Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Menemukan Gagasan Utama Paragraf Melalui Model Jigsaw Siswa VII A SMPN 1 Jenar Sragen

S. Sarji

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan dan prestasi belajar bahasa Indonesia materi menemukan gagasan utama paragraf bagi siswa kelas VII A SMPN 1 Jenar pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 melalui pembelajaran koopertif model Jigsaw. Subjek penelitian adalah siswa yang berjumlah 30 anak, 18 laki-lakidan 12 perempuan. Waktu penelitianselama 4 bulan dari bulan Januari s.d April 2017. Penelitian terdiri dari dua siklus, di mana tiap siklusterdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data aktivitas belajar menemukan gagasan utama dari kondisi awal sampai kondisi akhir sebagai berikut, Kondisi awal aktivitas belajar rerata43%, pada siklus I aktivitas belajar rerata 67%, dan siklus II aktivitas belajar rerata 90%. Data prestasi belajar pada pratindakan rerata 66, pada siklus I rerata 75 dan pada siklus II rerata 83. Berdasarkan kajian teori dan hasil tindakan dapat disimpulkan bahwapembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar bahasa Indonesia materi menemukan gagasan utama paragraf bagi siswa kelas VII A SMPN 1 Jenar pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017

Keywords

Jigsaw; Akivitas Belajar; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References

Ahmad,Sabri.2005.StrategiBelajarMengajardanMicroTeaching.Jakarta: QuantumTeaching.

Arifin, Zaenaldan S. Amran Tasai. 2004. Cermat BerbahasaIndonesia UntukBerbahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

E. Kosasih. 2003. Ketatabahasaan dan Kesusastraan, Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: YramaWidya

Mulyasa.2000. KurikulumBerbasisKompetensi.Bandung:PT Rosdakarya

Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa: Panduan ke Arah Kemahiran

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grasindo Persada

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyanto. 2008. Model-Model Pembelajaran. Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13: Surakarta

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Article Level Metrics

Refbacks

  • There are currently no refbacks.