PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PESAWAT SEDERHANA DENGAN METODE DEMONSTRASI

bagus sinung -(1*)

(1) smp teras 3
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Teras Tahun Pelajaran 2019/2020 pada materi Pesawat Sederhana.  Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan tes tertulis.  Untuk memperoleh data dan kejadian selama Tindakan Kelas yang dilakukan maka segala catatan kegiatan dan observasi yang dilakukan  dikumpulkan dan diadministrasikan untuk kegiatan pelaporan. Berdasarkan analisis data, perbandingan prestasi belajar siswa pada pra siklus dan siklus I meningkat. Untuk nilai terendah meningkat dari 36 menjadi 48 atau meningkat sebesar 25%.  Dan nilai rerata meningkat cukup baik yaitu dari 58 menjadi 62 atau meningkat sebesar 5,88%.  Nilai tertinggi yang diperoleh siswa pada pra siklus 86 meningkat menjadi 98 atau meningkat sebesar 4,65%. pada kondisi awal, nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah  86 berjumlah 2 anak, sedang pada siklus II (kondisi akhir)  nilai tertinggi yang diperoleh siswa 100 berjumlah 3 anak.  Nilai terendah pada kondisi awal sebesar 36 dan pada siklus II (kondisi akhir) sebesar  61 yang juga meningkat sebesar 45,8 %.   Nilai rata-rata kelas meningkat signifikan dari 48 pada kondisi awal menjadi 68 pada siklus II (kondisi akhir) yaitu sebesar 14,7 %.  Hal ini sudah memenuhi harapan untuk mencapai batas KKM (Kriteris Ketuntasan Minimal) sebesar 65. Berdasar analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Teras Tahun Pelajaran 2019/2020 pada materi Pesawat Sederhana.

 

Keywords

metode demonstrasi, motivasi belajar, hasil belajar, Pesawat Sederhana

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view(s): 304 time(s)
PDF: 314 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.