PENDIDIKAN HUMANISME (KOMPARASI PEMIKIRAN K.H. AHMAD DAHLAN DAN PAULO FREIRE)

Muhammad Najib Alfaruq

Abstract

This study examines how humanism  education by KH Ahmad Dahlan and Paulo Freire, after the data analyzed, in can be concluded that: (a) The concept of humanism education KH.Ahmad Dahlan and Paulo Fereire have characteristics of each, Ahmad Dahlan tried to incorporate aspects of theology in education, while Paulo Freire inspired by many psychological theories that believes humans have had the potenticy in themselves. (B) Thought humanism education from KHAhmad Dahlan and Paulo Friere have similarities in aspects of educational background, education and implementation as well as educational methods. While the difference between the two lies in the education system and teaching model, the background pattern of thought, the system of education and intellectual heritage.

Keywords

Education, humanism, Ahmad Dahlan

Full Text:

PDF

References

Adam J.Moleong, Steven. 1999.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Assegaf, Abdurrahman &Suyadi.2008.Pendidikan Islam Mazhab Kritis Perbandingan Timur dan Barat. Yogayakarta:Tiara Wacana.

Baharuddin & Makin. 2007.Pendidikan Humanistik (Konsep, Teori dan Aplikasi dalam Dunia Pendidikan). Yogyakarta: Ar Ruzz Media Group.

C.Smith, Wilfred,. 1957. Islam in Modern History Princeton. New Jersey:Princeton University Press.

Dahlan, Ahmad (dalam Munir Mulkhan). 1990. Kesatuan Hidup Manusia(Pemikiran K.H.Ahmad dahlan dan Muhammadiyah) Jakarta: Bumi Aksara.

Damami, Muhammad. 2000.Akar Gerakan Muhammadiyah. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Douwes Dekker, Edward.1882.Max Havelaar di bawah Nama Samara Multatuli. Novel. Ricklefs, A historis of Modern Indonesia.

Freire, Paulo. 1991.Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES.

Freire, Paulo. 1999. Pendidikan yang Membebaskan, Pendidikan yang Memanusiakan(dalam buku Menggugat Pendidikan Fundamentalis Konservatif Liberal Anarkis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gramsci, Antonio. 2010. Negara dan Hegemoni. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Hasbullah. 1999.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada.

http://edukasi.kompasiana.com/2012/02/23/paulo-freire-pendidikan-untuk-pembebasan-437729.html. Diakses tanggal 20 Februari2014.

Illich, Ivan.2000. Bebaskan Masyarakat dari Belenggu Sekolah. Jakarta:Yayasan Obor Indonesia.

KHR.Hadjid. 2011.Pelajaran K.H. Ahmad Dahlan, 7 Falsafah Ajaran dan 17 Kelompok Ayat Al-Qur’an. Yogyakarta: LPI PPMuhammadiyah.

Kumalasari, Dyah. 2012.Wawancara terhadap Munir Mulkhan. Yogyakarta: UNY.

Kuntowijoyo. 1994.Dinamika Sejarah Umat Islam Indonesia. Yogyakarta: Shalahuddin Press dan Pustaka Pelajar.

Kraemer.H. 1937. De Huidige Stand van het Chreistendom in Netherlansh Indie . Den Haag: Boekencentrum N.V.

Lubis,Arbiyah. 1989.Pemikiran Muhammadiyah dan Muhammad Abduh.Jakarta: Bulan Bintang.

M. Nasir.1985. Metodologi Penelitian. Jakarta: Eresco.

M.Yunus, Firdaus.2004. Pendidikan Berbasis Realitas Sosial. Yogyakarta: Logung Pustaka.

M.Yunus, Firdaus.2005. Pendidikan Islam Mazhab Kritis: Perbandingan Teori Pendidikan Timur dan Barat (dalam Abdurrahman Assegaf dan Suyadi). Yogyakarta: Gama Media.

Madjid, Nurcholis. 1995. Islam,Agama Kemanusiaan, Membangun Tradisi dan Visi Baru Islam Indonesia. Jakarta:Yayasan Wakaf Paramadina.

Mardalis. 1989.Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Mas’ud,Abdurrahman. 2002. Diskursus Pendidikan Islam Liberal. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Press.

