Penerapan Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IXC SMP Negeri 1 Gemolong Sragen

T Tukiman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi kelistrikan siswa kelas IXC SMP Negeri 1 Gemolong pada semester I tahun pelajaran 2016/2017 melalui pembelajaran yang menerapkan STAD. Subjek penelitian adalah siswa yang berjumlah 32 anak, 16 laki-laki dan 16 perempuan. Waktu penelitian selama 5 bulan yaitu bulan Juli 2016 sampai dengan bulan November 2016. Penelitian terdiri dari dua siklus dalam satu standar kompetensi. Siklus I untuk materi “Listrik Dinamis” dan siklus II untuk materi “Sumber Arus Listrik” pada tiap-tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data aktivitas belajar IPA dari awal sampai dengan kondisi akhir adalah sebagai berikut, kondisi awal aktifitas belajar 53%, pada siklus I aktivitas belajar rerata 84,4% kondisi akhir (siklus II) rerata 88,1%. Data hasil belajar pada kondisi awal rerata 73, pada siklus I rerata 76 dan pada kondisi akhir (siklus II) rerata 84. Berdasarkan kajian teori dan hasil tindakan, simpulan hasil penelitian bahwa secara teoritik maupun empirik “Penerapan Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi kelistrikan bagi peserta didik kelas IXC SMP Negeri 1 Gemolong Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017.

Keywords

STAD; aktivitas belajar; hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Daryanto. 2013. Media Kegiatan Belajar Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Kegiatan belajar mengajar Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jihad, Asep. 2013. Evaluasi Kegiatan belajar mengajar. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kurniasih, Imas. 2016. Ragam Pengembangan Model Kegiatan Belajar Mengajar: Katapena.

Mudlofir, Ali. 2016. Desain Kegiatan Belajar Mengajar Inovatif. Jakarta: Raja Riyanto, Yatim. 2014. Paradigma Baru Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta:

Kencana Prenada media Group.

Sani, Abdullah. 2015. Inovasi Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman. 2016. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.