah, (2) pembinaan karakter kepemimpinan Muhammadiyah, dan (3) aktualisasi kompetensi kader Muhammadiyah

Keywords

Karakter; IPM; kaderisasi

Full Text:

PDF

References

Aziz, H. (2011). Pendidikan Karakter Berpusat pada Hati. Jakarta: PT Al-Mawardi Prima.

Citra, Yulia. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1): 237-249.

Depiyanti, Oci Melisa. (2012). Model Pendidikan Karakter di Islamic Full Day Scholl: Studi Deskriptif pada SD Cendekia Leadership Scholl Bandung. Jurnal Tarbawi, 1(3): 221-233.

Harmanto dan Endang Danial A.R. (2012). Pendidikan Antikorupsi dalam Pembelajaran Pkn sebagai Penguat Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 19(2): 157-171.

Hermawan. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat pada Kegiatan Student Exchange SD Muhammadiyah Paesan Pekalongan. Jurnal Pendidikan Agama Islam- Ta’lim, 15(2): 113-126.

Jalil, Abdul. (2012). Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2): 175-192.

Johansyah. (2011). Pendidikan Karakter dalam Islam: Kajian dari Aspek Metodologis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1): 85-103.

Khoiron, Ahmad Mustamil, Eddy Sutadji. (2015). Kontribusi Implementasi Pendidikan Karakter dan Lingkungan Sekolah terhadap Berpikir Kreatif serta Dampaknya pada Kompetensi Kejuruan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22(2): 103-116.

Marzuki dan Pratiwi Istifany Haq. (2018). Penanaman Nilai-nilai Karakter Religius dan Karakter Kebangsaan di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Jatinangor Sumedang. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1): 84-94.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Rohman, Abdul. (2014). Karakter Kelompok Aliran Islam dalam Merespons Islamic Social Networking di Kabupaten Banyumas. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(2): 200-212.

Setiawati, Nanda Ayu. (2017). Pendidikan Karakter sebagai Pilar Pembentukan Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Universitas Negeri Medan, 1(1): 348-352.

Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sultan, Muhammad Saleh. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 yang Mengintegrasikan Nilai Karakter Bangsa di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22(2): 117-129.

Sumintono, Bambang, Lokman Mohd Tahir, dan Mohd Anuar Abdul Rahman. (2012). Pendidikan Moral di Malaysia: Tantangan dan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1): 14-22.

Tarmansyah, dkk. (2012). Pedoman Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Inklusif. Padang: Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus(PK-LK) Direktorat Pendidikan Dasar

Article Metrics

Abstract view(s): 33 time(s)
PDF: 18 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.