OPTIMALISASI PENGGUNAAN APLIKASI CLOUD COMPUTING SEBAGAI SARANA PENGELOLAAN KUESIONER BAGI GURU MUHAMMADIYAH TANON

Sukirman Sukirman, Muhammad Miftakhul Rohadi Putra, Astriana Jihan Kusumawati

DOI: https://doi.org/10.23917/warta.v22i2.8664

Abstract

Aplikasi cloud computing merupakan aplikasi yang cara penggunaannya membutuhkan jaringan internet. Salah satu keunggulannya yaitu tidak memerlukan media penyimpanan namun dapat diakses dari berbagai tempat. Akan tetapi, sebagian besar guru Muhammadiyah di kecamatan Tanon, Sragen, belum memiliki pengetahuan yang lebih jauh tentang aplikasi cloud computing ini, khususnya Google Drive. Padahal aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan akademik maupun non-akademik, misalnya pengelolaan kuesioner. Selama ini proses distribusi kuesioner dan pengolahannya dilakukan secara konvensional menggunakan kertas cetak, digandakan, dikumpulkan kembali dan baru kemudian diolah. Tentu saja hal ini kurang efektif di era teknologi informasi ini. Untuk itu perlu dilakukan workshop pembelajaran tentang cara penggunaan aplikasi berbasis cloud computing bagi para guru tersebut. Metode workshop dilakukan dengan model pembelajaran aktif (active learning) sehingga memungkinkan peserta aktif dalam mengikuti kegiatan. Setelah kegiatan, peserta diwajibkan mengisi kuesioner untuk mengetahui tanggapan terhadap kegiatan. Secara umum, peserta kegiatan menyatakan puas dan kegiatan ini bermanfaat serta bisa ditindaklanjuti untuk kegiatan sejenis di masa mendatang.

Keywords

cloud computing, google drive, active learning, workshop pembelajaran, tanon

References

Euis, E., & Heryana, N. (2018). Analisis Pemanfaatan Cloud Computing Berbasis Software as a Service sebagai Media Penyimpanan Tugas Praktikum. Syntax: Jurnal Informatika, 7(1), 26–32.

Fardani, A., & Surendro, K. (2011). Strategi adopsi teknologi informasi berbasis cloud computing untuk usaha kecil dan menengah di Indonesia. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Google. (2018). Google Drive - Cloud Storage & File Backup for Photos, Docs & More. Retrieved August 28, 2018, from https://www.google.com/drive/

Handayani, I., Kusumahati, H., & Badriah, A. N. (2017). Pemanfaatan Google Spreadsheet Sebagai Media Pembuatan Dashboard pada Official Site iFacility di Perguruan Tinggi. Sisfotenika, 7(2), 177–186.

Iqbal, M., Rosramadhana, R., Amal, B. K., & Rumapea, M. E. (2018). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 10(1), 120–127.

Kristin, F. (2017). Keberhasilan Belajar Mahasiswa Ditinjau Dari Keaktifan Dalam Perkuliahan Dengan Menggunakan Pembelajaran Active Learning. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(2), 405–413.

Ningrum, O. S. (2015). Penggunaan Aplikasi Google Drive sebagai Penunjang Paperless Office. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP), 3(3).

Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015). Otomatisasi metode penelitian skala likert berbasis web. Prosiding Semnastek.

Warsito, A. B., & Yuliandini, E. (2017). Penerapan Google Drive Untuk Efisiensi Penyimpanan Bahan Ajar Yang Dapat Mendukung Sistem Informasi Bahan Ajar Pada Perguruan Tinggi Berbasis Mobile Aplikasi. SISFOTENIKA, 7(2), 219–228.

Article Metrics

Abstract view(s): 29 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 10 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.