Review Model Waktu Pelaksanaan Konstruksi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepingan

Yanti Yanti(1*), Alfia Magfirona(2)

(1) Universitas Tarumanegara Jakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Landasan pacu merupakan salah satu hal sederhana yang minimal dimiliki oleh bandar udara sebagai jalur perkerasan yang dipergunakan oleh pesawat terbang untuk mendarat (landing) dan melakukan lepas landas (take off). Kualitas landasan pacu diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan keselamatan penerbangan sebagai infrastruktur yang digunakan untuk akses utama pesawat terbang dalam melakukan pergerakan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualtitatif, studi literatur, serta kajian model SmartPLS. Berdasarkan hasil studi literature yang dilakukan diperoleh beberapa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan proyek konstruksi meliputi pembebasan lahan, rehabilitasi, izin lingkungan, teknologi atribut, klien, kontraktor, konsultan berdasarkan frekuensi, tingkat keparahan, indeks kepentingan, dan kebutuhan tim proyek dari semua pemangku kepentingan. Selain itu, pada proyek bandara beberapa hal yang berpengaruh terkait dengan pengembangkan model kuantitatif yang mengintegrasikan beberapa elemen yang relevan dalam perencanaan M&R trotoar landasan pacu bandara, analisis secara visual kerusakan landasan pacu dengan PC serta perampingan informasi yang berpengaruh dalam implementasi sistem berbasis web pada proyek, serta analisis dimensi kualitatif (penyebab penundaan) dan kuantitatif (kinerja waktu) dari masalah penundaan menggunakan dua indikator yaitu Reason for Noncompliance (RNC) sebagai penyebab keterlambatan dan Delay Index (DI) sebagai indikator penundaan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian review ini untuk menentukan variabel yang dapat dianalisis dengan smartPLS untuk menentukan berapa besar pengaruh faktor tersebut.

Full Text:

PDF

References

Adelman, I., & Taylor, J. E. (1990). Is structural adjustment with a human face possible? The case of Mexico. The Journal of Development Studies, 26(3), 387–407.

Assaf, S. A., & Al-Hejji, S. (2006). Causes of delay in large construction projects. International Journal of Project Management, 24(4), 349–357.

Bagaya, O., & Song, J. (2016). Empirical study of factors influencing schedule delays of public construction projects in Burkina Faso. Journal of Management in Engineering, 32(5), 5016014.

Clough, R. H., Sears, G. A., & Sears, S. K. (2000). Construction project management. John Wiley & Sons.

Creswell, J. W., Hanson, W. E., Clark Plano, V. L., & Morales, A. (2007). Qualitative research designs: Selection and implementation. The Counseling Psychologist, 35(2), 236–264.

Doloi, H. (2014). Rationalizing the implementation of web-based project management systems in construction projects using PLS-SEM. Journal of Construction Engineering and Management, 140(7), 4014026.

Ervianto, W. I. (2005). Manajemen proyek konstruksi. Andi, Yogyakarta.

Gonzalez, P., González, V., Molenaar, K., & Orozco, F. (2014). Analysis of causes of delay and time performance in construction projects. Journal of Construction Engineering and Management, 140(1), 4013027.

Horonjeff, R., McKelvey, F. X., Sproule, W., & Young, S. (1962). Planning and design of airports (Vol. 3). McGraw-Hill New York.

Iyer, K. C., & Banerjee, P. S. (2016). Project ambidexterity: case of recovering schedule delay in a brownfield airport project in India. Organization, Technology & Management in Construction: An International Journal, 8(1), 0.

Ling, F. Y. Y., Chan, S. L., Chong, E., & Ee, L. P. (2004). Predicting performance of design-build and design-bid-build projects. Journal of Construction Engineering and Management, 130(1), 75–83.

Margareth, L., & Sarti, R. (2002). Tra Südtirol e Alto Adige. Voci da un terra di confine.

Moetriono, H. (2012). Analisis Perpanjangan Landas Pacu (Runway) Dan Komparasi Biaya Tebal Perkerasan (Studi Kasus pada Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang). EXTRAPOLASI, 5(01).

Sepasgozar, S. M., Razkenari, M. A., & Barati, K. (2015). The importance of new technology for delay mitigation in construction projects. American Journal of Civil Engineering and Architecture, 3(1), 15–20.

Setiaman, S. (2020). Analisa Parsial Model Persamaan Struktural Dengan Software SMART-PLS Versi 3.

Setiawan, A., & Setiawan, D. (2020). Analisis perencanaan ulang tebal perkerasan runway dengan metode LCN, metode CBR dan metode bina marga 2018 (studi kasus: bandara internasional yogyakarta) analysis of runway pavement thickness planning using LCN, CBR and bina marga 2018 methods (Case Study). University Technology Yogyakarta.

Sutandi, A. C., & Dhanesworo, D. R. (2015). Relocation of parking area in order to deliver better parking characteristics.

Vargas, T. L. S. & L. G. (2001). Models, Methods, Concepts & Applications of the Analytic Hierarchy Proccess (1st Editio). Springer Science+Business Media, LCC.

Yanti, Sunarjono, S., Riyanto, A., Hidayati, N., & Magfirona, A. (2019). Visual assessment deterioration analysis of runways at Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Airport Balikpapan. AIP Conference Proceedings, 2114(1), 50001.

Zou, B., & Madanat, S. (2012). Incorporating delay effects into airport runway pavement management systems. Journal of Infrastructure Systems, 18(3), 183–193.

Article Metrics

Abstract view(s): 238 time(s)
PDF: 330 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.