Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Bersinyal (Studi Kasus Simpang Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Nurul Hidayati(1*), Muhammad Rizki Agung Nugroho(2), Gotot Slamet Mulyono(3), Alfia Magfirona(4)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(4) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Kemacetan lalu lintas sering terjadi di simpang karena merupakan tempat bertemunya berbagai pergerakan yang tidak sama arahnya. Perbedaan tersebut dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas, seperti yang terjadi di simpang bersinyal sekitar gerbang utama Universitas Muhammadiyah Surakarta. Simpang ini berada pada pusat tarikan pergerakan karena berdekatan dengan pusat perbelanjaan modern, perkantoran, dealer kendaraan, kampus dan rumah sakit. Adanya halte Batik Solo Trans di sekitar simpang tersebut juga menyebabkan adanya aktivitas bus yang berhenti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi simpang bersinyal yang terjadi pada saat peak hour pagi dan siang. Evaluasi yang dilakukan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, dengan parameter utama penilaian kinerja adalah derajat kejenuhan, antrian dan tundaan. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa arus simpang tertinggi adalah 3123,7 smp/jam yang terjadi pukul 13.30-14.30, dengan volume pendekat tertinggi ada di Barat sebesar 1572,9 smp/jam. Kapasitas pada pendekat ini adalah sebesar 879,8 smp/jam, sehingga diperoleh derajat kejenuhan sebesar 1,71. Nilai ini sudah melebihi standar yang ditentukan yaitu sebesar 0,85. Selain Barat, pendekat lain yang tidak memenuhi adalah Utara dan Timur fase 1. Oleh karena itu simpang dianggap sudah tidak layak lagi. Berdasarkan hasil tersebut, maka simpang perlu dilakukan perbaikan, diantaranya melalui pengaturan ulang sinyal (baik fase maupun waktu sinyal), maupun dengan memperbaiki kondisi lingkungan sekitarnya termasuk geometriknya.

Full Text:

PDF

References

Adeleke, O., Jimoh, Y. A., & Salami, A. (2013). Determination of capacity at traffic warden controlled intersection using fixed-time signalized intersection capacity model. Annals of Faculty Engineering Hunedoara - International Journal of Engineering Tome XI (2013) - Fascicule 3 (ISSN 1584 - 2673), 33-36.

Asnah, S. (2015). Analisis Hambatan Samping di Kawasan CBD Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus :Ruas Jalan Yos Sudarso, Surakarta) (TA Unpublished). UMS.

Chaudhry, M. S., & Ranjitkar, P. (2015). Traffic signal design with an increasing queue discharge rate. Asian Transport Studies, Volume 3, Issue 3, 328-344.

Chodur, J., Ostrowski, K., & Tracz, M. (2016). Variability of capacity and traffic performance at urban and rural signalized intersections. Transportation Research Procedia, 15, 87-99.

Ge, H., Zou, Z., & Zhou, Z. (2011). Evaluation of Intersection Performance under Atc System in Wuhan.

Hartanto, D.E., Hidayati, N., Mulyono, G.S., Magfirona, A. (2018). Analisis Hambatan Samping terhadap Kinerja Ruas Jalan Ahmad Yani pabelan Surakarta. Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi ke 21. Universitas Brawijaya, Malang.

Hidayati, N., Hartadi, M., Mulyono, G. S., & Setiyaningsih, I. (2016). Manajemen Lalu Lintas Berbasis Jaringan Guna Mengatasi Masalah Transportasi di Surakarta (Laporan Akhir Hibah PUPT). UMS.

Hidayati, N., Liu, R., & Montgomery, F. (2012). The Impact of School Safety Zone and Roadside Activities on Speed Behaviour: the Indonesian Case. 15th meeting of the EURO Working Group on Transportation (pp. 1339 – 1349). Elsevier Ltd.

Khisty, C. J., & Lall, B. K. (2005). Dasar-dasar Rekayasa Transportasi. Jakarta: Erlangga.

MKJI. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Bina Marga.

Morlok, E. K. (1991). Introduction to Transport Engineering and Planning (Pengantar teknik dan perencanaan transportasi) alih bahasa Johan Kelanaputra Hainim. Jakarta: Erlangga.

Saputro, W. P. (2007). Pengaruh Kambatan Samping terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas (Studi Kasus di Jalan Jenderal Sudirman, Salatiga) (TA Unpublished). UMS.

Article Metrics

Abstract view(s): 338 time(s)
PDF: 603 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.