Bimbingan Teknis Perencanaan Partisipatif Pembangunan Desa di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar

Aguswan Aguswan(1), Trio Saputra(2*), Widia Astuti(3), Eka Eka(4), Syofian Syofian(5)

(1) Universitas Lancang Kuning
(2) universitas lancang kuning
(3) Universitas Lancang Kuning
(4) Universitas Lancang Kuning
(5) Universitas Riau
(*) Corresponding Author

Abstract

Kecamatan XIII Koto Kampar merupakan wilayah pinggiran yang bertetangga dengan kabupaten Lima Puluh Koto provinsi Sumatera Barat. Lokasi daerah ini terletak paling ujung di sebelah barat Kabupaten Kampar, sehingga beberapa permasalahan teknis di lapangan. Permasalahan itu antara lain: (1) pengaturan tapal batas Desa; (2) belum tersedia profil desa di Kecamatan XIII Koto Kampar; (3) kemampuan aparatur desa dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa yang masih belum maksimal, sehingga pemenuhan kebutuhan pelayanan dan peningkatan kesejahteraan masarakat desa kurang tercapai; dan  (4) penyusunan perencanaan desa dan penetapan prioritas pembangunan desa yang tidak tepat sasaran, disebabkan kurangnya data dan informasi yang disediakan oleh desa. Berdasarkan uraian di atas, untuk memperkuat penyelenggaraan pemerintahan, pembangunaan dan pelayanan kepada masyarakat, maka perlu dilakukan kegiatan pemberdayaan pimpinan desa beserta perangkatnya yakni dengan menyelenggarakan bimbingan teknis perencanaan partisipatif pembangunan desa di Kecamatan XIII Koto Kampar kabupaten Kampar. Metode participatory Rural Apraisal (PRA) yang diperkuat dengan Focus Group Discussion (FGD) digunakan untuk memperkuat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pemamfaatan dan evaluasi pembangunan Desa. Dari kegiatan yang telah dilaksanakan, diperoleh hasil berupa terwujudnya penguatan organisasi dan manajemen desa, peningkatan kemampuan aparatur dalam penyusunan perencanaan desa, terlaksananya kepemimpinan partisipatif Kepala Desa dan peningkatan pelayanan prima di tingkat Desa.

Keywords

Bimbingan, Teknis, Perencanaan, Partisipatif, Kampar

References

Aguswan, Sulaiman Zuhdi, Abdul Mirad (2018); Data and Information Mapping Of Participatory Plan for Village Development; International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP) 8(8) (ISSN: 2250-3153), DOI: http://dx.doi.org/10.29322/IJSRP.8.8.2018.p8049

Astuti, W., & Nurpeni, A. (2018) Policies for accelerating rural and agricultural development (study in Kampar Timur district, Kampar district, Riau Province).

Aguswan (2018), Model Perencanaan Partisipatif Pembangunan Desa, Jakad Publishing. Surabaya.

Budiman Rusli (2013). Kebijakan Publik Membangun Pelayanan Publik, Alpabetha Bandung.

Dwiyanto, Agus. (2010) Manajemen Pelayanan Publik, Gajah Mada Press,Yogyakarta.

Hanif Nurcholis (2011), Pertumbuhan Dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Airlangga Jakarta.

Hanif Nurcholis (2008), Perencanaan Partisipatif Pemerintahan Daerah, Grasindo,jakarta.

Jhon Creswel (2010), Reserach Design, Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Suhendra, K., & Kadmasasmita, A. D. (2006). Peranan Birokrasi Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Alfabeta.

Riant Nugroho (2011), Manajemen Perencanaan Pembangunan, Gramedia Jakarta.

Saputra, T., & Utami, B. C. (2017). Pelatihan Pelayanan Prima Tentang Perilaku Pemberi Layanan Di Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Warta Lpm, 20(2), 61-66.

Undang- Undang No.23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah

Undang- Undang No .6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Article Metrics

Abstract view(s): 726 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 500 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.