Kepuasan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kontekstual Di SD Taman Muda Kota Yogyakarta

C Indah Nartani(1*), Rosidah Aliim Hidayat(2), Yohana Sumiyati(3)

(1) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian secara untuk mendiskripsikan kepuasan siswa dalam pembelajaran matematika kontekstual di SD. Secara khusus ditujukan untuk mendiskripsikan faktor-faktor satisfiers dan dissatisfiers pada kepuasan siswa SD Taman Muda Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Sumber data meliputi informasi dari guru dan siswa SD Taman Muda Kota Yogyakarta. Dengan teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan siswa salam mempelajari matematika kontekstual dapat tercapai oleh faktor satisfiers. Ketidakpuasan siswa dalam pembelajaran matematika kontekstual akan terjadi oleh dissatisfiers. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa apabila kondisi satisfiers dapat tercapai, maka akan memberikan motivasi untuk mempelajari matematika, sehingga dapat dimungkinkan mampu menciptakan kepuasan siswa dalam pembelajaran matematika kontekstual. Sedangkan apabila kondisi dissatisfiers dapat tercapai, maka tidak akan memberikan motivasi untuk membelajari matematika, sehingga dimungkinkan mampu menciptakan ketidak puasan siswa dalam mempelajari matematika kontekstual.

Keywords

satisfiers; dissatisfiers; kepuasan

Full Text:

PDF

References

Haji, Saleh. 2012. “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Kota Bengkulu”. Jurnal Exacta. Vol. X. No. 2, 117-118.

Johnson, Elaine B. 2014. Contextual Teaching and Learning, (Terjemahan Ibnu Setiawan, Cetakan I). Bandung: Penerbit Kaifa.

Moh. Sholeh. 2007. “Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi Tingkat SMA dalam Konteks KTSP”. Jurnal Geografis FIS UNNES. Vol. 4, No.2, 129- 137.

Nasrullah, 2010. Kepuasan Siswa Terhadap Koleksi Dan Layanan Perpustakaan SMA Labschool Kebayoran. Skripsi diterbitkan. Jakarta: Fakultas Adab Dan Humaniora Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

National Council of Teachers of Mathematics. 1989. Curriculum and Evaluation Standard for School Mathematics Education. Reston Va: NCTM

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for Schools Mathematics. Reston Va: NCTM.

Ramdani, Yni. 2012. “Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis dalam Konsep Integral”. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 13. No. 1: 47-48.

Sanjaya, W. 2006. Pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta: Kencana.

Suherman, Erman, (2012:11-54). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Educare: Jurnal Pendidikan dan Budaya

Yulia Dirmansyah, 2005. Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Dalam Mempelajari Akuntasi. Skripsi diterbitkan. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Article Metrics

Abstract view(s): 240 time(s)
PDF: 107 time(s)

Refbacks