PENGENDALIAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI KOMPETENSI KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK

Murni Wijiastuti(1*)

(1) SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, proses, serta hasil dan tindak lanjut pengendalian dalam praktek kerja industri kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Muhammadiyah 2 Karanganyar. Jenis penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Persiapan pengendalian prakerin dilakukan dengan menetapkan 10 pembimbing sekolah kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran oleh tim pokja prakerin dan menyiapkan fasilitas buku pedoman prakerin yang berisi jurnal kegiatan harian prakerin dan lembar monitoring. 2) Proses pengendalian dalam prakerin dilakukan dengan monitoring yang dilakukan oleh pembimbing sekolah ke tempat DUDI. Monitoring dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu, mengunjungi langsung ke tempat industri atau menggunakan komunikasi via telepon. 3) Hasil dan tindak lanjut pengendalian dalam prakerin dilakukan dengan pelaporan siswa prakerin, pelaporan pembimbing industri, dan pelaporan pembimbing sekolah.

Kata kunci: kompetensi keahlian, pengendalian, praktek kerja industri.

Keywords

kompetensi keahlian, pengendalian, praktek kerja industri.

Full Text:

PDF

References

Anugerah, D., Daryati, & Saleh, R. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Prakerin Berdasarkan Pedoman Prakerin di SMKN 3 Depok Program Keahlian Batu & Beton. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 6(1), 1–7.

Asnidar, Y. (2019). Pengelolaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) Siswa Jurusan Perhotelan Smk Negeri 6 Padang. Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 11(1), 14–20. https://doi.org/10.24036/jpk/vol11-iss1/578

Atmawati, Samsudi, & Sudana, I. M. (2017). Keefektifan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Berbasis Industri pada Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video. Journal of Vocational and Career Education, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.15294/jvce.v2i2.13809

Batubara, N. A. (2018). Evaluasi Program Praktek Kerja Industri Siswa SMK Negeri 1 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1), 160–175. https://doi.org/10.31004/jpt.v2i2.661

Elfrianto. (2017). Sistem Pengendalian Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 6(1), 28–39.

Faizal, A. N., Burhanuddin, & Sultoni. (2018). Manajemen Praktik Kerja Industri. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 139–149. https://doi.org/10.17977/um027v1i22018p139

Hapipah, Sawiyah, & Sumadi. (2017). Implementasi manajemen praktik kerja industri di SMK Negeri 3 Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 5(2), 1–15.

Hariati. (2019). Manajemen Praktik Kerja Industri di SMK Negeri. Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan, 1(1), 79–89.

Iktiari, R., & Purnami, A. S. (2019). Manajemen Praktek Kerja Industri untuk Meningkatkan Keterserapan Lulusan SMK pada Dunia Usaha dan Dunia Industri. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 168–180.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: a Methods Sourcebook (Third Edit). United States of America: Sage Publications, Inc.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustiany, I. T., & Rusdarti. (2017). Analisis Keberhasilan Praktek Kerja Industri (Prakerin) Srbagai Implementasi Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dengan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) di SMK Bardan Wasalam Batang. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 229–239.

Nirmawati. (2012). Implementasi Praktek kerja Industri Dalam Meningkatkan Tenaga Kerja Siap Pakai Pada Smk Negeri 2 Kota Banda Aceh. Jurnal Pencerahan, 6(2), 84–88. https://doi.org/https://doi.org/10.13170/jp.6.2.2033

Paturahman, M., Siagian, I., & Chadis. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Praktik Kerja Industri Kompetensi Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga Pada Smk Pgri 16 Jakarta. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 223–234. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/4255

Purwanto, A. D. (2018). Eksplorasi Pengelolaan Praktik Kerja Lapangan di Sekolah Menengah Kejuruan Kota Semarang. Seminar Nasional KeIndonesiaan III Tahun 2018 “Penguatan SDM Di Era Disrupsi Teknologi Melalui Pendidikan, 147–152. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Rigden, K. (2019). Teaching Soft Skills to Secondary Students Through Internships. International Journal of Education, Culture and Society, 4(1), 28–35. https://doi.org/10.11648/j.ijecs.20190401.14

Sunardi. (2017). Pengelolaan Praktik Kerja Industri di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(1), 96–104. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2968

Sutama, 2019. Metode Penelitian Pendidikan, Kuantitatif, kualitatif, PTK, Mix Method, R&D. Sukoharjo: CV. Jasmine

Susana, N. (2016). Pengelolaan Praktik Kerja Industri. Manajer Pendidikan, 10(6), 579–587.

Susanto, I., & Ansori, A. (2015). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) pada Mata Diklat Produktif di SMK Sunan Giri Menganti Gresik. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin UNESA, 4(1), 64–70.

Suwarni. (2015). Manajemen Praktik Kerja Industri. Manajer Pendidikan, 9(1), 1–14.

Widodo, J., Samsudi, & Sunyoto. (2017). Implementation of Industrial Work Practice Management at Vocational High School. AIP Conference Proceedings (EIC), 1–7. https://doi.org/10.1063/1.4976933

Article Metrics

Abstract view(s): 539 time(s)
PDF: 510 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.