Archives

2021

WARTA LPM, Vol. 24, No. 2, April 2021

Terbitan Jurnal WARTA LPM Vol. 24, No. 2, April 2021 berisi artikel ilmiah yang berasal dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Terbitan ini melibatkan Penulis dari beberapa institusi berbeda, antara lain: Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Universitas Bhayangkara Surabaya, Universitas Muhammadiyah Surakarta, UPN Veteran Jakarta, Universitas Musamus Merauke Papua, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ekuitas Bandung, Universitas Sebelas Maret Surakarta, UNIKA Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, dan Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA.

Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh Penulis, Mitra bestari, pembaca, dan semua pihak yang telah terlibat dan berkontribusi dalam terbitan ini. Semoga terbitan ini membawa manfaat bagi seluruh Masyarakat.

WARTA LPM, Vol. 24, No. 1, Januari 2021

Terbitan Jurnal WARTA LPM Vol. 24, No. 1, Januari 2021 berisi 16 artikel ilmiah yang umumnya berasal dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Artikel tersebut melibatkan Penulis dari  institusi berbeda, antara lain dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Respati Yogyakarta, Stikes Aisyiyah Surakarta, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta, Universitas Kusuma Husada Surakarta,  Universitas Muhammadiayah Makassar, Universitas Darussalam Gontor, Universitas Terbuka, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta, Akademi Keperawatan Giri Satria Husada Wonogiri, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh Penulis, Mitra bestari, pembaca, dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam terbitan ini. Semoga terbitan ini membawa manfaat bagi seluruh Masyarakat.


2020

WARTA LPM, Vol. 23, No. 2, September 2020

Terbitan Jurnal WARTA LPM Vol. 23, No. 2, September 2020 berisi 9 artikel ilmiah yang umumnya berasal dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Sebanyak 7 institusi berbeda terlibat dalam terbitan edisi kali ini, antara lain dari Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Universitas Jendral Soedirman Purwokerto, Universitas PGRI Semarang, Universitas Fajar Makassar, dan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sembilan artikel tersebut dikategorikan ke dalam tiga kelompok, yaitu (1) bidang pendidikan dan psikologi, (2) pemberdayaan masyarakat dan perekonomian, (3) pengembangan wilayah dan kearifan lokal.

Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh penulis, pembaca, dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam terbitan ini. Semoga membawa manfaat bagi seluruh Masyarakat.

WARTA LPM, Vol. 23, No. 1, Maret 2020

Terbitan Jurnal WARTA LPM Vol. 23, No. 1, Maret 2020 berisi 7 artikel ilmiah hasil pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari  6 afiliasi penulis, yaitu Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Setia Budi, Universitas Jendral Soedirman, Universitas Lancang Kuning, Universitas Riau dan Universitas Siliwangi. Tujuh artikel tersebut dikelompokkan ke dalam tiga bidang, yaitu bidang pengembangan wilayah dan kearifan lokal, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, serta aspek pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.


2019

WARTA LPM, Vol. 22, No. 2, September 2019

Jurnal WARTA LPM Universitas Muhammadiyah Surakarta Volume 21 Nomor 2, September 2019 berisi 8 artikel hasil pengabdian masyarakat dari berbagai bidang, antara lain ilmu komunikasi, teknologi industri, teknologi informasi, dan ilmu bahasa.

WARTA LPM, Vol. 22, No. 1, Maret 2019

Dalam edisi kali ini, ada beberapa tema yang diangkat. Pertama, dalam bidang teknologi informasi terdapat dalam artikel yang berjudul (1) Optimalisasi Sistem Informasi dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Dusun Temanggung, Jetis, Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta; (2) Website Sekolah Untuk Menunjang Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta.
Kedua, dalam bidang kesehatan, setidaknya ada 2 naskah, yakni (1) Peningkatan Kapasitas Kesehatan Pasien Pasca Stroke pada Komunitas Stroke di Solo Selatan, (2) Peningkatan Pengetahuan Hipertensi dan Pelatihan Penghitungan Nadi dan Pengukuran Tekanan Darah pada Kader Posyandu Di Desa Sidorejo.
Ketiga, bidang pemberdayaan masyarakat, terdapat beberapa artikel yaitu (1) Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas untuk Pembuatan Buket Bunga dan Cara Pemasarannya; (2) Pemberdayaan KWT Desa Kranggan dalam Budidaya Padi dengan Metode S.R.I. untuk Pertanian Sehat; (3) Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pengembangan Produk Ecoprint di Dukuh IV Cerme, Panjatan, Kabupaten Kulonprogo; (4) Program Kemitraan Masyarakat: PMT Penyuluhan Pangan Lokal di Desa Sukarame Kecamatan Sukarame Kabupaten Tasikamalaya Jawa Barat


