IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH SD IT

Mujibud dakwah(1*)

(1) SMP Muhammdiyah Kartasura Sukoharjo
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi gaya kepemimpinan transformasional yang ditinjau dari : 1) Perenapan dimensi idealized influence, 2) penerapan dimensi inspirational motivation, 3) penerapan dimensi intelektual stimulation, 4) penerapan dimensi individualized consideration oleh kepala sekolah dalam memimpin SDIT Muhammadiyah Al Kautsar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kepala sekolah menerapkan dimensi idealized influence ditunjukkan dari integritas mengelola visi dan misi, keteladan dalam menjalankan tugas dan kemampuan dalam menyelesaikan permasalahan, 2) Kepala sekolah menerapkan dimensi inspirational motivation ditunjukkan dari kemampuan dalam menjadi insiprasi bawahan dan kemampuan memberi motivasi bawahan, 3) Kepala sekolah menerapkan dimensi intelektual stimulation ditunjukkan dari kemampuan dalam menerapkan kepemimpinan kolektif dan kemampuan dalam memberikan tindakan nyata yang memicu munculnya ide atau gagasan baru dalam menyelesaikan permasalahan melalui pemberdayaan bawahan, 4) Kepala sekolah menerapkan dimensi individualized consideration ditunjukkan dari perilaku yang bersahabat, saling adanya kepercayaan, saling menghormati dan hubungan yang sangat hangat dalam kerja sama antara pemimpin dengan anggota kelompok dan kemampuan dalam memperhatikan kebutuhan bawahan/pengikut akan pengembangan karir.

Keywords

kepemimpinan transformasional dan kinerja tenaga pendidik

Full Text:

PDF

References

Allen George P. 2016. The Role of Servant Leadership and Transformational Leadership in Academic Pharmacy, American Journal of Pharmaceutical Education, 80 (7) Article 113, Hal 1 – 7.

Alwyn, Ian Marshall, 2015.“Principal Leadership Style and Teacher Commitment among a Sample of Secondary School Teachers in Barbados”. Journal of Arts &Humanities Vol. 04, No. 05: 43-58

Antonakis, J., Avolio, B. J. & Sivasubramanian, N. (2003) Context and leadership: An examination of the nine-factor full-range leadership theory using the multifactor leadershp questionnaire. The Leadership Quarterly, 14, pp. 261-295.

Avolio, B.J. & Bass, B.M. (1994). Individual Consideration Viewed at Multiple Levels of Analysis : A Multilevel Framwork for Examining Te Diffusio of Transformational Leadership. Journal of Leadership Quarterly.6(2),199- 218.

Bass, B.M., Avolio, B.J., Jung, D.I. & Berson, Y. (2003) Predicting unit performance by assessing transformational and transactional Leadership. Journal of Applied Psychology, 88 (2).

Burns, James MacGregor. 1978. Leadership. New York: Harper dan Row Publishers

Eliophotou Maria, Ioannou Androula. 2016. The Link Between Transformational Leadership and Teachers’ Job Satisfaction, Commitment, Motivation to Learn, and Trust in The Leader, Academy of Educational Leadership Journal, 20 (3), Hal 12 – 22.

Fatima Busra, Ahmad Usman, Asvir Naveed. 2011. Effect of Transformational Leadership on Employees’ Job Satisfaction and Organizational Commitment in Banking Sector of Lahore (Pakistan). International Journal of Business and Social Science, Hal 261-267.

Hauserman Cal P., Stick Sheldon L. 2013. The Leadership Teachers Want from Principals: Transformational, Canadian Journal of Education, 36 (3), Hal 184 – 203.

Imam Machali, Ara Hidayat. 2016. The Handbook of Education Management. Jakarta: Prenadamedia Group.

Leithwood Kenneth dan Jantzi Doris. (1999). The Effects Of Transformational Leadership On Organizational Conditions And Student Engagement With School. Educational Resources Information Center (ERIC).

Mantja. 2007. Etnografi; Desain Penelitian Kualitatif Pendidikan dan Manajemen Pendidikan. Malang: Elang Mas

Maslow, Abraham H., (1954), Motivation And Personality, New York:Harper & Row Publiser

Miles, Mathew B. dan Michael Huberman. 1996. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Nasution, S. 2004. Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Tarsito Agung.

Onorato Michael. 2013. Transformational Leadership style In the Educational Sector: an Empirical Study of Corporate Managers and Educational Leaders, Academy of Educational Leadership Journal, 17 (1), Hal 33 – 47.

Pierce, J.L., John W. Newstrom. (2006). Leader and The Leadership Process. New York : MicGraw Hill.

Rafiuddin. 2015. Konsep Dan Implementasi Gaya Kepemimpinan Transformasional Dalam Institusi Pendidikan Islam, Jurnal Ilmiah “Kreatif”, Vol. XII No. 1, Hal 1 – 17.

Robbins, Stephen. P. 2006. Perilaku Organisasi. Edisi Bahasa Indonesia. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.

Roesminingsih Erny. (2014). Implementasi Kepemimpinan Transformasional di SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol.3 No.3, hlm. 56-65.

Sutopo HB. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta : Penerbit Sebelas Maret.

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 2004. Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES.

Sutama, 2019. Metode Penelitian Pendidikan, Kuantitatif, kualitatif, PTK, Mix Method, R&D. Sukoharjo: CV. Jasmine

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Tucker, L. R. & Lewis, C., 2004. The influence of the Transformasional Leader.

Valentine Jerry W, Prater Mike. (2011). Instructional, Transformational, and Managerial Leadership and Student Achievement: High School Principals Make a Difference. NASSP Bulletin 95(1)

Wardhani Diah K., Anggan S I Gd., Yudana. Md. 2013. Implementasi Kepemimpinan Transformasional dalam Pengelolaan Sekolah, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4.

Wutun, R.P. (2001). Pengembangan Kualitas SDM dari Perspektif PIO. Jakarta : Bagian Psikologi Industri dan Organisasi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Yammarino,F.Y dan Bass B.M. (1990). Long Term Forecasting or Transformational Leadership and Its Effect Among Naval officers. Group and Organizational Studies, 15:382-395.

Article Metrics

Abstract view(s): 318 time(s)
PDF: 297 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.