Penyusunan Media Pembelajaran Poster Berbasis Teks: Studi Kasus Media Pembelajaran Poster Karya Mahasiswa Semester 5 Pendidikan Bahasa Indonesia UMS

Yunus Sulistyono(1*)

(1) Indonesian Department, Faculty of Teaching and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Media pembelajaran poster bisa menjadi alternatif media yang menarik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kajian ini berfokus pada penyusunan media pembelajaran poster oleh mahasiswa semester 5 Proram Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMS. Kriteria utama yang diacu dalam penentuan media poster yang baik mengacu pada kriteria keterbacaan, mudah dilihat, mudah dimengerti, dan memiliki komposisi yang baik. Sementara itu, penerapan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks mengarah pada sejauh mana penerapan mahasiswa dalam memanfaatkan teks sebagai dasar utama pembelajaran dengan media poster. Kajian ini menghasilkan kesimpulan bahwa baru sebagian kecil poster yang telah memenuhi kriteria poster yang baik. Sementara itu, teks sebagai dasar pembelajaran bahasa Indonesia juga baru ditemukan pada sebagian kecil poster. Hal ini dikarenakan poster mengharuskan tampilan yang menonjolkan poin-poin utama dan bersifat padat sehinga pemanfaatan teks belum optimal. 

Full Text:

PDF

References

Alwi, Hasan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Anonim. Tt. Scientific Poster Design “How to keep your poster from resembling an abstract painting”. Ithaca, New York: Cornell Center for Materials Research. (sumber http://www.ccmr.cornell.edu diakses 19 November 2015 pukul 22.38).

Anonim. Tt. How to make a great poster: Ideas and tips to make a professional poster. http://www.evergreen.edu diakese 21 November 2015 pukul 22.49).

Elder, John. Tt. How to make a scientific research poster. Chicago: Graphicsland, Inc.

Kemendikbud. 2013. Buku Siswa: Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik untuk Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menenga Tahun 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (sumber http://bsnp-indonesia.org/id/ diakses 21 November 2015 pukul 11.34).

Kemendikbud. 2013. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Mahsun, 2014. Teks dalam Pemebelajaran Bahasa Indonesia: Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Raja Grafika Persada

Mustikasari, Ardiani. 2008. Mengenal Media Pembelajaran.

Sufanti, Main. 2013. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Belajar dari Ohio Amerika Serikat” http://publikasiilmiah.ums.ac.id diakses 21 November 2015 pukul 11.36.

Article Metrics

Abstract view(s): 1126 time(s)
PDF: 701 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.