Customer Developing In Using the Islamic Banking Product at Bank Syariah Mandiri Tbk, Tegal Branch
Makmur Sujarwo(1*), Adi Inayah Sari(2)(1) Universitas Pancasakti
(2) Universitas Pancasakti
(*) Corresponding Author
Abstract
This research is aimed to find out the influences of perception, attitude, motivation, religiousness and learning towards the customer's decision in choosing the islamic banking product. This research sample is the customer's Bank Syariah Mandiri Tegal. The total samples are 105 people from Tegal, Tegal Regency and Brebes Regency. The respondent's answers towards closed questions related to the studied variable in this research, then were analyzed by using double linear regression test, while the answers to the opened questions were analyzed qualitatively.
The analysis result showed that the motivation and learning variables give positive and significant affect towards the customer's decision in choosing islamic banking product. Meanwhile, the perception, attitude, and religiousness variables do not give any affect towards the customer's decision.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, N & Haron, S.2001.”Perception of Malaysian Corporate Customers Toward Islamic Banking Products & Services”, International Journal of Islamic Financial Service,Vol.3 No.4.
Ahmad Rofiq, Fiqih Kontekstual dari Normatif ke Pemaknaan Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004, hlm. 153
Almossawi, M. 2001. “Bank selection criteria employed by college students in Bahrain: an emperical analysis”, The International Journal of Bank Marketing,Vol.19 No. 3, pp 115.
As’ad, Moh, 1998. Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberty.
Astuti, Sri Wahjuni & Cahyadi, I Gde.2007. “Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Rasa Percaya diri Pelanggan di Surabaya atas Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda”, Majalah Ekonomi.
Bank Indonesia. 2001. Potensi, Preferensi dan Perilaku Masyarakat terhadap Bank Syariah di Jawa Barat. Jakarta.
Cahyadin, Malik & Giyanti, Sri, 2007.”Preferensi Masyarakat Terhadap Bank Syariah di Indonesia”, Buletin Ekonomika dan Bisnis Islam, Laboratorium Ekonomika dan Bisnis Islam (LEBI) FEB UGM.
Donna, Duddy Roesmara, 2007 ,”Perbankan Syariah”, Buletin Ekonomika & Bisnis Islam, Laboratorium Ekonomika dan Bisnis Islam (LEBI) FEB UGM.
Ferdinand, Agusty, 2006, “Metode Penelitian Manajemen”, Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro.
---------------------------, 2000, “Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategic,” Research Paper Series, Program MM UNDIP Semarang.
Foedjiawati & Semuel, Hatane. 2007,”Pengaruh Sikap, Persepsi Nilai dan Persepsi Peluang Keberhasilan Terhadap Niat Menyampaikan Keluhan, Studi Kasus Pada Perusahaan Asuransi AIG LIPPO Surabaya”, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.2,No.1, April 2007 : 43-58. Jurusan Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi – Universitas Kristen Petra http://puslit.petra.ac.id/journals/marketing
Hadi,Abdul, 2004 ,”Hubungan Gaya Pengambilan Keputusan konsumen dan gaya Pembelajaran Individual”, Kajian Bisnis, Vol.12, No.1,2004,98-111.
Institut Pertanian Bogor. 2004. Potensi,Preferensi dan Perilaku Masyarakat terhadap Bank Syariah di Wilayah Kalimantan Selatan. Kerjasama Direktorat Perbankan Syariah – Bank Indonesia dengan Institut Pertanian Bogor.
Kotler, Philip. 1992.Marketing Management : Analysis, Planning, Implementation and Control,Penerbit Erlangga, Jakarta.
Laporan Keuangan PT Bank Syariah MandiriIndonesia, Tbk, 31 Maret 2015.
Ma’ruf Jasman J. & Djatoha M.Danny. 1999. “Faktor-faktor yang mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Memilih Apotek”, Jurnal Manajemen dan Bisnis, No.1, Tahun I.
Muhammad, Teknik Perhitungan Bagi Hasil di Bank Syari'ah,Yogyakarta: UII Press, 2001.
Muhammad, Manajemen Bank Syari’ah, Jogjakarta, (UPP) AMP YKPN, 2002
Najmudin, Mohamad,2008,”Proses Keputusan Konsumen Jasa”, Jurnal Ekonomi Janavisi, Vol.11,No.3, Desember, 2008, Hal.261-266.
Premananto,Candra Gancar,2007,”Progress Dalam Model Pengambilan Keputusan Konsumen”, Majalah Ekonomi,Tahun XVII,No.3 Desember 2007.
Sudartik, 2009. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Periklanan terhadap Keputusan Nasabah dalam menabung pada PT BPR Semarang Margatama Gunadana di Semarang.
Sutiono, Wiris, 2000, ”Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk TV Warna Di Kotamadya Semarang”.Ekobis, Vol.1,Januari 2000
Utami, Sorayanti & Miftahuddin, 2003, “Gaya Hidup dan Keputusan Membeli Produk Elektronika Di Kalangan Wanita Pekerja Di Kota Banda Aceh”, Jurnal Manajemen & Bisnis, Vol.5, No.2, Mei 2003, Hal.153-166.
Utomo, Budi. S. 2001. Makalah: Menuju Era Ekonomi Berkeadilan dan Bebas Bunga, Jakarta.
Wahyuni, Dewi Urip, 2008, “Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “Honda” di Kawasan Surabaya Barat, STIE Fatahillah Surabaya”, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol.10 No.1.
Waluyo, Purwanto & Pamungkas, Agus, 2003, “ Analisis Perilaku Brand Switching Konsumen dalam Pembelian Produk Handphone Di Semarang”, Jurnal Bisnis & Ekonomi, Maret 2003
Wasty, 1987. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bina Aksara
Winardi, 1992. Manajemen Prilaku Organisasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
Yoestini dan Rahma, Eva Sheilla, 2007, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian ( Studi pada pengguna telepon seluler merek Sony Ericson di Kota Semarang)” Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol.VI,No.3.
www.bi.go.id, Bank Indonesia dan PPKP-LP Undip, 2000, Penelitian Potensi, Preferensi dan Perilaku Masyarakat Terhadap Bank Syariah Di Wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
www.bi.go.id, Bank Indonesia dan IPB, 2004, Potensi, Preferensi dan Perilaku Masyarakat terhadap Bank Syariah Di Wilayah Kalimantan Selatan, dan Sumatera.
beritasatu.com, 2015, Gita Rossiana/FMB,Investor Daily
http : //ekonomisyariah.blog.gunadarma.ac.id/2010/03/02/pemasaran-usaha-syariah/
http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/28/jtptiain-gdl-s1-2006-mharirulil-1364-bab2_219-0.pdf
http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/akuntan/article/view/91/pdf
https://www.syariahmandiri.co.id/wp-content/uploads/2010/03/AR-BSM-2015-Lap-Keuangan.pdf
Article Metrics
Abstract view(s): 1069 time(s)PDF: 2346 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.