KEPEMIMPINAN SEKOLAH : Efektivitas dan efisiensi dalam Peningkatan Guru

sap tono(1*)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penekanan yang berkembang pada kepemimpinan guru telah diakui dalam literatur ilmiah serta standar pengajaran profesional. untuk mendapatkan guru yang dapat membantu tugas kepemimpinan secara optimal, diperlukan pemimpin yang mampu mengarahkan dan menyesuaikan perilaku bawahan untuk mencapai tujuan organisasi secara maksimal. Penelitian ini adalah kualitatif. Perilaku kepemimpinan guru dikelompokkan berdasarkan jenis (formal / informal) dan pengaturan (ruang kelas / sekolah / profesi). Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah Sekolah di Kabupaten Sragen. Diwawancarai dalam penelitian ini termasuk kepala sekolah dan guru Sekolah di Kabupaten Sragen. Mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data diuji dengan menggunakan triangulasi. Analisis menggunakan reduksi data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data dan gambar.   Perilaku kepemimpinan guru yang paling jarang dilaporkan adalah kepemimpinan formal di sekolah dan dalam profesi. kepala sekolah di Kabuoaten Sragen dalam upaya meningkatkan partisipasi angkatan kerja dengan menggunakan gaya kepemimpinan yang demokratis, diskresioner, karismatik, partisipatif dan terkadang militeristik, dapat ditentukan strategi yang dilakukan. Ketika sekolah terus berkembang sebagai organisasi di mana kepemimpinan didistribusikan di antara semua pendidik, memahami perilaku kepemimpinan guru dalam berbagai pengaturan dapat membantu para pemimpin sekolah formal dan informal untuk secara kolaboratif dan lebih efektif memimpin

Keywords

Proses kegiatan, Perilaku kepemimpinan

Full Text:

PDF

References

Helterbran, V. R. (2010). Teacher Leadership: Overcoming ‘I am just a teacher’ syndrome. Education, 131, 363-371.

Jackson, T., Burns, J., Bassett, K., & Roberts, R. D. (2010). Teacher leadership: An assessment framework for an emerging area of professional practice. Princeton, NJ: Educational Testing Service

Lindahl, R. (2008). Shared leadership: Can it work in schools? Educational Forum, 72, 298-307.

Maxfield, C. Robert, dan Flumerfelt, Shannon. 2009. “The Empowering Principal: Leadership Behaviors Needed by Effective Principals as Identified by Emerging Leaders and Principals”. International Journal of Teacher Leadership. Volume 2 (2), 39-48

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.,

Neumerski, C. M. (2012). Rethinking instructional leadership, a review: What do we know about principal, teacher, and coach instructional leadership, and where should we go from here? Educational Administration Quarterly, 49, 310-347

Poekert, P. E. (2012). Teacher leadership and professional development: Examining links between two concepts central to school improvement. Professional Development in Education, 38(2), 169-188.

Robbins, Stephen P.. 2002. Essential of Organizational Behavior, 5th ed. (Terj) Oleh: Halida Dewi Sartika. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Weiner, J. M. (2011). Finding common ground: Teacher leaders and principals speak out about teacher leadership. Journal of School Leadership, 21, 7-41.

Wenner, J. A. & Campbell, T. (2017). The theoretical and empirical basis of teacher leadership: A review of the literature. Review of Educational Research, 87(1), 134-171.

Wilson, A. (2016). From professional practice to practical leader: Teacher leadership in professional learning communities. International Journal of Teacher Leadership, 7(2), 45-62..

York-Barr, J., & Duke, K. (2004). What do we know about teacher leadership? Findings from two decades of scholarship. Review of Educational Research, 74, 255-316.

Article Metrics

Abstract view(s): 319 time(s)
PDF: 577 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.