Analisis Produktivitas Alat Berat Dan Biaya Pekerjaan Pemindahan Tanah Pada Pembangunan RSUD Pondok Aren Tangerang Selatan

Anto Budi Listyawan(1*), Muhammad Nur Sahid(2), Gotot Slamet Mulyono(3), Hanry Khairurizal Fadhlullah(4)

(1) Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Proyek pembangunan RSUD Pondok Aren menggunakan alat-alat berat pada dalam pekerjaan tanahnya. Untuk mengetahui kemampuan alat berat dalam setiap pekerjaan perlu dilakukan analisis alat berat excavator Komatsu PC50, excavator Hitachi Zx 210-5, three wheel roller Sakai KD7610 dan dump truck Colt FE SHD yang digunakan sehingga dapat mengetahui jumlah produktivitas dan biaya alat berat. Dalam penelitian ini dilakukan analisis untuk mendapatkan besarnya produktivitas, waktu, dan biaya alat berat berdasarkan data rencana dan data saat pelaksanaan untuk dilakukan perbandingan antara saat perencanaan dan pelaksanaan. Berdasarkan hasil analisis didapatkan produktivitas alat berat berdasarkan data pabrikasi lebih besar dibandingkan dengan saat pelaksanaan sehingga pada pelaksanaan dibutuhkan waktu 95 hari lebih lama dibandingkan waktu rencana. Besarnya biaya yang dikeluarkan pada pelaksanaan sebesar Rp 205.800.000 sedangkan pada perencanaan sebesar Rp.559.397.556 dengan selisih biaya pelaksanaan dan biaya perencanaan sebesar Rp 353.597.556 dimana biaya pada pelaksanaan lebih murah dibandingkan dengan perencanaan.

Full Text:

PDF

References

Arsyad, T. T., & Mangare, J. B. (2020). Analisa Perhitungan Produktivitas Alat Berat Pada Pekerjaan Pematangan Lahan Pembangunan Tower Sutet Likupang-Paniki.

Baktiar, A. Y. (2017). Analisa Produktivitas Penggunaan Alat Berat Pada Pekerjaan Tanah dan Pondasi Pada Proyek Pembangunan Gedung pendidikan Profesi Guru Universitas Malang.

Kaprina, A., Winarto, S., & SP, Y. C. (2017). Analisa Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung. Produktivitas Alat Berat Pada Proyek Pembangunan Gedung

Putra, D. H. (2018). Analisa Produktivitas Kombinasi Alat Berat Pada Pekerjaan Pemindahan Tanah Proyek Pembangunan Gedung Kuliah Fakultas Hukum UII.

Rochmanhadi. (1992). Alat-Alat Berat dan Penggunaanya . Jakarta : Yayasan Badan Penerbit Pekerjaan Umum.

Rohman, M. (2016). Analisa Produktivitas Alat Berat Pada Pekerjaan Tanah dan Pondasi Di Proyek Pembangunan Gedung Laboratorium Riset (GMP dan GLP) Biogas Univeritas Brawijaya Malang.

Rostiyanti, S. F. (2008). Alat Berat Untuk Proyek Kontruksi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sahid, M. N. (n.d.). Teknik Pelaksanaan Kontruksi Bangunan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Sahid, M. N., & Masitoh, S. (2019). Kajian Produktivitas Alat Berat Terhadap Waktu Pelaksanaan Proyek Bendungan Bendo .

Sheikh, A., & M, L. (2016). Application of queuing Theory for Effective Equipment Utilization and Maximization of Productivity in Construction Management.

Tenriajeng, A. T. (2003). Pemindahan Tanah Mekanis. Jakarta: Penerbit Gunadarma.

Article Metrics

Abstract view(s): 887 time(s)
PDF: 1545 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.