Strategi Penanaman Pendidikan Aqidah dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan

Afifatun Masruroh(1*), Annas Fajar Rohmani(2), Livna Anggi Viranski(3), Muhamad Toyib(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan strategi apa yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam untuk menanamkan nila-nilai aqidah pada peserta didik di masa pandemi seperti ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatatif karena lebih efisien untuk mendalami penanamam nilai-nilai aqidah pada siswa SMK. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan peneliti mendapat informasi bahwa strategi penanaman pendidikan aqidah berjalan sepanjang waktu peserta didik belajar. Rincinya, penanaman tersebut berjalan tidak hanya waktu proses pembelajaran berlangsung, tetapi juga ketika di rumah dan di sekolah kemudian, proses penanaman pendidikan aqidah guru perlu menyiapkan materi, menentukan media yang cocok, serta penilaian yang panjang. Seperti absensi yang unik memilki dampak yang bagus terhadap respon peserta didik. Lantas, ketika berada pada masa pandemi Covid-19 rancangan tersebut dapat dikonversi ke versi online dengan melibatkan orang tua dalam membimbing.

Full Text:

PDF

References

’Aisy, R. R., Afifulloh, M., & Ertanti, D. W. (2019). Strategi Guru Aqidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs Almaarif 01 Singosari. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 4(6), 65–71.

Fardani, D. N. (2019). Pembelajaran Aqidah Akhlak dengan Strategi Inkuiri untuk Membentuk Karakter Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Turus Kabupaten Klaten. Inventa, 3(1), 87–95. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1810

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Hidayati, M., Tohiroh, L., & Istyarini. (2017). Indonesian Journal of Curriculum Evaluasi Program Pendidikan Akhlak di Full Day School Sekolah Dasar Islam Terpadu. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(1), 10–21.

Irfangi, M. (2017). Implementasi Metode Kisah dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah. Jurnal Kependidikan, 5(1), 87–104. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1255

Jayanti, D., Septiani, J. I., Sayekti, I. C., Prasojo, I., & Yuliana, I. (2021). Pengenalan Game Edukasi sebagai Digital Learning Culture pada Pembelajaran Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 184–193. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15735

Kamal, F. (2017). Strategi Inovatif Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN Wonosobo Jawa Tengah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 4(1), 45–55.

Khamal, S. Y. B. (2020). Tantangan Pembelajaran Olahraga dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajara, 2(2), 28–35.

Mahsun. (2019). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Raja Grafindo Persada.

Mayangsari, G. N. K. (2017). Pendidikan Aqidah dalam Perpekstif Hadist. Jurnal Tranformatif, 1(1), 48.

Moelong, L. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya.

Muslim, A., Ayuni, D. P., Wipradharma, M., & Wiyanti, H. (2021). Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an sebagai Upaya Penanaman Karakter Islami di SMP Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 3(2), 128–134. https://doi.org/10.23917/blbs.v3i2.14277

Pramudya, K. (2020). Artikel Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Dalam. April.

Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561

Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sawitri. (2021). Nilai Kemandirian dalam Wacana Ungkapan Hikmah di SD Sekaresidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan, 30(1), 73–80.

Purnomo, H., Mansir, F., Tumin, T., & Suliswiyadi, S. (2020). Pendidikan Karakter Islami pada Online Class Management di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 91–100. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3456

Putra, F. R., Imron, A., & Benty, D. D. N. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Sopan Santun melalui Pembelajaran Akidah Akhlak. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 73–82.

Restiyanti, D., Purnomo, E., Wahyudi, A. B., & Sifudin, Fakhrur, M. (2021). Menggali Nilai Karakter dalam Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Fundadikdas, 4(3), 241–255.

Rosyadi, I., & Shobahiya, M. (2016). Agama. LPPIK UMS.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabetas.

Taufik, A. (2016). Pendidikan Agama Islam,. LPPMP UNS.

Thamrin, M.Si, H., & Yatimin, Y. (2017). Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak melalui Pendekatan Sufistik untuk Madrasah Tsanawiyah Propinsi Riau. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 16(1), 152–175. https://doi.org/10.24014/af.v16i1.3666

Article Metrics

Abstract view(s): 235 time(s)
PDF: 227 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.