Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) pada Kerusakan Jalan Wolter Monginsidi
Firmanilah Kamil(1*), Aldian Setiawan(2), Julyan Purnomo(3)(1) Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan, Fakultas Teknik, Politeknik Negeri Ketapang
(2) Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan, Fakultas Teknik, Politeknik Negeri Ketapang
(3) Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan, Fakultas Teknik, Politeknik Negeri Ketapang
(*) Corresponding Author
Abstract
Jalan Wolter Monginsidi merupakan jalan utama yang dilalui masyarakat Desa Baru dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Jalan ini dilalui untuk mencapai jalan utama yaitu Jalan W.R. Supratman. Jalan ini juga merupakan salah satu jalan menuju ke tempat wisata Pantai Pecal. Kondisi Jalan pada lokasi tertentu mengalami kerusakan parah yaitu berlubang dan mengalami retak-retak. Penyebab kerusakan adalah karena dilewati kendaraan dan perkerasan yang digunakan tidak sesuai dengan kondisi lapangan. Akibatnya, dampak yang ditimbulkan adalah terhambatnya aktivitas masyarakat sekitar karena perjalanan menjadi sedikit lama akibat kondisi jalan yang rusak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui nilai eksisting jalan yang meliputi pengambilan data DCP (Dynamic Cone Penetrometer), LHR (Lintas Harian Rata-Rata) dan tebal perkerasan kaku (Rigid Pavement). Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui gambar rencana dan rencana anggaran biaya perkerasan kaku (Rigid Pavement). Metode yang digunakan adalah metode observasi. Berdasakan pengukuran eksisting di lapangan diperoleh perencanaan perkerasan kaku dengan panjang 500 m dan lebar 3 m. Hasil nilai LHRn adalah 7 kendaraan, sedangkan nilai CBR rata-rata adalah 7,84%. Untuk ukuran rencana beton kurus setebal 0,05 dan pelat beton setebal 0,15 m. Rencana biaya pada perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement)adalah sebesar Rp. 659.614.464,66.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Srihandayani, S. Adiya Putra, S. (2022). Pengenalan Penggunaan Alat Uji Daya Dukung Tanah DCP untuk Perencanaan Konstruksi Jalan (Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti SMKN 2 Dumai). ABDINE J. Pengabdi. Masy. 2, 28–36. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.286
Almufid, A. (2016). Perencanaan Geometerik Jalan Agar Mencapai Kenyamanan dan Keamanan Bagi Penggunaan Jalan Sesuai Undang-Undang No.38 tahun 2012 Tentang Jalan. J. Din. UMT 1, 34. https://doi.org/10.31000/dinamika.v1i2.576
Bagus, D. Awaluddin, M. Sasmito, B. (2015). Jurnal Geodesi Undip April 2015 4.
Bethary, R.T. Pradana, M.F. (2016). Perencanaan Geometrik Jalan Alternatif Palima-Curug (Studi Kasus : Kota Serang). Fondasi J. Tek. Sipil 5. https://doi.org/10.36055/jft.v5i2.1253
Firdausi, S.N. Effendi, M. Harsanti, W. (2021). PERENCANAAN ULANG SISTEM DRAINASE PERKOTAAN DI JALAN BOROBUDUR – JALAN CANDI TELAGA WANGI KOTA MALANG 2.
Gardjito, E. (2017). Study Perencanaan Geometrik, Perkerasan Jalan Dan Perencanaan Anggaran Biaya Pada Jalan Raya Kalidawir – Ds. Ngubalan Kec. Kalidawir. UKaRsT 1, 11. https://doi.org/10.30737/ukarst.v1i2.264
Humang, W.P. A. Zulfadly, A.Z. (2016). Analisis Keterpaduan Moda Transportasi Angkutan Penyeberangan Dengan Jalan Raya Di Pelabuhan Bajoe Kab. Bone. Pena Tek. J. Ilm. Ilmu-Ilmu Tek. 1, 27. Https://Doi.Org/10.51557/Pt_Jiit.V1i1.56
Kusnandar, E. (2009). Pengkinian Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 26.
Lubis, M. Rangkuti, N.M. Ardan, M. (2019). Evaluasi Geometrik Jalan Pada Tikungan Laowomaru.
Lubis, R.W. (2020) Studi Public Private Partnership Dalam Proyek Infrastruktur: Kasus Jalan Tol Tg. Morawa - Tebing Tinggi.
Musfira, B.A. Ibrahim, I.I. Said, L.B. Gecong, A. Syafei, I, (2019) Studi Perbandingan Perencanaan Biaya Konstruksi Flexible Pavement Dengan Konstruksi Rigid Pavement Pada Ruas Jalan Dr. Leimena.
Nuryati, S. (2015) Analisis Tebal Lapis Perkerasan Dengan Metode Bina Marga 1987 Dan Aashto 1986.
Rana Antariksa D, et al. (2021). Rancangan Geometri Rencana Lereng Akhir Waste Dump terhadap Displacment Batuan Dasar Area Waste Dump PT X Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. J. Ris. Tek. Pertamb. 1, 22–29. https://doi.org/10.29313/jrtp.v1i1.29
Rasuli, A. Sastra, M. (2021). Perancangan Tebal Perkerasan Lentur Dengan Membandingkan Metode Mdpj Revisi September 2017 Dan Pt T-01-2002-B (Studi Kasus : Jalan Penebal-Ulu Pulau). J. Tekla 3, 21. https://Doi.Org/10.35314/Tekla.V3i1.2010
Setiawan, A. Walujodjati, E. Farida, I. (2016). Analisis Manajemen Risiko Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu (Studi Kasus: Development Of Cileumyi-Sumedang Dawuan Toll Road Phase I). J. Konstr. 12. https://Doi.Org/10.33364/Konstruksi/V.12-1.282
Sriharyani, L. Oktami, D. (2016). Kajian Penggunaan Dynamic Cone Penetrometer (Dcp) Untuk Uji Lapangan Pada Tanah Dasar Pekerjaan Timbunan Apron 5.
Udiana, I.M. (2014). Analisa Faktor Penyebab Kerusakan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan W. J. Lalamentik Dan Ruas Jalan Gor Flobamora).
Waruwu, A. et al. (2022). Pengaruh Model Perkuatan Bambu Terhadap Nilai Cbr Tanah Lempung Lunak. J. Apl. Tek. Sipil 20, 131. https://Doi.Org/10.12962/J2579-891x.V20i2.9059
Wibisono, G.I. Trisakti, I. (2019). Analisis Lalu Lintas Harian Rata – Rata (Lhr) Dalam Menghindari Kecelakaan 5.
Widodo, A. (2016). Kajian Manajemen Optimalisasi Penerangan Jalan Umum Kota Semarang. J. Tek. Sipil Dan Perenc. 18, 87–96. https://Doi.Org/10.15294/Jtsp.V18i2.7476
Article Metrics
Abstract view(s): 423 time(s)PDF: 451 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.