Upaya Mereduksi Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas Melalui Penggunaan Sistem Informasi Geografis

Ari Fadli(1*), Gito Sugiyanto(2), Mulki Indana Zulfa(3)

(1) Teknik Elektro, Universitas Jenderal Soedirman
(2) Teknik Sipil, Universitas Jenderal Soedirman
(3) Teknik Elektro, Universitas Jenderal Soedirman
(*) Corresponding Author

Abstract

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Purbalingga. Berdasarkan data dari Satlantas Porles Purbalingga disebutkan bahwa kecelakaan lalu lintas selama periode empat tahun yaitu tahun 2010-2013 terjadi 1374 kejadian kecelakaan dengan jumlah kejadian tertinggi terjadi pada tahun 2012 sebanyak 513 kasus (37,34%), diikuti tahun 2013 sebanyak 467 kasus. Tujuan dari pengabdian adalah untuk mengurangi jumlah angka kecelakaan lalu lintas dengan cara membuat peta lokasi rawan kecelakaan lalu lintas menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis web. Metode yang digunakan adalah praktik, demonstrasi dan sosialisasi. Tahap awal kegiatan pengabdian ini dimulai dengan membuat peta dearah rawan kecelakaan lalu lintas dengan menggunakan SIG berbasis Web. Dalam membuat peta dasar digunakan perhitungan berdasarkan Angka Ekuivalen Kecelakaan (AEK) yaitu korban meninggal dunia bernilai 10, korban luka berat bernilai 5, korban luka ringan bernilai 1, dan nilai 1 untuk property damaged only. Kegiatan selanjutnya adalah mendemonstrasikan dan mensosialiasikan hasil pemetaan dalam bentuk SIG berbasis web kepada peserta yaitu pihak kepolisian pada unit laka lantas. Hasil akhir kegiatan adalah SIG berbasis web untuk menyajikan informasi lokasi daerah rawan kecelakaan sehingga dapat digunakan untuk memberikan peringatan dini kecelakaan kepada masyarakat.

References

Faya, M., & Noviyanto, F. (2013). Pemanfaatan Google Maps Api Untuk Pembangunan Pasca Bencana Alam Berbasis Mobile Web (Studi kasus : Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Yogyakarta). Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 1(1), 164.

Kurniawan, Y. I. (2016). Pelatihan Aplikasi Pengukuran Minat Kejuruan Siswa bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Jawa Tengah. Warta LPM, 149-155.

Muslim, N., & Sunyoto, A. (2012). Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Pemetaan Potensi Panas Bumi Di Indonesia Menggunakan Google Maps. Data Manajemen Dan Teknologi Informasi (DASI), 13(2), 60.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2011 tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisis Dampak, serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas.

Polres Purbalingga. (2015). Data Kecelakaan Lalu Lintas di Kabupaten Purbalingga Tahun 2010-2015. Unpublished. Purbalingga: Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor Purbalingga.

Prahasta, E. (2001). Konsep-konsep Dasar Sistem Informasi Geografis. Informatika Bandung.

Prahasta, E. (2014). Sistem informasi geografis konsep-konsep dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika). Informatika. Bandung.

Puslitbang Kemenhub. (2013). Diskusi Litbang: Keselamatan Jalan menjadi Tanggung Jawab Bersama. Pusat Komunikasi Publik Litbang Kemenhub (online) (http://www.dephub.go.id/read/ berita/57027, diakses 4 Maret 2013).

Pusat Litbang Prasarana Transportasi. (2005). Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas: Pd.T- 09-2004-B. Jakarta: Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Sugiyanto, G., dkk. (2012). Strategi Peningkatan Keselamatan Transportasi Darat melalui Audit Keselamatan Jalan (Road Safety Audit) dan Analisis Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas (Black Spot) (Studi kasus di Ruas Jalan Wilayah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah). Hibah Penelitian Kerjasama Antar Lembaga dan Perguruan Tinggi, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2012.

Sugiyanto, G., & Fadli, A. (2017). Identifikasi Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas (Black Spot) di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, 19(2), 128-135. https://doi.org/10.15294/jtsp.v19i2.10768

Sugiyanto, G., Fadli, A., & Santi, M. Y. (2017). Identification of black spot and equivalent accident number using Upper Control Limit method. ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences 12(2), 528- 535. http://www.arpnjournals.org/jeas/research_papers/rp_2017/jeas_ 0117_5650.pdf.

Sugiyanto, G. (2017). The cost of traffic accident and equivalent accident number in developing countries (case study in Indonesia). ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, 12(2), 389-397. http://www.arpnjournals.org/jeas/research_papers/rp_2017/jeas_0117_5631.pdf.

Sugiyanto, G. & Santi, M.Y. (2017). Road traffic accident cost using human capital method (Case study in Purbalingga, Central Java, Indonesia). Jurnal Teknologi (Sciences and Engineering), 79(2), 107- 116. https://doi.org/10.11113/jt.v79.5375.

Sugiyanto, G. & Malkhamah, S. (2018). Determining the maximum speed limit in urban road to increase traffic safety. Jurnal Teknologi (Sciences and Engineering), 80(5), 67-77. https://doi. org/10.11113/jt.v80.10489.

Turban, E. (2009). Decision Support System and Intelligent System. Penerbit Andi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Article Metrics

Abstract view(s): 1303 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 731 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.