Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris

Meita Septiana Wardani(1*), Nur Rahmah Irianti Nugroho(2), Muhammad Taufiq Ulinuha(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, bangsa Indonesia sudah mampu mengukir prestasi di kancah internasional, tidak ketinggalan bidang pendidikan, banyak pelajar Indonesia berhasil menjuarai olimpiade ditingkat dunia. Namun, tidak sedikit pula pelajar yang tidak punya tata krama, suka tawuran, minum minuman keras, kecanduan narkotika, dan hobi kebut-kebutan mengendarai sepeda motor di jalan raya. Kenyataan ini berbanding terbalik dengan tujuan pendidikan nasional dimana pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, melalui Peraturan Presiden (Perpres) No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, pemerintah lebih memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter pada satuan pendidikan, telah teridentifikasi 18 nilai pembentuk karakter dan 5 karakter utama PPK yang bersumber dari agama, Pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional. Sejalan dengan hal tersebut Muhammadiyah melalui amal usaha yang mengelola lembaga pendidikan jauh sebelumnya sudah terlebih dahulu menggalakkan penguatan pendidikan karakter melalui tata krama dan akhlak serta peraturan untuk siswanya.

Full Text:

PDF

References

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003, No. 78. Sekretariat Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. 2017. Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Lembaran Negara RI Tahun 2017, No. 195. Sekretariat Kabinet. Jakarta.

Yufer Kusnoto. 2017. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan. Sosial Horizon : Jurnal Pendidikan Sosial. 4(2): 247-256.

Endang Komara. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21.

South-East Asian Journal for Youth, Sport & Health Education. 4 (1): 17-24. Zulawarman.

Al Rasyidin. Ali Imran Sinaga. 2017. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada K13 Dalam PAI Dan Budi Pekerti Di SMP Al Amjad Medan Sunggal. Edu Religia. 1(4): 558-570.

Yetri. Rijal Firdaos. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat Pada Sekolah Menengah Pertama Negri (SMPN) Di Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung. Al-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam. 8(2) : 267-277.

Atik Maesaro. Bambang Budi Wiyono. Imron Arifin. 2018. Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan. 1(3): 302-311.

Taqiudin Zarkasi. Al Kusaeri. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah (Perpres No 68 Tahun 2017). Jurnal Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang. 1(3): 1-17.

Samrin. 2016. Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al Ta’dib. 9(1): 120-142.

Iskandar Agung. 2017. Peran Fasilitator Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jurnal Prespektif Ilmu Pendidikan. 31(2): 106-118.

Isa Ansori. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah. Halaqa : Islamic Education Journal. 1(2): 11-21.

Kementrian Kesehatan. 2019. Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. Diambil dari : www.depkes.go.id. (20 Februari 2019)

Article Metrics

Abstract view(s): 1951 time(s)
PDF: 4104 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.