Penerapan Teknik 5R untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Mahasiswa Prodi PGSD FKIP UST

Biya Ebi Praheto, Octavian Muning Sayekti

DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5625

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menyimak melalui penerapan teknik 5R pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Penelitian ini dilakukan di Prodi PGSD FKIP UST Yogyakarta. Subjek penelitian tindakan ini adalah mahasiswa semester 2 yang menempuh mata kuliah KBIL di Prodi PGSD FKIP UST tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, angket, wawancara atau diskusi, kajian dokumen, dan tes. Selanjutnya, untuk pemeriksaan validitas data digunakan triangulasi dan review informasi kunci. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskripsi komparatif untuk membandingkan hasil antar siklus. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan mahasiswa yang tidak tuntas pada prasiklus sebanyak 30 mahasiswa atau sebesar 65,22%, siklus I 41,31% atau 19 mahasiswa dan pada siklus II 10,87% atau 5 mahasiswa. Di sisi lain, terjadi peningkatan ketuntasan belajar yaitu pada prasiklus 34,78% atau 16 mahasiswa, meningkat menjadi 58,69% atau 27 mahasiswa pada siklus I dan 89,13% atau 41 mahasiswa pada siklus II. Sedangkan nilai rata-rata pada prasiklus hanya mencapai rata-rata 64,13 dan mengalami peningkatan menjadi 73,67 pada siklus I serta menjadi 83 pada siklus II.

Keywords

Teknik 5R; Prodi PGSD; Keterampilan Menyimak

Full Text:

PDF

References

Bozorgian, Hossein and Pillay, Hitendra. 2013. Enhancing Foreign Language Learning through Listening Strategies Delivered in L1: An Experimental Study. International Journal of Instruction January 2013 Vol.6, No.1e-ISSN: 1308-1470 page 105-122

Hermawan, Asep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hsu, C.-K., Hwang, G.-J., Chang, Y.-T., & Chang, C.-K. 2013. Effects of Video Caption Modes on English Listening Comprehension and Vocabulary Acquisition Using Handheld Devices. Educational Technology& Society, 16 (1), 403–414.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Musfiroh, Tadkiroatun & Rahayu, Dwi hanti. 2004. Menyimak Komprehensif dan Kritis. Yogyakarta : UNY

Nurhidayah. 2015. Peningkatan Keterampilan Menyimak Apresiatif dan Kreatif Tayangan Film melalui Teknik Pencatatan 5R (Record, Reduce, Recite, Reflect, And Review). Jurnal LITERA, Vol. 14, No. 2.

Odulowu, Esther and Oluwakemi, Akintemi Eileen. Effect of Storytelling on Listening Skills of Primary One Pupil in Ibadan North Local Government Area of Oyo State, Nigeria. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 4, No. 9, page 100-107.

Renukadevi, D. 2014. The Role of Listening in Language Acquisition; the Challenges & Strategies in Teaching Listening. International Journal of Education and Information Studies. ISSN 2277-3169 Volume 4, Number 1 (2014), pp. 59-63

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wulandari, Yosi & Rahmi, Ega Aulia. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Tekik Parafrase Puisi Siswa Kelas X1 SMA Pertiwi 1 Padang. Varia Pendidikan, Vol. 24. No. 2, hal. 147-172.

Yuliati, Farida. 2017. Penggunaan Kartu ‘Superhero’ untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SLB YPALB Karanganyar. Varia Pendidikan, Vol. 29, No. 1, hal. 40-49.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.