MENUMBUHKAN ANTUSIASME BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM PEMBELAJARAN
Yossinta Intaniasari(1*), Ratnasari Diah Utami(2)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afdhal, M. (2015). Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Antusiasme Belajar Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 193–200.
Afdhal, M., & Sugiman, S. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis reciprocal teaching berorientasi pada antusiasme dan kemampuan berpikir kritis siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 173–186. https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.17716
Ahdar, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Padu Musik Terhadap Antusiasme Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Sosial. Jurnal Dinamika Penelitian Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 18(02), 287–302.
Aswatun Hasanah, & Faiq Ilham Rosyadi. (2019). Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Dalam Menumbuhkan Antusiasme Belajar. EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(1), 89–103. https://doi.org/10.14421/edulab.2019.41-06
Bagila, S., Kok, A., Zhumabaeva, A., Suleimenova, Z., Riskulbekova, A., & Elmira, U. (2019). Teaching primary school pupils through audio-visual means. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(22), 122–140. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i22.11760
Bahij, A. Al, Khaerunisa, Bahfen, M., & Suryawan, A. (2020). Implementation of Audio-Visual Learning Media in Elementary School. Kemajuan Dalam Penelitian ILmu Sosial Dan Humaniora, 436, 1205–1207. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.252
Fikri, H., & Madona, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Samudra Biru.
Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 104–113. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1750/574
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 1(15), 96–102.
Halidi, H. M., Husain, S. N., & Saehana, S. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 53–60.
Huda, M. J., & Pertiwi, A. Y. (2018). Keefektifan Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: 2(4), 332–337.
Mariyah, Y. S., Budiman, A., Rohayani, H., & Audina, W. D. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual: Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tari. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 959–967. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.778
Minsih, & Maya, D. (2014). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK MELALUI PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) DAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGADIREJO 01 KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 175–181.
Moko, S. N. A., Rahmat, A., & Husain, R. (2021). USAGE OF AUDIO-VISUAL MEDIA IN SCIENCE LEARNING IN CLASS IV ELEMENTARY SCHOOL. 2(11), 110–112.
Rahman. (2018). Keterampilan Guru Abad 21 dalam Variabel Penguasaan Media Elektronik. Departemen Pendidikan Bahasa Sunda.
Rodhiyah, L., Degeng, I. N., & Adi, E. (2021). Peningkatan Antusiasme Siswa Kelas V Belajar Materi Panas dan Perpindahannya Melalui Multimedia Linier. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 80–89. https://doi.org/10.17977/um038v4i12021p080
Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research and Development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA). PUSAKA.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. ALFABETA.
SUKMAWATI, TOLLA, I., & HALING, A. (2019). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP ANTUSIAS BELAJAR MURID KELAS II SD NEGERI 14 BIRU KECAMATAN TANETE RIATTANG KABUPATEN BONE. 1–13.
Suprayato, A., Maryadi, & Subekti, E. E. (2017). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 9 SUBTEMA 1 KELAS IV SD NEGERI JATIMUYO PATI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 238–246.
Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 133.
Wibowo, M. A. T. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Audio Visual Dengan Metode Menceitakan Kembali Pada Siswa SD. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Media Audiovisual Berbantuan Power Point Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1587–1593. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/627
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1.
Wirahayu, K. Y., Marhaeni, A. A. I. N., & Candiasa, M. (2014). Implementasi Pembelajaran Tematik Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Kemampuan Calistung Siswa Kelas I Sdnegeri 7 Sesetan. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 4, 1–10.
Yuliani, R. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Daring pada Pembelajaran Tematik melalui Media Audio Visual Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 1–7.
Yusuf, M. (2017). Metode Penlitian Kuantitafif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. In Kencana. Kencana.
Article Metrics
Abstract view(s): 543 time(s)PDF: 1658 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.