PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA MENENGAH PERTAMA
Sri Rahayu(1*)(1) SMP Negeri 3 Tawangsari
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan
menulis puisi melalui pembelajaran dengan media gambar. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalan dua siklus.
Setiap siklus terdiri atas empat tahap: (1) tahap perencanaan, (2) tahap
pelaksanaan, (3) tahap observasi, dan (4) tahap refleksi. Sumber data berupa
peristiwa pembelajaran, informasi, dan dokumen. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Validitas data yang
digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Data dianalisis
dengan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
media gambar dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis puisi.
Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan : (1) motivasi siswa dari
siklus I ke siklus II cukup signifikan, (2) rata-rata nilai karya siswa yaitu dari
33,33% pada pratindakan menjadi 58,33% pada siklus I dan 79,17% pada
siklus II.
Kata kunci: motivasi, keterampilan menulis, puisi, media gambar
Full Text:
PDFReferences
Al Ma’ruf, Ali Imron, Atiqa Sabardila, dan Yacub Nasucha. 2011. Pendalaman Materi Bidang Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Kementerian Pendidikan Nasional UMS Panitia Sertifikasi Guru Rayon 141.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi ( GP Press Group).
Rohmadi, Muhammad. 2014. Penelitian Tindakan Kelas: Upaya Terampil Menulis Karya Tulis Ilmiah untuk Pengembangan Karier Guru Profesional. Surakarta: Cakrawala Media.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sufanti, Main. 2011. Pedagogik Khusus Bidang Studi Bahasa dan Sastra. Surakarta: Kementerian Pendidikan Nasional UMS Panitia Sertifikasi Guru Rayon 141.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Article Metrics
Abstract view(s): 485 time(s)PDF: 859 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.