Identifikasi Jenis Kupu-Kupu (Lepidoptera) Di Universitas Palangka Raya

Ade Damara Gonggoli(1*), Sartika Sari(2), Helen Oktofiani(3), Novira Santika(4), Rini Herlina(5), Tiara Agatha(6), Yohanes Edy Gunawan(7)

(1) Program Studi Biologi, Universitas Palangka Raya
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 
(7) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi jenis kupu-kupu yang berada di Universitas Palangkaraya pada lahan yang setelah terbakar dan lahan yang belum terbakar. Metode penelitian menggunakan metode observasi lapangan dengan teknik net sweeping dan jelajah. Dari hasil identifikasi jenis kupu-kupu yang dilakukan di sekitar kawasan UPR menunjukkan bahwa jumlah total jenis kupu-kupu yang ditemukan sebanyak 10 spesies yang tergolong ke dalam empat famili masing-masing yaitu famili Nymphalidae (3 jenis), famili Pleridae (5 jenis), famili Papilionidae (1 jenis), dan Lycaenidae (1 jenis), dengan total jumlah individu sebanyak 30 ekor, yang di dominasi oleh spesies Acraea terpsicore.

Keywords

Lepidoptera, Identifikasi, Universitas Palangka Raya

References

Amir, M., W.A. Noerdjito, dan S.Kahono. (2003). Kupu (Lepidoptera) Serangga Taman Nasional Gunung Halimun Jawa Bagan Barat. Biodiversity Conservation Project in Indonesia. JICA.

Coote LD. 2000 . CITES Idebtification Guide Butterfllies, Minister of Envronment, Canada

Dendang, B. 2009. Keanekaragan Kupu-kupi di Resort Selabintana Taman Nasional Gunung Gede Pangarao, Jawa Barat. Jurnal Penelitian dan Konservasi Alam 4(1) 25-36.

Grizimeks B. 1975. Animal Life Enclopedia. New York : Van Nos Trand Reinhold Company

Indriani, Y. Ginoga, L, N. dan Masy'ud, B. 2010. Keanekaragaman Jenis Kupu-kupu di Beberapa Tipe Habitat di Pondok Ambung Taman Nasional Tanjung Puting Kalimantan Tengah. Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata. Institut Pertanian Bogor

Kompas.id. 2019. Hutan Kampus Terbakar. Diakses pada 19 November 2019, dari https://kompas.id/baca/nusantara/2019/08/06/hutan-kampus-terbakar.

Peggie, D. 2014. Mengenal Kupu-kupu Pandu Aksara Publishing : Jakarta.

Peggie dan Amir, M. 2006. Practical Guide to the Butterfliesof Bogor Botanic Garden - Panduan Praktis Kupu-kupu di Kebun Raya Bogor. Pusat Penelitian Biologi, LIPI Cibinong dan Nagao Natural Environment Foundation. Tokyo.

Sihombing, D. T. H. 2002. Satwa Harapan I : Pengantar Ilmu dan Teknologi Budidaya. Pustaka Wirausaha Muda. Bogor.

Susetya RSA. 2014. Keanekaragaman Kupu-kupu diurnal (Sub Ordo : Rhopalocera) di Kompleks Gunung Bromo KPH Surakarta Kabupaten Karanganyar Tahun 2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta

Vane-Wright, R.I., and de Jong, R. 2003. The Butterflies of Sulawesi: annotated checklist for a critical island fauna. Zool. Verh. Leiden 343 : 3-267.

Wina Oktaviati, Slamet Rifanjani, H. A. 2019. Keanekaragaman Jenis Kupu-Kupu (Ord Lepidoptera) Pada Ruang Terbuka Hijau Kota Pontianak, Universitas Tanjungpura : Pontianak. 7, 79–85.

Article Metrics

Abstract view(s): 1690 time(s)
PDF (Bahasa Indonesia): 3132 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.