Peningkatan Sikap Jujur dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi Procedure Text Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Bagi Siswa Kelas IXB SMP Negeri 1 Boyolali

B. Bardi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap jujur dalam mengerjakan tugas dan hasil belajar Bahasa Inggris materi Procedure text melalui penggunaan model Project Based Learning berbantuan media Powerpoint bagi siswa kelas IXB SMP Negeri  1 Boyolali pada semester1 tahun 2018/2019. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas  IXB SMP Negeri 1 Boyolali pada Semester 1 tahun 2018/2019. Jumlah siswa dalam kelas ini adalah 28 siswa yang terdiri atas 6 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Siswa diberikan perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model Project Based learning berbantuan media Powerpoint dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Proses pembelajaran pada siklus I dilakukan dalam kelompok besar yang terdiri atas 7 siswa, sedangkan proses pembelajaran pada siklus II dilakukan dalam kelompok kecil yang terdiri atas 4 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data melalui observasi dan
studi dokumentasi. Untuk validasi data, observasi tidak dilakukan oleh peneliti sendiri, tetapi juga berkolaborasi dengan siswa dan teman sejawat, serta dengan menggunakan teknik tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang dilanjutkan  dengan refleksi. Hasil penelitian menyatakan bahwa melalui penggunaan model Project Based Learning berbantuan Media Powerpoint dapat meningkatkan sikap jujur dalam mengerjakan tugas dan hasil belajar Bahasa Inggris materi Procedure text bagi siswa kelas IXB SMP Negeri 1 Boyolali pada Semester1 tahun 2018/2019. Dari kondisi awal sikap jujur dalam mengerjakan tugas rendah ke kondisi akhir menjadi tinggi dan hasil belajar Bahasa Inggris materi Procedure text dari kondisi awal rata-rata nilai 77 ke kondisi akhir rata-rata menjadi 86 naik 9 poin atau 11.68%.

Keywords

Sikap Jujur; Procedure text; Hasil Belajar; Project Based Learning; Media Powerpoint

Full Text:

PDF

References

Anderson, Mark and Kathy. 2003. Text Types in English. Malaysia: Macmillian Education Australia Pty Ltd

Asra & Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Ayan, Jordan E. 2002. Bengkel Sikap jujur, Jakarta: Penerbit Kaifa.

________. 2004. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

________. 2005. Standar Nasional Pendidikan. Solo: CV. Kharisma.

________. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Inggris Buku I. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

......... . 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Inggris uku II. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

......... . 2006. Standar Kompetensi Lulusan Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Bardi. 2009. Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Melalui Pemanfaatan Media Microsoft PowerPoint Bagi Siswa Kelas IXC SMP Negeri 3 Boyolali Pada Semester 1 Tahun 2009/2010.Boyolali: SMP Negeri 3 Boyolali.

Budimansyah, Dasim dkk. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Bandung: PT Genesindo.

Djumransjah, H.M. 2006. Filsafat Pendidikan. Malang: Bayumedia Publishing.

Hendro, 2013. Sikap dan Logika. http://hakikatsikap.blogspot.com/, diakses Kamis, 19 Juli 2018 jam 08.10.

https://jperpusfpsiuht.wordpress.com/2015/01/12/kejujuran-dalam-pandangan-psikologi/, diakses Selasa, 3 Juli 2018

Hutagalung, Inge. 2007. Pengembangan Kepribadian. Bekasi: PT Indeks.

Jordan E Ayan. 2002. Bengkel Sikap jujur. Penerbit Kaifa.

Kadzim M.N. 2007. Agar Rencana Selalu Berhasil. Sukoharjo: Samudera.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP.

Kurniawan, Arif. https://www.membumikanpendidikan.com/2014/05/hakikat-pendidikan- nilai-dan-sikap.html, diakses Kamis, 19 Juli 2018 jam 09.29

Lyons, J. 1981. Language and Linguistics.Cambridge: Cambridge University Press.

Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Emosi dan Sikap jujur. Jakarta : Rineka Cipta

Pandia, H. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Erlangga.

Purwanti, Lestari Ning. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Erlangga.

Purwanto, Ngalim. 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Rasyid, H. & Mansur. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.

Rosalin, Elin. 2008. Gagasan Merancang Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Karsa Mandiri Persada.

Sari, Dwi Putri (2014). Meningkatkan Sikap Jujur Melalui Pemberian Layanan Kelompok Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Selesai Tahun Ajaran 2013/2014. Selesai: SMA Negeri 1 Selesai. http://digilib.unimed.ac.id/7854/, Diakses, sabtu, 21 Juli 2018 jam 09.45

Sukmadinata, H.S. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmara, Dian. 2003. Implementasi Program Life Skill Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Jalur Sekolah. Bandung: Mughni Sejahtera.

Susilana, R & Riyana, C. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Article Metrics

Abstract view(s): 91 time(s)
PDF: 44 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.