Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru SD Melalui Mata Kuliah Pengembangan dan Praktik Pembelajaran Bahasa dan Sastra SD

M. Fakhrur Saifudin(1*), Hanum Hanifa Sukma(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep Pedagogical Content
Knowledge (PCK) pada mata kuliah P3 Bahasa dan Sastra SD bagi calon guru SD; (2) Mendeskripsikan kajian aspek Pedagogical Content Knowledge (PCK) dalam mata kuliah P3 Bahasa dan Sastra SD. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa calon guru SD penempuh mata kuliah P3 Bahasa dan Sastra Indonesia. Sumber data penelitian berasal dari aktivitas dan tindakan selama proses pembelajaran dimulai dengan perencanaan, implementasi, dan penilaian dengan mengintegrasikan kosep PCK. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,  wawancara, dan angket sebagai dasar untuk menentukan sejauh mana kajian PCK dalam  pembelajaran pada mata kuliah P3 Bahasa dan Sastra Indonesia.Teknik keabsahan data menggunakan tringaulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dimulai dari sajian data, reduksi data, verifikasi data, dan penarikan simpulan. Hasil penetian ini mendeskripsikan tentang muatan PCK dalam makul P3 bahasa dan Sastra SD. Wujud muatan tersebut diintegrasikan dalam beberapa proyek yang telah
dilakukan mahasiswa antara lain: penyusunan RPP, modul, media, dan penilaian.
Berdasarkan temuan data bahwa mahasiswa telah mengintegrasikan muatan (content) berupa kemampuan berbahasa dan bersastra yang dituangkan dalam bentuk kerja mandiri siswa. Selanjutnya, muatan pedagogi diintegrasikan dalam teks yang dibangun dalam sebuah jalinan tema-tema. Kajian aspek PCK yang ditemukan bahwa mahasiswa telah memenuhi muatan content dan pedagogi dalam penyusunan perangkat bahan ajar yang telah dibuat. Sehingga mahasiswa mampu mengembangkan bahan ajar tematik SD sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang telah ditentukan. Dalam praktiknya, mahasiswa mengaitkan materi-materi yang lain sebagai wujud pembelajaran tematik dalam kerangka PCK

Keywords

Pedagogical Content Knowledge (PCK); pembelajaran, materi SD

Full Text:

PDF

References

Agustiani, Riza. 2015.Profil Pengetahuan Pedagogik-Konten Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Melaksanakan Pembelajaran Dengan Pendekatan PMRI.Bandung : Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA. Vol. 1,No. 2:292.

Anwar,Yenny.dkk. 2016. Perkembangan Kemampuan Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Biologi Pada Pendekatan Konkuren.Bandung : Jurnal Cakrawala Pendidikan. No. 349.

Christy, Kartika. 2015.Diskripsi Pedagogical Contein Knowledge Calon Guru SD pada Pembelajaran IPA. Prosiding SNPS. Surakarta: UNS.

Dapaepe, F., Marie, Evens., and Jan, Elen. 2015. Developing Pedagogical Content Knowledge: Lessons Learned from Intervention Studies. Hindawi Publishing Corporation.

Dazrullisa. 2017. Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Pada Materi Aljabar Siswa SMP. Aceh Barat: Jurnal MAJU. Vol. 4,No. 1 : 2.

Hartati, Tatat. 2016.PCK (Pedagogical Content Knowledge) bagi Mahasiswa S-2 Pendidikan Dasar dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Bandung :Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan. Vol. 9,No. 1:174.

Hurrell, D. P. 2013. What Teachers Need to Know to Teach Mathematics: An Argument for a Reconceptualised Model.Australian Journal of Teacher Education. Vol. 38, 54-64.

Koirala, H.P., Davis, M., and Johnson, P. 2007 .Development of A Performance Assessment Task and Rubric to Measure Prospective Secondary School Mathematics Teachers’ Pedagogical Content Knowledge and Skill. J Math Teacher Educ. 11:127-138.

Maryani, Ika. 2016. Strategi LPTK Dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Calon Guru. Vol. 1,No. 2: 99-100.

Maryono. 2016.Profil pedagogical content knowledge (PCK) Mahasiswa Calon Guru Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Akademiknya. Vol. 1,No. 1: 2-4.

Nengsih, Dewi Hernia. 2017. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pengelolaan Proses Di SD Negeri 10 Mandonga. Kendari :WAKAPENDIK Vol 2. No 7: 2.

Purwianingsih, W. 2011.Pengembangan Program Pembekalan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Bioteknologi Melalui Perkuliahan Kapita Selekta Biologi.Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.http://repository.upi.edu/7 553/. Diakses tanggal 10 Desember 2017.

Resbiantoro, Gaguk. 2016. Analisis Pedagogical Content Knowledge (Pck) Terhadap Buku Guru SD Kurikulum 2013. Tulungaggung : Schoralia. Vol.6, No 3 :153-156.

Sarkim, T. 2015.Pedagogical Content Knowlegde: Sebuah Konstruk untuk Memahami Kinerja Guru di Dalam Pembelajaran.Prosiding.Yogyakarta:ISSN :Semnas HFI XXIX.

Sulastri, Rini. 2016.Kajian Pedagogical Content Knowledge Calon Guru. Banda Aceh :Jurnal

Pendidikan Serambi Ilmu. Vol. 24,No. 1:67-69.

Yulianti, Lia. 2017. Membangun Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Fisika Melalui

Praktek Pengalaman Lapangan Berbasis Lesson Study. Vol 1. No 1 : 17-18

Article Metrics

Abstract view(s): 747 time(s)
PDF: 4340 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.