Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Direct Learning (CODING) berbasis Home-Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD
Lusi Rahmawati(1*), Yulia Maftuhah Hidayati(2), Koesoemo Ratih(3)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ali, F. A. (2020). Sistem Homeschooling sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 38–47.
Amany, A. (2020). Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–11.
Amini, A. D., Subekti, E., Reni, D., & Pertiwi, K.,. (2020). Implementasi Model Pendidikan Alternatif dalam Pembelajaran dengan Homeschooling. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–7. http://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/13791
Ayuningtyas, S. A., Andreanto, D., & ... (2020). Pembentukan Nilai Religius dan Kreatif melalui Kegiatan Pendalaman Karakter. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 1(2), 25–28. https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/11966%0Ahttps://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/download/11966/5955
Florentina, N., & Leonard, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 96–106. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1877
Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar di Rumah bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209
Hermawan, H. D., Wardani, R., Chu, J., Darmawati, A., & Yarmatov, M. (2018, August). Adaptive mobile learning in the nearby wisdom app. In 2018 International Seminar on Intelligent Technology and Its Applications (ISITIA) (pp. 221-225). IEEE.
Khomsoh, R. (2013). Penggunaan media puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11.
Masriani. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Tematik Menggunakan Home Visit Method dalam Pembelajaran Luring di Masa Pandemi. Jurnal Estupro, 6(1), 26-35.
Ni’mah, R. F., & Mintohari. (2013). Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JPGSD, 2(1), 1–13.
Nuroniyah, A., & Khuriyah. (2021). Home Teaching Era Pandemi Covid-19 pada Siswa SD sebagai Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring. Warta LPM, 24(3), 466–475. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.14053
Pradnyana, P. B., Sudirman, I. N., & Janawati, D. P. A. (2020). Pendampingan Kegiatan Belajar di Rumah Secara Privat di Masa Pandemi Covid-19 Dilingkungan Kabupaten Bangli Bagian Utara. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 551. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3383
Pritandhari, M. P. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(1), 47–56. https://doi.org/10.24127/ja.v5i1.845
Purnomo, E., & Sabardila, A. (2020). Makna Referensial dalam Spanduk Antisipasi Korona di Gang Kampung dan Relevansinya sebagai Materi Ajar SMP. Proceeding of The URECOL, 34–40.
Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.108
Sabela, R. A., Anggraeni, P. S., & Muhid, A. (2021). Layanan Home Visit dalam Mengatasi Permasalahan Motivasi Belajar pada Siswa: Literature Review. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 17-23.
Sholeh, A. (2021). Implementasi Pendekatan Home Visit Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid–19. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(1), 80–89. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i1.5155
Sunarsih, S. (2020). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik melalui Model Pembelajaran Direct Instruktion pada Siswa Kelas II SDN 01 Mojorejo Kota Madiun Tahun Pelajaran 2017-2018. Journal Revolusi Pendidikan, 3(1), 63–71.
Wiyono, D. F., & Masruri, N. (2021). Program “Home Visit” dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(1), 51-56.
Article Metrics
Abstract view(s): 434 time(s)PDF: 410 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.