Peningkatan Keterampilan Pengolahan Penganan Jagung “Pulut” Ibu-Ibu Petani Jagung di Kelurahan Manongkoki

Nasrullah Nasrullah(1*), Andi Dian Novita(2), Yusmanizar Yusmanizar(3)

(1) Program Studi D3 Bina Wisata, Fakultas Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Sosial, Universitas Fajar
(2) Program Studi D3 Bina Wisata, Fakultas Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Sosial, Universitas Fajar
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Ilmu-Ilmu Sosial, Universitas Fajar
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengatasi masalah mitra yang sedang berkembang di Manongkoki yaitu pemahaman tentang kewirausahaan, yang meliputi aspek produksi, manajemen bisnis, sistem pemasaran dan fasilitas infrastruktur yang tidak memadai. Ibu-Ibu Petani Jagung Manongkoki merupakan ibu-ibu yang memiliki lahan dan tanaman jagung yang luas dan banyak, dan aktivitas keseharian dihabiskan dirumah hanya sebagai Ibu Rumah Tangga. IbuIbu Petani Jagung Pulut dipilih sebagai mitra PKM mengingat Sumber Daya Alam berupa Jagung Pulut yang dimiliki melipah ruah namun belum mampu diolah menjadi suatu produk yang bernilai jual tinggi. Ketersediaan bahan baku, waktu dan tempat ini dipandang sudah sebagai modal besar, sehingga melalui kegiatan ini kebutuhan lainnya berupa alat produksi serta media pemasaran sebagai pelengkap akan disediakan oleh tim pengabdian masyarakat. Metode yang dilakukan adalah community development melalui kegiatan penyuluhan dan pendampingan pembuatan jagung pulut (jagung berlilin) menjadi penganan jagung pulut (jagung berlilin). Hasil yang diperoleh selama implementasi dari aspek produksi, kelompok bulosibatang memahami manfaat besar tanaman jagung pulut (jagung berlilin) melalui kegiatan penyuluhan yang dilakukan, mengetahui cara mengolah jagung pulut (jagung berlilin) yang dapat ditingkatkan nilainya. Mitra sudah memahami cara yang benar dari aspek manajemen bisnis keuangan dan pemasaran, publik menghasilkan penganan jagung pulut (jagung lilin) yang siap dipasarkan dengan sistem pengemasan yang dapat menarik konsumen. Fasilitas pendukung untuk kegiatan juga diberikan kepada mitra.

Keywords

Keterampilan, Jagung Pulut, Penganan Jagung Pulut

References

Ahmad, A. H. D., & Erwina. (2018). Manajemen Pemasaran Teh Rosella Berbasis Website Pada Kelompok Dasawisma Di Desa Rampoang Kabupaten Luwu Utara. Jurnal To Maega, 1(1), 35–41.

Fitriyah, N. (2019). Respon Pertumbuhan Dan Produksi Jagung Pulut Lokal (Zea Mays Ceratina. L) Pada Kondisi Cekaman Kering Dan Nitrogen Rendah. Jurnal Hijau Cendekia, 4(2), 74–77.

Hukma, R. P., & Taufan, R. R. (2019). Pembuatan Jagung Manis Menjadi Jagung Susu Coklat Bagi Kelompok Ibu Rumah Tangga Desa Tarowang. Jurnal Pengabdian Bina Ukhuwah, 1(2), 78–82.

Khalik, A. (2017). IbM Pembinaan Remaja Pencinta Mesjid Dan Lingkungan Di Desa. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) 2017, 2(5), 386–392.

Mastuki, & Seputro, H. (2018). Meningkatkan Produktifitas Petani Jagung Dengan Inovasi Alat Pemipil Jagung Sederhana. Jurnal Abdikarya, 01(2), 175–177.

Nasrullah, & Novita, D. (2019). Home Industri Penganan Jagung “Pulut” Ibu-Ibu Petani Jagung Di Kelurahan Manongkoki Kecamatan Polombangkeng Utara Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat 2019, 3, 35–39. Takalar, Sulawesi Selatan: Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Statistik, B. P., & Takalar, K. (2019). Badan Pusat Statistik Kabupaten Takalar (2019th ed.; Badan Pusat Statistik Kabupaten Takalar, ed.). Kabupaten Takalar: Bilal Jaya Mandiri.

Various, O. N., Of, D., & Fertilizer, N. P. K. (2017). Pertumbuhan Dan Produksi Jagung Pulut Lokal (Zea mays ceratina Kulesh) Pada Beberapa Dosis Pupuk NPK. Cocos, 1(1).

Wawo, A. H., Lestari, P., & Setyowati, N. (2019). Eksplorasi Jagung Lokal di Sulawesi Selatan dan Studi Pertumbuhannya di Kebun Penelitian Puslit Biologi , LIPI , Cibinong Local Corn Exploration in South Sulawesi and Study on Its Growth in Research Plot of Puslit Biologi , LIPI , Cibinong Pendahuluan. Biota, 4(2), 79–93.

Zainuddin, Z., Nasrullah, & Novita, D. (2017). Home Industri Abon Ikan Bandeng “Bolu” Desa Soreang Kabupaten Takalar. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) 2017 (Pp.506-511), 1(2), 506–511. Takalar, Sulawesi Selatan: Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Article Metrics

Abstract view(s): 157 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 99 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.