DAMPAK TUTORIAL YOUTUBE PEER DALAM PEMBELAJARAN SISWA

Yogianti Dwi Rahayu Wismaningrum(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Bagian penting dari pendidikan adalah pembelajaran siswa. Pendidikan berkualitas baik didasarkan terutama pada seberapa baik siswa memperoleh pengetahuan. Salah satu cara untuk mencapai itu adalah model pembelajaran yang menyenangkan, interaktif baik didalam kelas maupun di luar kelas dengan memanfaatkan smartphone peserta didik. Ini bisa menjadi tantangan terutama untuk pembelajaran biologi. Studi yang dilakukan dengan menerapkan “YOGI” Youtube Peer Tutoring dalam biologi untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Kami telah mengevaluasi kinerja siswa dalam pembelajaran biologi untuk siswa dengan membandingkan dua kelompok siswa, yang pertama adalah kelompok uji di mana kami telah menyediakan siswa dengan seperangkat video dari YouTube untuk menggambarkan konsep yang berbeda seperti materi genetika dll. Untuk kelompok yang kedua di mana kami hanya menggunakan sumber daya tradisional, seperti buku teks, dalam kuliah kelas dan selebaran. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa Peserta didik menjadi mampu berkontribusi pada pembelajaran Biologi, Kondisi kelas menjadi interaktif, menyenangkan. Peserta didik lebih memahami penjelasan dari teman dan juga pembelajaran menjadi menyenangkan, bisa dilihat hasilnya Kompetensi peserta didik pada pembelajaran Biologi meningkat,salah satunya pada materi Genetika (pertemuan pertama 76,47% meningkat menjadi 100%). Pendidik telah menggunakan video YouTube di bidang lain seperti pembelajaran dan telah terbukti menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan pembelajaran dan keterlibatan siswa

Keywords

Peer Tutoring, Youtube

Full Text:

PDF

References

Allyn and Bacon adapted from Horejsi, C.R. & Garthwait, C. L.; ‘about evaluating student performance’; The social work practicum: A guide and workbook for students 2nd ed., pp. 210-216. Boston 2002.

Alwehaibi, H. (2013). The impact of using YouTube in EFL. Proceedings of the Clute International Academic Conference, Paris, France. Retrieved April 3, 2015, from www.cluteinstitute.com/index.html

Cheng, X., Liu, J., & Dale, C. (2013). Understanding the characteristics of internet short video sharing: A YouTube-based measurement study. IEEE Transactions on Multimedia, 15(5), 1184-1194

Dearing, R 1997, Higher education in the learning society, National Committee of Inquiry into Higher Education, Leeds, viewed 28 May 2012, . "

Faisal,Amir. 2012. Pendidikan Karakter 88 Persen. Solo: Duta Publishing Indonesia.

Fisher, D., & Frey, N.(2011). Using video and film in the classroom: Engaging the adolescent learner. Retrieved March 4, 2015, from http://www.reading.org/Libraries/MembersOnly/Video_and_Film_FINAL.pdf

Hansen, M. & Erdley, S; ‘ YouTube and Other Web 2.0 Applications for Nursing Education’. Online Journal of Nursing Informatics (OJNI), 13 (3); October, 2009; Avail at http://ojni.org/13_3/Hansen_Erdley.pdf.

Janice Agazio,Kathleen M. Buckley , ‘An Untapped Resource Using YouTube in Nursing Education’, Nurse Educator; Vol. 34, No. 1, pp. 2328, 2009 Wolters Kluwer Health.

Mansour, N.( 2014). A comparative study of teaching vocabulary through pictures and audiovisual aids. Journal of Elementary Education, 24(1), 47-59

Orús C., Barlés M.J., Belanche D., Casaló L., Fraj E. & Gurrea R., The Use Of Youtube As A Tool For Learner-Generated Content: Effects On Students’ Learning Outcomes And Satisfaction, Computers & Education (2016), doi: 10.1016/j.compedu.2016.01.007.

Qian Tang, Bin Gu, Andrew Whinston, "Content Contribution in Social Media: The Case of YouTube," hicss, pp.4476-4485, 2012 45th Hawaii International Conference on System Sciences, 2012C. J. K, 1995.

Rani, Kabooha dan Elyas, Tariq. 2015. THE IMPACTS OF USING YOUTUBE VIDEOS ON LEARNING VOCABULARY IN SAUDI EFL CLASSROOMS. Proceedings of ICERI2015 Conference 16th-18th November 2015, Seville, Spain

Rara Yogianti,2018. Saya Suka Pembelajaran Interaktif .Yogyakarta. Danadyaksa

Wael Abdulrahman Almurashi. 2016. The Effective Use Of Youtube Videos For Teaching English Language In Classrooms As Supplementary Material At Taibah University In Alula. International Journal of English Language and Linguistics Research, Vol.4, No.3, pp.32-47

Yousra Chtouki ; Hamid Harroud ; Mohammed Khalidi ; Samir Bennani. 2012. The impact of YouTube videos on the student's learning. International Conference on Information Technology Based Higher Education and Training

Article Metrics

Abstract view(s): 552 time(s)
PDF: 715 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.