Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Materi Teks Berita

Endah Cahyaningsih(1*), Gallant Karunia Assidik(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Pandemi Covid-19 ini memberikan dampak terhadap lapisan masyarakat salah satunya yaitu pendidikan di Indonesia. Banyak terjadi perubahan dalam dunia pendidikan, seperti kegiatan pembelajaran yang biasanya dilaksanakan di sekolah menjadi kegiatan pembelajaran tanpa adanya tatap muka yaitu daring. Pembelajaran yang dilaksanakan secara daring ini terdapat permasalahan yaitu terkadang saat pembelajaran siswa terkendala oleh jaringan yang lemah. Selain itu, siswa dan guru terbatas untuk membahas materi karena pembelajaran dilaksanakan secara daring. Sehingga dibutuhkan alternatif lain dalam pembelajaran yaitu program homeschooling. Dalam pembelajaran homeschooling ini, agar siswa tetap mengikuti pembelajaran secara efektif dan mempunyai minat belajar yang tinnggi maka memerlukan model pembelajaran yang sesuai dengan siswa. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa dan membuat siswa lebih aktif yaitu model pembelajaran discovery learning. Sehingga pembelajaran tentang teks berita ini menggunakan penerapan model discovery learning untuk meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk untuk mendeskripsikan pembelajaran melalui program homeschooling dan bagaimana penerapan model pembelajaran disccovery learning untuk meningkatkan minat belajar siswa tentang teks berita. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Fokus dari penelitian ini yaitu meningkatkan minat belajar tentang teks berita dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Sumber data utama dalam penelitian ini yaitu siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi atau pengamatan secara langsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis data deskriptif kualitatif. hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa suatu pembelajaran pada saat pandemi ini menggunakan pembelajaran alternatif lain yaitu melalui program homeschooling. Meskipun pembelajaran dilakukan secara homeschooling, pembelajaran harus tetap efektif dan menyenangkan dengan menggunakan penerapan suatu model pembelajaran discovery learning. Penerapan model ini pada teks berita ini melalui program homeschooling dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Full Text:

PDF

References

Afiat, Zul. (2019). Homeschooling; Pendidikan Alternatif di Indonesia. Jurnal Visipena, 10(1), 50-65.

Anggara, Dameis Surya, dan Candra Abdillah. (2018). Proses Pembelajaran Program Homeschooling Tingkat Sekolah Dasat di PKBM Anugrah Bangsa Kota Semarang. EDUKA Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis, 4(1), 12-21.

Herliandry, Luh Devi, Nurhashanah, Maria Enjelina Suban, dan Heru Kuswanto. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Maharani, Bekti Yuni dan Hardini Agustina Tyas Asri. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 549-561.

Marleni, Lusi. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 149-159.

Puspitadewi, Rizky, Agung Nugroho Catur Saputro, dan Ashadi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 3 Semester Genap SMA N 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 5(4), 114-119.

Putrayasa I Made, Syahruddin, dan I Gede Margunayasa. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1), 1-11.

Ali, F. A. (2020). Sistem Homeschooling sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 38–47.

Amany, A. (2020). Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–11.

Amini, A. D., Subekti, E., & Pertiwi, R, K. (2020). Implementasi Model Pendidikan Alternatif dalam Pembelajaran dengan Homeschooling. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–7. http://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/13791

Jayanti, D., Septiani, J. I., Sayekti, I. C., Prasojo, I., & Yuliana, I. (2021). Pengenalan Game Edukasi sebagai Digital Learning Culture pada Pembelajaran Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 184–193. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15735

Khamal, S. Y. B. (2020). Tantangan Pembelajaran Olahraga dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajara, 2(2), 28–35.

Moelong, L. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya.

Nuroniyah, A., & Khuriyah. (2021). Home Teaching Era Pandemi Covid-19 pada Siswa SD sebagai Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring. Warta LPM, 24(3), 466–475. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.14053

Octaviani, F. R., Murniasih, A. T., Kusuma, D., Agustina, L., Keguruan, F., & Surakarta, U. M. (2020). Apersepsi Berbasis Lingkungan Sekitar sebagai Pemusatan Fokus Pembelajaran Biologi Selama Pembelajaran Daring. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 8–17.

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645

Purnomo, E., & Sabardila, A. (2020). Makna Referensial dalam Spanduk Antisipasi Korona di Gang Kampung dan Relevansinya sebagai Materi Ajar SMP. Proceeding of The URECOL, 34–40.

Ratih, K., Utami, R. D., Fuadi, D., Mulyasih, S., Febriani, D., Asmara, S. F., Aprilianti, D. R., Rianti, A. W., Santiana, D., Rahmawati, H., Adlina, L. M., Rosyidi, B., & Hidayat, M. T. (2020). Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 44–49. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10770

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 5(1), 17–30. http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/rontal/article/view/1021

Article Metrics

Abstract view(s): 3320 time(s)
PDF: 4091 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.