Analisis Kapasitas Tanggul Sungai Kali Lamong Akibat Banjir Tahunan dalam Kondisi Terendam Sebagian dan Seluruhnya dengan Software Hec-Ras 5.0

Cahyono Ikhsan(1*)

(1) Prodi Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Sungai Kali Lamong setiap tahun mengalami banjir disebabkan debit aliran yang masuk ke penampang lebih besar dari daya tampungnya. Kapasitas tampungan berkurang karena adanya tumpukan sedimen di dasar sungai yang mengakibatkan kapasitas tampungan menjadi kecil, sehingga air melimpas melewati penampang namun masuh ditahan oleh tanggul kanan kiri sungai. Tanggul mengekang air banjir sehingga permukaan air meningkat, menggenang dan merendam tanggul mulai dasar sampai dengan puncak tanggul. Sungai Kali Lamong memiliki penampang berbentuk trapezium,  dengan lebar bawah  30 m dan lebar atas 40 m dengan kedalaman penampang 6 m. Tinggi tubuh tanggul pada kanan kiri penampang sungai adalah 2,1 m dan elevasi puncak mencapai +6,50 m. Analisis debit banjir rancangan dengan software HEC-RAS versi 5.0 dimulai dari debit air normal sampai dengan debit air banjir kritis puncak tanggul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa debit aliran 100 m3/dt setara dengan elewasi muka air laut, sedangkan debit 1000 m3/dt setara dengan elevasi maksimal permukaan sungai dan pada debit rancangan 1500 m3/dt, ketinggian muka air banjir mencapai elevasi  puncak tanggul.

Kata kunci: sungai kali lamong,kapasitas tanggul, debit banjir

Full Text:

PDF

References

Barid, B. dan Yacob, M., 2007 "Perubahan Kecepatan Aliran Sungai," Jurnal Ilmiah Semesta Teknika, vol. 10, no. 1, pp. 14-20.

Hydrologic Engineering Center. 2015. HEC-RAS River Analysis System (Application Guide), US Army Corps of Engineers. Davis, CA.

Murniningsih, S., 2018, "Pengaruh Terhadap Pergerakan Meander," Indonesian Journal of Construction Engineering and Sustainable Development (Cesd), vol. 1, no. 2, pp. 45-52.

Triadmodjo, B., 2009. Hidraulika II. Betta Ofset, Yogyakarta.

Article Metrics

Abstract view(s): 488 time(s)
PDF: 793 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.