Mas’ud,Abdurrahman. 2002.Menggagas Format Pendidikan Non-Dikotomik Humanisme Religius sebagai Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Gama Media.

Mintara, Agustinus. 2001.Sekolah atau Penjara. Yogyakarta: Gama Media.

Mulkhan, Abdul Munir. 1990. Kongres Islam Besar di Cirebon(Naskah Pidato Ahmad Dahlan). Jakarta:Bumi Aksara.

Mulkhan,AbdulMunir. 2010. Jejak Pembaruan Sosial dan Kemanusiaan Kiai Ahmad Dahlan. Jakarta: Buku Kompas.

Munzir. 1999. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Murtianingsih,Siti. 2004. Pendidikan Alat Perlawanan, Teori Radikal Paulo Freire. Yogyakarta: Resist Book.

Nakamura, Mitsuo .1976. The Crescent Aries Ovether Banyan Tree : A Study of the Muhammadiyah Movement a Central Javanese Town. Ithaca, New York:Cornell University Press.

Naomi, Omi Intan. 1998.Pendekatan Humanisme dan Pendidikan Pembebasan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nasution , Harun. 1975. Pembaharuan dalam Islam:Sejarah Pemikiran dan Pergerakan . Jakarta:Bulan Bintang.

Pasha, Mustafa Kamal.2005. Muhamamdiyah Sebagai Gerakan Islam .Yogyakarta:Citra Krsa Mandiri.

Pramudya, Wahyu.Tanpa Tahun. Mengenal Filsafat Pendidikan Paulo Freire; Antara Banking Concept of Education, Problem Posing Method, dan Pendidikan Kristen di Indonesia. Veritas : Jurnal Teologi dan Pelayanan.

Prihantoro, dkk. . Politik Pendidikan, Kebudayaan, Kekuasaan, dan Pembebasan (Paulo Freire. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rembangy, Mustafa. 2010.Pendidikan Transformatif, Pergulatan Kritis Merumuskan Pendidikan di Tengah Pusaran Arus Globalisasi. Yogyakarta: Teras.

Rofiq & Sudar. 2013.Pendidikan dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara, K.H.Ahmad Dahlan, dan K.H.Hasyim Asy’ari. Purwokerto: UMP Press.

Rohman, Syaifur. 2013. Pendidikan Humanisme, Komparasi K.H.Ahmad Dahlan dan K.Hadjar Dewantara. Yogyakarta:UIN Sunan Kalijaga Press.

Rubrik Bingkai Suara Muhamamdiyah edisi 24/Th.Ke 94 16-31 Desember 2009, hlm.28.

Salam,Yunus. 1968.Riwayat Hidup K.H.Ahmad Dahlan. Amal dan Perjuangannya. Jakarta: Depot Pengadjaran Muhammadiyah.

Santoso. 2012.Penelitian Kualitatif Dasar-dasar. Jakarta: PT. Index.

Shaull, Richard. 1972.PenulisKata Pengantar untuk:Pedagogy of the Oppressed New York:Herder and Herder.

Shihab, Alwi. 1997. Membendung Arus Respons Gerakan Muhammadiyah Terhadap Penetrasi Misi Kristen Di Indonesia . Bandung:Mizan, 1997.

Soedjatmoko.2005.Humanitarianisme Soedjatmoko Visi Kemanusiaan Kontemporer.Yogyakarta: Pilar Humanitika.

Sudarto. 1996.Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sugiharto, Bambang. 2008.Humanisme dan Humaniora. Yogyakarta: Jalasutra.

Syari’ati, Ali.1992. Humanisme Antara Islam dan Mazhab Barat.Jakarta Pusat: Pustaka Hidayah.

Syarifuddin, M. Imam.2008. Konsep Pendidikan Humanisme Religius dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Press.

Tim pembina al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Muhammadiyah: Sejarah Pemikiran Dan Amal Usaha. UMM Malang : oleh pusat dokumentasi dan publikasi UMM.

Toto dan Muhammad Isnaini,- Community Based Education Dalam Perspektif Pendidikan Kritis.-.

Van Nieuwenhuijse. 1958/ C.A.O., Aspect of Islam in Post Colonial Indonesia.Den Haag: W.Van Hoeve.

Article Metrics

Abstract view(s): 611 time(s)
PDF: 122 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.