TEKNOLOGI BERBASIS LAYANAN MANDIRI UNTUK KASUS E-BANKING
Edy Purwo Saputro(1*), Fereshti Nurdiana Dihan(2)(1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMS
(2) Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMS
(*) Corresponding Author
Abstract
Revolusi dan evolusi perkembangan teknologi informasi dan sistem informasi memicu transformasi dalam semua bidang dan hal ini kemudian menimbulkan fenomena tentang e-lifestyle yaitu mulai dari e-mail, e-banking, e-shopping, e-book, e-wallets, e-learning, e-news, e-commerce, e-trading, e-election, e-business, e-market, e-service dan e-cards. Di satu sisi, e-lifestyle memberikan banyak kemudahan tapi di sisi lain ini menimbulkan ancaman terutama dikaitkan dengan jaminan keamanan di semua transaksi yang terkait e-lifestyle. Terkait ini, jika aspek keamanan tidak mendapatkan prioritas perhatian dari semua pihak, maka akan terjadi fenomena: ‘don’t trust anyone, don’t trust anything’ dan kepercayaan akan menjadi “blind trust”. Hal ini tentu sangat dimungkinkan karena di cyber economy ada berbagai kasus yang mendasari misalnya ‘phising’ (kegiatan pengiriman e-mail palsu yang di dalamnya terkandung link ke sebuah situs web, yang bisa mengarahkan seseorang untuk menyerahkan identitas pribadi), atau ‘clickjacking’ (yaitu kode jahat yang tersembunyi di balik tombol klik di sebuah situs yang dikunjungi oleh seseorang). Aspek keamanan menjadi sangat penting karena fakta perkembangan e-lifestyle di Indonesia pada umumnya dan adopsi e-banking khususnya masih berada pada tahap pertumbuhan
Keywords
e-lifestyle, e-mail, e-banking, e-shopping, e-book, e-wallets, e-learning, e-news, e-commerce, e-trading, e-election, e-business, e-market, e-service dan e-cards
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view(s): 544 time(s)PDF: 385 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.