Strategi Peningkatan PeneraPan Metode PeMbelajaran E-lEarning pada PrograM Studi PGSD FKIP UST

C. indah nartani, kristi Wardani, biya ebi Praheto

DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6539

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi mahasiswa
tentang penerapan pembelajaran e-learning pada Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sarjanawiyata
Tamansiswa. Jenis penelitian dalam penelitian ini yaitu penelitian survey. Penelitian
survey adalah penelitian dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen
pengumpulan datanya. Sedangkan metode yang digunakan yaitu deskriptif analitis.
Adapun tempat penelitian ini dilakukan di Prodi PGSD UST yang beralamat di Kampus FKIP UST Jalan Batikan Tuntungan UH 3/1043 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan atas data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa dan dosen masuk ke dalam kategori tinggi terhadap penerapan pembelajaran berbasis e-learning di prodi PGSD FKIP UST. Dapat diketahui nilai rata-rata dari responden baik mahasiswa maupun dosen mencapai 80,6 berada pada kategori tinggi. Selain itu, 118 responden mahasiswa dari 156 responden memperoleh nilai angket skala 5 yang berada pada kategori tinggi atau sebesar 78% responden berada pada kategori tinggi. Kemudian, 22 responden dosen dari 27 responden memperoleh nilai angket skala 5 yang berada pada kategori tinggi atau sebesar 81,48% responden berada pada kategori tinggi. Hal tersebut menunjukkan adanya respon positif mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran e-learning di prodi PGSD. Dengan demikian pembelajaran berbasis e-learning dapat diterapkan dengan baik pada prodi PGSD karena keberteriaman mahasiswa dan dosen tinggi.

Keywords

persepsi mahasiswa; pembelajaran e-learning; Program Studi PGSD

Full Text:

PDF

References

Arkorful, Valentina and Abaidoo Nelly. (2014). The role of e-learning, the advantages and

disadvantages of its adoption in Higher Education. International Journal of Education

and Research. Vol. 2 No. 12 pp. 397-410.

Darmayanti, Tri, dkk. (2007). E-learning pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep yang Mengubah

Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan

Jarak Jauh, Volume 8, Nomor 2, September 2007, 99-113

Kaewkiriya, Thongchai. (2013). A Design and Development of E-learning Content For

Multimedia Technology Using Multimedia Game. International Journal of Software

Engineering & Applications (IJSEA), Vol.4, No.6, pp. 61-69.

Nugrahantini, Nanik Istantri. (2013). Motivasi Kerja Guru Di SMP Negeri Sub Rayon 2

Muntilan Kabupaten Magelang. Jurnal Varia Pendidikan, Vol. 25, No. 1, Hlm. 24-33.

Omer, Mohammed, et.al. (2015). E-learning Opens Door to the Global Community: Novice

Users’ Experiences of E-learning in a Somali University. MERLOT Journal of Online

Learning and Teaching. Vol. 11, No. 2, pp. 267-279.

Praheto, Biya Ebi. (2013). Penerapan Quantum Learning dengan Media Permainan Puzzle

untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Jawa pada siswa kelas 3B SD

Negeri 1 Wangon Kab. Banyumas. Tesis. Pascasarjana Pendidikan Bahasa Jawa UNS.

Praheto, B. E., Andayani, Rohmadi, M., & Wardani, N. E. (2017). Peran Multimedia Interaktif

Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Di Pgsd. Proceedings, 173–

Retrieved from http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1224

Rahmaniah, Anna, dkk. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Learning Pada Materi

Hidrokarbon dan Minyak Bumi Kelas X Semester 2. Jurnal Penelitian, (Online). Jurnal

online.um.ac.id/artikel/Anna Rahmaniah.pdf)

Saiffudin, Much. Fuad. (2017). E-learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal Varia Pendidikan.

Vol. 29, No. 2, Hlm. 102-109.

Suteja, Bernad Renaldy, dkk. (2010). Personalization Sistem E-0learning Berbasis Ontology.

Jurnal Makara Sains, Vol. 14, No. 2, 192-200

Sutomo, Moh. (2012). E-learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran dalam Upaya

Meningkatkan Mutu di perguruan Tinggi. Jurnal Falasifa vol. 3 no 1. Maret 2012 149159

Warsita, Bambang. (2011). Pendidikan Jarak Jauh : Perancangan, Pengembangan,

Implementasi, dan Evaluasi Diklat. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.