2018

WARTA LPM, Vol. 21, No. 2, September 2018

Adapun cakupan bidang ilmu yang dimuat pada edisi ini antara lain wirausaha pertanian, budidaya perikanan, kesehatan masyarakat, dan bidang ilmu pendidikan. Bidang wirausaha pertanian berisi artikel dengan judul “Pemberdayaan Anak Yatim dan Ibu Rumah Tangga Aisyiyah melalui Program Pelatihan Bercocok Tanam dan Pengolahan Produk Makanan Berbasis Singkong”. Bidang budidaya perikanan berisi dua artikel, yaitu (1) Teknologi Polikultur Kepiting Bakau dan Ikan Bandeng pada Kelompok Pembudidaya Ikan Perpat Permai Kelurahan Air Jukung, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka; dan (2) Pengembangan Usaha Budidaya Lele di Desa Doplang, Sawit, Kabupaten Boyolali melalui Produksi Pakan Ikan berupa Pelet Secara Mandiri dari Kotoran Ayam Petelur.
Sementara, bidang kesehatan masyarakat terdapat tiga artikel, yaitu (1) Pembuatan Instalasi Pengolah Limbah Batik Cair Secara Fisika pada UKM Batik Mutiara Hasta dan Katun Ungu Semarang; (2) Pembentukan Bank Sampah di Kebayanan-I Desa Puron Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo; dan (3) Membangun Perilaku Sadar Ekologis dan Ekonomis Ibu Rumah Tangga melalui Reorientasi Pemanfaatan Sampah Perumahan di BTN Banyuning Indah. Sedangkan bidang ilmu pendidikan berisi dua artikel, yaitu (1) Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SDN Sambigede 03; (2) PKU bagi MI Muhammadiyah Meduro melalui Majalah Dinding Mengasah Kreativitas Menulis dan Gemar Membaca Siswa; (3) Peningkatan Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Seks Anak

WARTA LPM, Vol. 21, No. 1, Maret 2018

Pada Volume 21 Nomor 1 kali ini, Jurnal Warta menampilkan beberapa tema pemberdayaan masyarakat, dari mulai bidang pangan, pendidikan, Kesehatan hingga Teknologi Informasi. Bidang pemberdayaan dengan tema pangan diwakili artikel publikasi pengabdian dengan judul “Pemberdayaan Ibu-Ibu Kelompok Wanita Tani dan PKK di Desa Sindon Boyolali Melalui Pengembangan Produk Greenbos dan Nugget dari Sayuran”, selain itu artikel dengan tema yang berkaitan dengan pangan yaitu: “Pemberdayaan Masyarakat UKM Keripik Singkong Rasa Gadung Sebagai Produk Unggulan Daerah Desa Sidomukti Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar”. Artikel pengabdian dengan tema pendidikan yang dimuat dalam edisi kali ini yaitu: “PKU Bagi MI Muhammadiyah Madukoro dan Wonogiri Kabupaten Magelang Melalui Implementasi Standar Nasional Pendidikan Dasar dalam Pengembangan Mutu Madrasah” dan “IBM Alat Peraga Matematika SD dari Pengolahan Sampah Karet Sandal di Kecamatan Klangenan”. Sedangkan artikel yang bertema Kesehatan yaitu artikel dengan judul: “Pakom Pemanfaatan Sampah Rumah Tangga di Pondok Pesantren Al-Ahad dan Budi Utomo Surakarta”


