Perbandingan Antara Metode USLE dan MUSLE Dalam Analisis Erosi Lahan Pada Daerah Tangkapan Air Waduk Cengklik

Jaji Abdurrosyid(1*), Krisna Dwi Aji Saputra(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract

Waduk Cengklik adalah waduk yang terletak di Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Waduk Cengklik sendiri memiliki fungsi utama sebagai pemasok air irigasi pada 3 kecamatan yaitu Sambi, Ngemplak, dan Nogosari. Oleh karena setiap tahunnya waduk cengklik mengalami penurunan tampungan air menyebabkan kurangnya pasokan air ke pertanian di 3 kecamatan terutama saat musim kemarau. Hal ini disebabkan oleh besarnya laju sedimentasi yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung laju sedimentasinya yang nantinya bisa dilakukan penangan agar sedimentasi di waduk bisa berkurang dan tampungan air pada waduk tidak berkurang. Prediksi erosi dan laju sedimentasi pada penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu USLE (Universal Soil Loss Equation)  dan MUSLE (Modified Universal Soil Loss Equation). Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai faktor erosifitas hujan (R) dari tahun 2010-2019, faktor erodibilitas tanah (K) sebesar 0,23, faktor panjang dan kemiringan lereng (LS) sebesar 0,4, faktor tanaman penutup lahan dan faktor tindakan konservasi (CP) sebesar 0,491 sehingga didapatkan besar erosi dan laju sedimentasi menggunakan Metode USLE sebesar 66,698 ton/ha/tahun dan 14,653 ton/ha/tahun. Lalu diperoleh nilai debit banjir maksimum (QP), volume aliran permukaan (VQ) dan limpasan permukaan (R) tahun 2010-2019 sehingga erosi dan laju sedimentasi menggunakan Metode MUSLE sebesar 35,106 ton/ha/tahun dan 7,713 ton/ha/tahun. Kemudian didapatkan rasio pembadingan antara Metode USLE dan MUSLE sebesar 1,90 : 1,00.

Full Text:

PDF

References

Abdurrosyid, Jaji. (2003). Transpor Sedimen. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Adhirahman, A.R., Tarigan, A.M., Irwandi, H. and Irsan, M., (2015). Penggunaan Metode USLE dan MUSLE dalam Analisa Erosi dan Sedimentasi di DAS Belawan. Medan: USU Press.

Arsyad, S. (2010). Konservasi Tanah dan Air. Edisi kedua cetakan kedua. Bogor: Penerbit IPB Pers.

Asdak C. (2007). Hidrologi dan Pengelolaan DAS. Yogyakarta (ID): Gajah Mada Univ. Press.

BBWS Bengawan Solo. (1990). Surakarta: Master Plane Perencanaan Pengelolaan Sumber Daya Air.

Desifindiana, dkk. (2013). Analisa Tingkat Bahaya Erosi pada DAS Bondoyudo Lumajang dengan Menggunakan Metode MUSLE. Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem, Vol 1, No 2. Malang: Universitas Brawijaya.

Hasibuan, M.N., Tarigan, A.M., Irwandi, H. and Irsan, M., (2017). Analisa Erosi Dan Sedimentasi Dengan Menggunakan Metode Usle Dan Musle Pada Kawasan Daerah Aliran Sungai Deli.

Krisnayanti, D. S dkk. (2018). Pendugaan Erosi dan Sedimentasi Menggunakan Metode USLE dan MUSLE pada DAS Nuel-Puames. Jurnal Teknik Sipil, Vol 7, No 2.

Lesmana, D.M.M., Cahyadi, T.A., SB, W.S.W., Nursanto, E. and Winarno, E., (2020), July. Perbandingan hasil prediksi laju erosi dengan metode usle, musle, rusle berdasar literatur review. In Prosiding Seminar Teknologi Kebumian dan Kelautan (SEMITAN) (Vol. 2, No. 1, pp. 307-312).

Nugraheni, Aprillya. (2013). Perbandingan Hasil Prediksi Laju Erosi dengan Metode USLE, MUSLE, RUSLE di DAS Keduang. E-Jurnal Matriks Teknik Sipil. 318-325.

Pudyastuti, PS, Yakan Annisa, F, dkk. (2021). The impact of land-use change on Cengklik Reservoir’s sedimentation rate, J. Phys.: Conf. Ser. 1858 012052

Rantung, M. Monica. (2013). Analisa Erosi dan Sedimentasi Lahan di sub DAS Panasen Kabupaten Minahasa. Jurnal Sipil Statik, Vol 1, No 5.

Rauf, A,. (2011). Dasar-Dasar Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Medan: USU Press.

Rantung, M.M., Binilang, A., Wuisan, E.M. and Halim, F., (2013). Analisis Erosi dan Sedimentasi Lahan di Sub DAS Panasen Kabupaten Minahasa. Jurnal Sipil Statik, 1(5).

Saputro, A. Trian dkk. (2020). Analisa Laju Erosi dan Sedimentasi Bendungan Bajulmati Kabupaten Banyuwangi dengan Metode USLE dan MUSLE. Jurnal Rekayasa Sipil, Vol 8 No 5.

Article Metrics

Abstract view(s): 1057 time(s)
PDF: 1614 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.