Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Bangun Segiempat Melalui Model Discovery Learning pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 3 Teras Kabupaten Boyolali Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Muh. Fakhrudin Suryana

DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6544

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi faktual tuntutan peningkatan
mutu pendidikan yang didukung dengan pelaksanaan kurikulum tigabelas melalui
model discovery learning materi bangun segiempat. Penelitian ini bertujuan 

untuk mendeskripsikan tentang peningkatan prestasi belajar materi bangun segiempat melalui model discovery learning pada siswa kelas 2017/2018. Subjek dan sumber data penelitian adalah sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes, sedangkan alat pengumpulan data menggunakan butir soal. Analisis data menggunakan analisis kritis dan komparatif. Indikator keberhasilan menggunakan ketuntasan belajar minimal (KBM) sebesar 65 dan target ketuntasan kelas 100%. Prosedur penelitian menggunakan siklus.
Kemajuan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi bangun
segiempat, pada kondisi awal rata-rata sebesar 60 dan siklus I rata-rata sebesar 67 serta siklus II rata-rata sebesar 80. Dari data ini, tampak jelas bahwa terjadi kenaikan rata-rata nilai dari kondisi awal ke siklus I sebesar 7 digit (12%), dari siklus I ke siklus II terjadi kenaikan sebesar 13 digit (19%), dari kondisi awal ke siklus II terjadi kenaikan sebesar 20 digit (33%). Nilai tertinggi prestasi belajar pada kondisi awal sebesar 72, siklus I sebesar 78, dan siklus II sebesar 92. Terjadi kenaikan nilai tertinggi dari kondisi awal ke siklus I sebesar 6 digit (10%), dari siklus I ke siklus II terjadi kenaikan sebesar 14 digit (18%), dan dari pasiklus ke siklus II terjadi kenaikan sebesar 22 digit (28%). Nilai terendah dari kondisi awal sebesar 50, siklus I sebesar 58, dan siklus II sebesar 70. Terjadi kenaikan nilai terendah dari kondisi awal ke siklus I sebesar 8 digit (16%), dari siklus I ke siklus II terjadi kenaikan sebesar 12 digit (21%), dan dari pasiklus ke siklus II
terjadi kenaikan sebesar 20 digit (40%). Persentase ketercapaian belajar diperoleh pada kondisi awal sebesar 24% dan pada siklus I sebesar 56% serta siklus II sebesar 100%. Prestasi belajar siswa dari kondisi awal ke siklus I terjadi kenaikan ketercapaian kelas sebesar 22%, dari siklus I ke siklus II terjadi kenaikan sebesar 44%, dan dari kondisi awal ke siklus II terjadi kenaikan sebesar 66%. Hal ini bermakna bahwa prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika dari kondisi awal hingga siklus II terjadi kenaikan yang signifikan. Dengan demikian, ditegaskan bahwa melalui model discovery learning mampu mengoptimalkan prestasi belajar materi bangun segiempat.

 

Full Text:

PDF

References

Hanafah, N. dan Cucu S. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ilahi, Mohammad Takdir. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational

Skill. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru, Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Oktara Siwi, Setyaningsih N., dan Kholid Noor M. (2015). Penerapan Model Discovery

Learning Berbasis Assessment For Learning (AFL) dalam Pembelajaran Matematika

Ditinjau dari Optimisme Siswa Kelas XI Semester Genap SMK Negeri 1 Banyudono

Tahun Ajaran 2014/2015. Surakarta: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan

dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purileila. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning dan Model Konvensional

untuk Meningkatkan Perilaku Tanggungjawab pada Pembelajaran PKn Siswa Kelas

VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Lampung: Program

Studi Magister Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas

Lampung.

Rasana, R. (2009). Model-Model Pembelajaran. Laporan Sabbatical Leave. Singaraja

Undiksha.

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning. Bogor: Ghalia

Indonesia.

Suherman, E. H., dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung:

Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumantri, Muhammad Syarif. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat

Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Suryosubroto, B. (2012). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suwandi, Sarwiji. (2009). Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru : Penelitian Tindakan

Kelas. Surakarta : UNS.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.