2017

WARTA LPM, Vol. 20, No. 2, September 2017

Jurnal WARTA LPM, Vol. 20, No. 2, September 2017 mengupas beberapa kajian terkait dengan aktivitas pengabdian kepada masyarakat dari beberapa perguruan tinggi dan skema pengabdian yang ada. Tema pertama berkaitan dengan penggunaan teknologi komunikasi yang terlihat dari tulisan Perancangan Animasi Tiga Dimensi Menggunakan Perangkat Lunak Blender Di Cabang Muhammadiyah Kartasura. Selanjutnya ada naskah berjudul Implementasi Model Peta (Pembelajaran Kompetensi Spasial) Dalam Mata Pelajaran Geografi Bagi Guru Sma Di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah diteruskan dengan Pakom Pelatihan Pengoperasian Komputer Bagi Perangkat Desa Di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar

Dalam aspek pengembangan masyarakat ada naskah Pemitra Pendampingan Kelompok Tani Dan Peternak Lele Desa Pucung, Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri  serta Pakom Daur Ulang Sampah Anorganik Di Desa Ngadirejo, Kartasura, Sukoharjo. Lebih lanjut terdapat naskah Peningkatan Ketrampilan Media Komunikasi dan Perluasan Kerjasama dalam Pencegahan Narkoba Oleh Polda DIY dan BNNP Yogyakarta serta Pelatihan Pelayanan Prima Tentang Perilaku Pemberi Layanan Di Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru

Untuk bidang pendidikan teradapat naskah Pemitra Bagi Pengembangan Kemampuan Matematika  Guru dan Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus di Boyolali serta Pengembangan Kemampuan Penelitian dan Penulisan KaryaIlmiah Bagi Guru Matematika SMA/SMK Muhammadiyah di Klaten Dan Sukoharjo. 

WARTA LPM Vol. 20, No. 1, Maret 2017

Pengabdian dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan dari Fakultas Ilmu Kesehatan adalah:  (1) Penyakit Jiwa di Komunitas dilakukan oleh Arum Pratiwi dkk. (2) IbM Tuna Netra Sudarno dan Supardjono di Karanganyar dialukan oleh Isnaini Herawati dan Wahyuni.  Adapun penyuluhan dan pelatihan dari Fakultas Keguruan dan  Ilmu Pendidikan yaitu: (1) Pakom Aplikasi Cooperative Learning untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA dan SMK Muhammadiyah Se-Surakarta oleh Muamaroh.  (2) Penakerja Implementasi Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah di SD Muhammadiyah PK Surakarta dan MI PK Kartasura dilakukan oleh Saring Marsudi dkk. (3) IbM Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru-guru MIM Wilayah Ngawen dan Klaten Utara Berbasis Kurikulum 2013 dilakukan oleh Laili Etika Rahmawati dkk. (4) Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia Implementasi Strategi Pengembangan Paragraf dan Tanya Jawab Antar Siswa dilakukan oleh Yakub Nasucha dkk. Sedangkan penyuluhan dan pelatihan dari Fakultas Komunikasi dan Informatika adalah: Pengembangan Manajemen Data Elektronik PAUD di PCA Aisyiah Kecamatan Tingkir Salatiga yang dilakukan oleh Yusuf Sulistyo Nugroho. Kolaborasi Fakultas Keguruan dan  Ilmu Pendidikan, Fakultas Geografi, dan Fakultas Teknik melakukan penyuluhan dan pelatihan mengenai Penakerja Gerakan Eco School pada Sekolah-sekolah Muhammadiyah di PCM Kartasura Sukoharjo yang dilakukan oleh Siti Azizah Susilawati dkk.  Sedangkan kolaborasi Fakultas Teknik dengan  Fakultas Komunikasi dan Informatika melakukan kegiatan penyuluhan dan pelatihan dengan judul: Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web bagi Guru SMP dan SMA Muhammadiyah Kartasura dilakukan oleh Heru Supriyono dkk. Adapun kegiatan penyulhan dan pelatihan dari kolaborasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Fakultas Farmasi adalah: Pakom Peternak Puyuh Desa Gajahan Colomadu Karanganyar dilakukan oleh Lukman Hakim dkk.





1 - 17 of 17 Items