Analisis Karakteristik dan Kebutuhan Parkir Kendaraan Pada Rumah Sakit Karima Utama Surakarta

Gotot Slamet Mulyono(1*), Dwi Eko Saputra(2), Ika Setiyaningsih(3)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Rumah Sakit Karima Utama Surakarta adalah Rumah Sakit Khusus Bedah yang termasuk dalam Rumah Sakit dengan Tipe C untuk melayani kebutuhan medis masyarakat setempat. Fasilitas tersebut harus  memiliki fasilitas parkir yang cukup luas. Karena rumah sakit umumnya memiliki tempat parkir yang terbatas, sebagian bahu jalan diubah menjadi tempat parkir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik parkir dan perlu diperhatikan dalam pengelolaan ruang parkir. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa waktu masuk/keluar masing-masing kendaraan, diperoleh dalam format tabel dari server parkir rumah sakit mulai pukul 07.00 sd 19 18 dan  20 Januari 2020, 12 jam sehari. 00 WIB. Analisis didasarkan pada pedoman Direktur Perhubungan Darat 1998, termasuk akumulasi tempat parkir, pengindeksan tempat parkir, jam parkir, volume tempat parkir, roaming tempat parkir, dan permintaan tempat parkir. Menurut analisis hari Senin, kumulatif harian tertinggi adalah 132/15 menit dengan mobil dan 253/15 menit dengan sepeda motor. Rata-rata jumlah mobil per hari adalah 239/12 jam dengan mobil dan 540,5/12 jam dengan sepeda motor.. Indeks parkir tertinggi mobil penumpang sebesar 110.00% dan sepeda motor 110,48% dengan rata rata durasi  parkir harian untuk mobil penumpang adalah 197,86 menit dan untuk sepeda motor 156,84 menit. Tingkat turnover parkir mobil penumpang dan sepeda motor  tertinggi terjadi sebesar 2,45 dan sepeda motor sebesar 3,14.

Full Text:

PDF

References

Andesman, Rocky, Miro Fidel, Eriawan Tomi. (2016). Analisis Kebutuhan dan Karakteristik parkir Rumah Sakit Umum Daerah DR. M. Zein Painan. E-Jurnal Universitas Bung Hatta vol. 2 No. 3.

Anonim. (1998). Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Jakarta.

Hobbs, F.D. (1995). Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

LPM UGM (1992). Studi Kriteria Perancangan dan Kebutuhan Ruang Parkir Pada Pusat – Pusat Kegiatan. Yogyakarta: LPM UGM.

Machsus, Rachmad basuki, Achmad Faiz HP. (2018). Evaluasi Kebutuhan Ruang Parkir di Rumah Sakit Umum Daerah Soewandhie Surabaya. Jurnal. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Munawar, A. (2004). Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Yogyakarta: Beta Offset.

Prasetyo, James A. Timboeleng, Hanny Poli. (2014). Analisis kebutuhan ruang parkir pada kawasan pusat perdagangan Kota Tomohon. Journal Sabua Vol.6 No.3: hlm 333 – 340.

Salatin, Indra Safitri. (2016). Analisis Katakteristik Parkir Kendaraan Pada Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin. Makassar: Skripsi Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Sudjana. (2002). Metode Statistika, Bandung: Tarsito.

Suharno. (2007). Analisis kebutuhan dan Karateristik Parkir Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiayah Surakarta.

Suprianto, Joko, dan Mudjarnoko SW. (2015). Evaluasi Kinerja Parkir Di RSU Haji Surabaya. E-jurnal Spirit Patria vol.1 No.2.

Suwardi. (2002). Diktat Mata Kuliah Angkutan Umum. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tangkeallo, Avner Jr. (2017). Analisis karakteristik dan Pola parkir di Rumah Sakit Umum Pusat DR. Wahidin Sudirohusodo : Problem dan Solusinya. Jurnal. Makassar: Universitas Hasanuddin Makassar.

Tommy, Octavius. (2016). Analisis Kebutuhan Parkir Rumah Sakit ST.Antonius Pontianak Kalimantan Barat. Yogyakarta : Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Warpani. (2002). Merencanakan Sistem Transportasi. Bandung: ITB.

Widuri, Anisa Priyandini, Handayani Dewi, dan Setiono. (2017). Pemodelan Kebutuhan Ruang Parkir Pada Rumah Sakit umum Tipe B di Kota Jakarta Timur. Jakarta: Jurnal Matriks Teknik Sipil.

Article Metrics

Abstract view(s): 348 time(s)
PDF: 421 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.