Installation Of Language In Communicating Early Children Age 5-6 Years
Aulia Setyaningsih(1*), Sri Katoningsih(2)(1) Department of Early Childhood Teacher Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Department of Early Childhood Teacher Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Aim This study aims to examine the literature, articles and research documents that identify language maturation in communication in children aged 5-6 years. Method This study is a qualitative study with a literature review method based on reviews of national journals and international journals. The sampling technique used is reference in the form of primary articles of less than 20, 15 national journals with a period of 5 years and international journals with a period of 7 years that are quality, accredited and reputable. The results indicate that language maturation in communication can be done by sharing ways such as using flash cards, letterbox media, using songs during learning, using audio-visual media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhani, D. N., Khofifah, N., & Yuanita, D. (2016). Meningkatkan Perkembangan Bahasa dengan Media Flash Card pada Anak Usia Dini di Desa Sanan Rejo Kabupaten Malang. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 109-117.
https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3494
Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: UNISSULA.
Amalia, H. F., Rahmadi, F. A., & Anantyo, D. T. (2019). HUBUNGAN ANTARA PAPARAM MEDIA LAYAR ELEKTRONIK DAN PERKEMBANGAN BAHASA DAN BICARA. JURNAL KEDOKTERAN DIPONEGORO, 8(3), 979-990. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico/article/view/24432
Aminah, S. (2016). Pengaruh Musik Islami Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 6(2), 92-101 http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/elbanat/article/view/2884
Azhar Arsyad, Media Pengajaran (Jakarta:RajaGrafindo Persada, 1997),3
Ekino, 2015. Scientific Opinion on health benefits of seafood (fish and shellfish) con- sumption in relation to health risks associated with exposure to methylmercury. EFSA J. 13 (1), 3982 (E.F.S. Authority, Editor, 36 pp.
Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1-14.
http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/4675
Hidayat AA. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika; 2008.
Joni, J. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (3-5 Tahun) Di PAUD Al- Hasanah Tahun 2014. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 42-48. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/54
Karimah, I., & Komalasari, D. (2019). Literasi Pemerolehan Bahasa Kedua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di TK ABA 45 Lamongan). PAUD Teratai, 8(1).
Kurniati, E. (2017). Perkembngan Bahasa Pada Anak dalam Psikologi Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 47- 56. http://ji.unbari.ac.id/index.php/ilmiah/article/view/401
Mahfud Shalahuddin, Media Pendidikan Agama (Bandung : Bina Islam, 1986), 4.
Miswar, F. M. 2015. Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Bahasa dan Bicara Pada Balita Di Posyandu Gonilan Surakarta. Surakarta: Skripsi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, D. R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 5(1), 61-67.
https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JDK/article/view/3643
Nurlaila, M. (2016). Pengaruh Bahasa Daerah (Ciacia) Terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia 2 Sampai 6 Tahun Di Desa Holimombo Jaya. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2).
https://www.ojs.unm.ac.id/retorika/article/view/3801
Oemar Hamalik, Media Pendidikan (Bandung : Citra Aditya, 1989), 12.
Putra, A. Y., Yudiernawati, A., & Maemunah, N. (2018). Pengaruh pemberian stimulasi oleh orang tua terhadap perkembangan bahasa pada anak usia Toddler di PAUD Asparaga Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3(1).
https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/828
Rifaldi, A. A. R. (2020). Pengaruh Lagu Dewasa Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia tiga tahun. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 1-6. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jurnalmembaca/article/view/7201/5446
Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal PG- PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2), 92- 98.
https://eco-entrepreneur.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3490
Sumaryanti, L. (2017). Peran Lingkungan terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(01), 72-89. http://journal.umpo.ac.id/index.php/muaddib/article/view/552
Sumaliwati, N. P. H. S., Jampel, I. N., Asril, N. M., & Psi, S. (2015). Penerapan Metode Bermain Dengan Media Kotak Huruf Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak Kelompok B Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2016 Di TK Wija Kusuma II Perean. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha,3(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/5886
Wati, N. S. (2018). Pengaruh Stimulasi Mendengarkan Lagu Dan Bernyayi Terhadap Perkembangan Berbahasa Pada Anak Usia Dini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 75-84.
http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/1081
Yasbiati, Y., Pranata, O. H., & Fauziyah, F. (2017). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Sunda Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK PGRI Cibeureum. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 20-29.
Article Metrics
Abstract view(s): 209 time(s)PDF: 274 time(s)
Refbacks
- There are currently no refbacks.