Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Direct Learning (CODING) berbasis Home-Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD

Lusi Rahmawati(1*), Yulia Maftuhah Hidayati(2), Koesoemo Ratih(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model cooperative direct learning berbasis home-visit dan guna mengetahui motivasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Direct Learning berbasis home-visit pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Sroyo di lingkungan Beluk Kidul. Model pembelajaran cooperative direct learning berbasis home-visit merupakan gabungan model pembelajaran cooperative learning dan direct instruction yang dilakukan secara luring dari rumah atau kunjungan guru ke rumah siswa maupun siswa ke rumah guru dalam proses belajar yang memudahkan siswa untuk memahami materi pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok dan penjelasan materi secara berurutan tahap demi tahap. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sampel yang digunakan merupakan siswa kelas IV SD Negeri 01 Sroyo di lingkungan desa Beluk Kidul yang berjumlah 2 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat dilihat bahwa siswa kelas IV SD Negeri 01 Sroyo di lingkungan Beluk Kidul mengalami banyak hambatan belajar selama pembelajaran daring sehingga membuat motivasi belajar siswa menurun. Maka dari itu diperlukan implementasi model pembelajaran yang tercantum dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta penciptaan media pembelajaran dalam belajar dirumah selama pandemi Covid-19. Modifikasi Model pembelajaran Cooperative Direct Learning (CODING)  berbasis home-visit serta media pembelajaran Puzzle Pintar memberikan dampak positif yaitu siswa menjadi lebih nyaman, riang, dan gembira dalam mengikuti pembelajaran dengan berkelompok menggunakan media pembelajaran, selain itu siswa menjadi lebih mudah memahami materi yang diberikan.

Full Text:

PDF

References

Ali, F. A. (2020). Sistem Homeschooling sebagai Penunjang Efektivitas Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 38–47.

Amany, A. (2020). Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Pelajaran Matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–11.

Amini, A. D., Subekti, E., Reni, D., & Pertiwi, K.,. (2020). Implementasi Model Pendidikan Alternatif dalam Pembelajaran dengan Homeschooling. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2), 1–7. http://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/13791

Ayuningtyas, S. A., Andreanto, D., & ... (2020). Pembentukan Nilai Religius dan Kreatif melalui Kegiatan Pendalaman Karakter. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 1(2), 25–28. https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/11966%0Ahttps://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/download/11966/5955

Florentina, N., & Leonard, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 96–106. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1877

Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar di Rumah bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209

Hermawan, H. D., Wardani, R., Chu, J., Darmawati, A., & Yarmatov, M. (2018, August). Adaptive mobile learning in the nearby wisdom app. In 2018 International Seminar on Intelligent Technology and Its Applications (ISITIA) (pp. 221-225). IEEE.

Khomsoh, R. (2013). Penggunaan media puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-11.

Masriani. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Tematik Menggunakan Home Visit Method dalam Pembelajaran Luring di Masa Pandemi. Jurnal Estupro, 6(1), 26-35.

Ni’mah, R. F., & Mintohari. (2013). Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JPGSD, 2(1), 1–13.

Nuroniyah, A., & Khuriyah. (2021). Home Teaching Era Pandemi Covid-19 pada Siswa SD sebagai Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring. Warta LPM, 24(3), 466–475. https://doi.org/10.23917/warta.v24i3.14053

Pradnyana, P. B., Sudirman, I. N., & Janawati, D. P. A. (2020). Pendampingan Kegiatan Belajar di Rumah Secara Privat di Masa Pandemi Covid-19 Dilingkungan Kabupaten Bangli Bagian Utara. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 551. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3383

Pritandhari, M. P. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 5(1), 47–56. https://doi.org/10.24127/ja.v5i1.845

Purnomo, E., & Sabardila, A. (2020). Makna Referensial dalam Spanduk Antisipasi Korona di Gang Kampung dan Relevansinya sebagai Materi Ajar SMP. Proceeding of The URECOL, 34–40.

Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.108

Sabela, R. A., Anggraeni, P. S., & Muhid, A. (2021). Layanan Home Visit dalam Mengatasi Permasalahan Motivasi Belajar pada Siswa: Literature Review. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 17-23.

Sholeh, A. (2021). Implementasi Pendekatan Home Visit Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid–19. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(1), 80–89. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i1.5155

Sunarsih, S. (2020). Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik melalui Model Pembelajaran Direct Instruktion pada Siswa Kelas II SDN 01 Mojorejo Kota Madiun Tahun Pelajaran 2017-2018. Journal Revolusi Pendidikan, 3(1), 63–71.

Wiyono, D. F., & Masruri, N. (2021). Program “Home Visit” dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(1), 51-56.

Article Metrics

Abstract view(s): 434 time(s)
PDF: 410 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.