Prototipe Sistem Parkir Gantung Berputar Ke Atas berbasis Programmable Logic Control Dilengkapi Human Machine Interface

Agus Supardi(1*), Muhammad Sadam Husien(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Meningkatnya ekonomi masyarakat semakin menambah jumlah mobil pribadi yang digunakan sebagai alat transportasi. Kekurangan lahan parkir mobil merupakan salah satu masalah parkir di instansi pemerintahan dan swasta. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah prototipe sistem parkir gantung berputar ke atas. Sistem parkir ini berbasis PLC (Programable Logic Control) sebagai kendali utama dengan penambahan HMI (Human Machine Interface) sebagai tampilan penghubung antara manusia dan mesin. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah ladder diagram yang dibuat dengan menggunakan perangkat lunak CX-Programmer dan NB-Designer. Prototipe sistem parkir yang dirancang mempunyai memiliki 6 slot tempat parkir, terdapat 1 pintu masuk dan memiliki lampu indikator untuk mengetahui tempat parkir dalam keadaan kosong atau penuh. Prototipe ini dibuat dengan menggunakan kerangka besi holo berdiameter 1,5 x 3 cm dengan konveyor rantai untuk mengangkut miniature mobil yang diparkir. Ladder diagram berisi perintah untuk memasukkan dan mengeluarkan mobil, serta menghitung jumlah mobil yang terparkir. Pada bagian antarmuka disematkan HMI untuk mempermudah pengoperasian. Pengujian prototipe dilakukan dengan cara memasukkan mobil secara urut sampai tempat parkir penuh kemudian dilanjutkan dengan simulasi masuk / keluar secara acak. Hasil pengujian menunjukkan prototipe sistem parkir telah bekerja sesuai dengan yang direncanakan.

Keywords

Sistem parkir gantung berputar; Programable Logic Control; Human Machine Interface

Full Text:

PDF

References

H. Rehborn, B. S. Kerner, and R.P Sch¨afer. (2012). “Traffic jam warning messages from measured vehicle data with the use of three-phase traffic theory”. Adv. Microsystems for Automotive Applications 2012, pp. 241–250, Springer Berlin Heidelberg

W. Wang, Y. Song, J. Zhang, and H. Deng. (2014). “Automatic parking of vehicles: A review of literatures”. Int. J. Of Automotive Technology, 15(6):967–978, Oct 2014.

G. Serpen and C. Dou. (2015). “Automated robotic parking systems: real-time, concurrent and multi-robot path planning in dynamic environments”. Applied Intelligence, 42(2):231– 251, Mar 2015.

Gomez-Gil, Jaime, dkk. (2011). Steering a tractor by means of an EMG-based human-machine interface. Department of Signal Theory, Communications and Telematics Engineering, University of Valladolid

Azman, M.A.H, dkk. (2018). A comparative study of fuzzy logic controller and artificial neural network in speed control of separately excited DC motor. Universiti Teknologi MARA.

Patti, Sanjeev Kumar. (2016). “Automation of belt conveyor system. International Journal of Emerging Technology in Computer Science & Electronics (IJETCSE), 23(6) – October 2016 (Special Issue)

Article Metrics

Abstract view(s): 665 time(s)
PDF: 567 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.