Pemanfaatan Metode “Debur Gula” dalam Pembelajaran Tematik yang Aktif dan Menyenangkan
Salsabila Anindya Putri(1*), Fitri Puji Rahmawati(2), Eko Purnomo(3)(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2021). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2), 87–92. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420
Damayanti, N. P. A. P., Ketut Pudjawan, & I Made Suarjana. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemamampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD UNDIKSHA, 4(1), 1–10.
Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta.
Huda, M., Purnomo, E., Anggraini, D., Prameswari, D. H., Surakarta, U. M., Pendidikan, M., Indonesia, B., Surakarta, U. M., Order, H., & Skills, T. (2021). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Materi dan Soal pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Terbitan Kemdikbud RI. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 16(02), 128–143. https://doi.org/10.23887/prasi.v15i01.40671
Irwansyah, F. S., Yusuf, Y. M., Sugilar, H., Nasrudin, D., Ramdhani, M. A., & Salamah, U. (2019). Implementation of Fun Science Learning to Increase Elementary School Students’ Skill in Science and Technology. Journal of Physics, 131, 1–6.
Ishak, N. M., Yunos, M. M., Amat, S., Bakar, A. Y. A., & Subhan, M. (2019). Effect of Fun Learning Enrichment Program (FLEP) on At-Risk Students’ Motivation and Aspiration to Learn. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 2(2), 39–49.
Monalisa, V., & Zaiyasni. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Active Debate (Debat Aktif) Kelas IVSekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2526–2540.
Muzaqi, A., Ratih, K., & Sutopo, A. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Bimbel pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 1(2), 70–77.
Nawawi, H. (2003). Manajemen SDM untuk Bisnis yang Kompetitif. Gadjah Mada University Press.
Rahmawati, F. P., Muhroji, M., & Ratnasari Diah Utami. (2014). Implementasi Model Pembelajaran “BERKAT ANANG” di Kalangan Siswa Pendidikan Dasar Berbudaya Jawa. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 109–120.
Sari, N. L. G. L. C., Wiyasa, K. N., & Negara, G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Lagu Daerah terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Jurnal Adat dan Budaya Indonesia, 2(2), 83–92.
Subali, B., Idayani, & Handayani, L. (2012). Pengembangan CD Pembelajaran Lagu Anak untuk Menumbuhkan Pemahaman Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 1, 26–32.
Tahun, N. C., Mufidah, S. N., Antika, R. N., & Santoso, A. (2020). Penerapan Metode Card Sort dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VII SMP. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(1), 1–5.
Tsuroyya, E. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Gubah Lagu. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 37–48.
Yin, R. (2003). Case Study Research: Design and Method. Journal of Social Sciences, 68–90.
Article Metrics
Abstract view(s): 146 time(s)PDF: 80 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.