Pemanfaatan Metode “Debur Gula” dalam Pembelajaran Tematik yang Aktif dan Menyenangkan

Salsabila Anindya Putri(1*), Fitri Puji Rahmawati(2), Eko Purnomo(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Terdapat beberapa faktor yang mampu mempengaruhi motivasi belajar siswa, salah satunya adalah pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran oleh guru. Mengingat pentingnya motivasi siswa dalam belajar, peneliti ingin mengimplementasikan metode pembelajaran menyenangkan dan aktif dalam pembelajaran tematik agar pembelajaran menjadi lebih interaktif dan transfer materi kepada siswa menjadi lebih bermakna. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendekripsikan penerapan metode debat seru dan gubah lagu dalam pembelajaran tematik siswa sekolah dasar serta untuk mengetahui manfaat metode debat seru dan gubah lagu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik. Subjek penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas V sekolah dasar di daerah Jurug, Mojosongo, Boyolali. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan studi literatur. Berdasarkan hasil penelitian, metode Debat Seru dilaksanakan dengan mengaitkan topik debat pada materi yang sesuai dengan kehidupan dan lingkungan sekitar siswa. Pada metode Gubah Lagu, dilaksanakan dengan cara mengajak siswa untuk bersama-sama menggubah lirik lagu daerah dengan materi pelajaran yang terkait. Dengan menerapkan metode tersebut dalam pembelajaran, memberikan kesempatan bagi siswa untuk menghubungkan materi dengan pengetahuan yang telah dimilikinya. Selain itu dapat membantu siswa dalam memotivasinya untuk belajar memahami materi yang dibahas, siswa akan menjadi senang dan turut aktif mengikuti kegiatan pembelajaran.

Full Text:

PDF

References

Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2021). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2), 87–92. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420

Damayanti, N. P. A. P., Ketut Pudjawan, & I Made Suarjana. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemamampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA, 4(1), 1–10.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.

Huda, M., Purnomo, E., Anggraini, D., Prameswari, D. H., Surakarta, U. M., Pendidikan, M., Indonesia, B., Surakarta, U. M., Order, H., & Skills, T. (2021). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Materi dan Soal pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Terbitan Kemdikbud RI. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 16(02), 128–143. https://doi.org/10.23887/prasi.v15i01.40671

Irwansyah, F. S., Yusuf, Y. M., Sugilar, H., Nasrudin, D., Ramdhani, M. A., & Salamah, U. (2019). Implementation of Fun Science Learning to Increase Elementary School Students’ Skill in Science and Technology. Journal of Physics, 131, 1–6.

Ishak, N. M., Yunos, M. M., Amat, S., Bakar, A. Y. A., & Subhan, M. (2019). Effect of Fun Learning Enrichment Program (FLEP) on At-Risk Students’ Motivation and Aspiration to Learn. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 2(2), 39–49.

Monalisa, V., & Zaiyasni. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Active Debate (Debat Aktif) Kelas IVSekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2526–2540.

Muzaqi, A., Ratih, K., & Sutopo, A. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Bimbel pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(2), 70–77.

Nawawi, H. (2003). Manajemen SDM untuk Bisnis yang Kompetitif. Gadjah Mada University Press.

Rahmawati, F. P., Muhroji, M., & Ratnasari Diah Utami. (2014). Implementasi Model Pembelajaran “BERKAT ANANG” di Kalangan Siswa Pendidikan Dasar Berbudaya Jawa. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 109–120.

Sari, N. L. G. L. C., Wiyasa, K. N., & Negara, G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Lagu Daerah terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Adat dan Budaya Indonesia, 2(2), 83–92.

Subali, B., Idayani, & Handayani, L. (2012). Pengembangan CD Pembelajaran Lagu Anak untuk Menumbuhkan Pemahaman Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 1, 26–32.

Tahun, N. C., Mufidah, S. N., Antika, R. N., & Santoso, A. (2020). Penerapan Metode Card Sort dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VII SMP. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(1), 1–5.

Tsuroyya, E. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Gubah Lagu. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 37–48.

Yin, R. (2003). Case Study Research: Design and Method. Journal of Social Sciences, 68–90.

Article Metrics

Abstract view(s): 146 time(s)
PDF: 80 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.