Peningkatan Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Mempersiapkan Akreditasi Melalui Pendampingan Model “Berkat Evadir Bisa”

Amin Sarwati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi manajerial kepala madrasah dalam mempersiapkan akreditasi melalui pendampingan model “BERKAT EVADIR BISA”yang merupakan akronim dari “bedah perangkat akreditasi, evaluasi diri, bimbingan intensif dan simulasi akreditasi”. Penelitian ini merupakan school action research dengan subyek kepala madrasah beserta guru dan tenaga kependidikan di tiga Madrasah Aliyah (MA) binaan yang akan melakukan reakreditasi pada tahun 2017 yaitu MA Nurul Huda Gondang, MA NU Gondang dan MA Al Hikmah Tanon. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection).Waktu penelitian selama 4 bulan yaitu Februari sampai dengan Mei 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pendampingan model “BERKAT EVADIR BISA” nilai persiapan akreditasi ketiga MA tersebut mengalami peningkatan dari kondisi awal ke siklus I dan siklus II. Data peningkatan nilai masing-masing adalah MA NU Gondang: kondisi awal 75; siklus I: 86; dan siklus II: 94. MA Nurul Huda Gondang kondisi awal: 77; siklus I: 85; dan siklus II: 95. MA Al Hikmah Tanon kondisi awal: 79; siklus I: 84; dan siklus II:95. Berdasarkan kajian teori dan hasil tindakan, simpulan hasil penelitian bahwa pendampingan model “BERKAT EVADIR BISA”dapat meningkatkan kompetensi kepala madrasah dalam mempersiapkan akreditasi pada MA Nurul Huda Gondang, MA NU Gondang dan MA Al Hikmah Tanon Tahun 2017.

Keywords

kompetensi manajerial; akreditasi

Full Text:

PDF

References

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Dimensi Kompetensi Supervisi Manajerial.Bahan Belajar Mandiri KKPS.

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Penelitian Tindakan Sekolah.Bahan Belajar Mandiri KKPS.

Direktorat Tenaga Kependidikan. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Monitoring Pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan dan Akreditasi Sekolah.

Edy Pudiyanto.2015. Supervisi Manajerial. Materi Penguatan Pengawas Sekolah Kabupaten Sragen.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah.2017. Panduan Kerja Pengawas Sekolah Pendidikan Dasar dan Menengah.

Madyo Ekosusilo. 2012. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bidang Kepengawasan.Materi Bimbingan Teknis Calon Penilai Angka Kredit Tingkat Kabupaten/Kota/Propinsi.Direktorat Pembinaan PTK Dirjen Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 004/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Kepala Sekolah Sekolah/Madrasah.Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Repulik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Supardi, Suhardjono. 2013. Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan Permenpan dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009.Yogyakarta.Penerbit Andi Offset.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.