PERBEDAAN KEBERADAAN JENTIK AEDES AEGYPTI ANTARA BAK MANDI DI PERDESAAN DAN PERKOTAAN DI KECAMATAN WONOGIRI

Muhamad Nur Sidiq(1*), Iskandar Iskandar(2), Yusuf Alam Romadhon(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Pemeriksaan jentik Aedes aegypti dilakukan dalam mengurangi angka kesakitan demam berdarah dengue. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan jumlah jentik Aedes aegypti antara bak mandi di perdesaan dan perkotaan .Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di wilayah Kecamatan Wonogiri pada bulan Oktober-November 2015. Besar sampel adalah 100 responden di wilayah Kecamtan Wonogiri yang tersebar di 15 kelurahan dan desa. Uji statistik yang digunakan adalah Chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah jentik Aedes aegypti di perkotaan lebih banyak daripada di perdesaan (42% vs 14%) dengan p= < 0,002. Kesimpulan: jumlah jentik Aedes aegypti di perkotaan lebih banyak daripada di perdesaan di kecamatan Wonogiri.

 

Kata kunci. Keberadaan jentik, Aedes aegypti, Bak mandi, Perdesaan, Perkotaan

Full Text:

PDF

References

Depkes RI. 2010. Demam Berdarah Dengue. Jakarta: Depkes RI.

Dinkes Jateng. 2012. Buku Profil Kesehatan Propinsi Jawa Tengah. Semarang: Dinkes Jateng.

Kusumawardani E dan Achmadi U.F., 2012 Demam Berdarah Dengue di Perdesaan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. Vol. 7. No. 3:120-125

Lin C.Y., Huang C.H., Chen Y.H., 2013. Classification of Dengue: The Clinical Use of World Health Organization 2009 Guideline.Journal of the Formosan Medical Association. Vol. 112. No.2: 61-63.

Pramestuti N dan Djati A.P., 2013. Distribusi Vektor Demam Berdarah Dengue (DBD) Daerah Perkotaan Dan Perdesaan di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Penelitian Kesehatan. Vol. 41. No 3:163-170.

Sitio A., 2008. Hubungan Perilaku Tentang Pemberantasan Sarang Nyamuk dan Kebiasaan Keluarga dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue di Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan. Program Pasca Sarjana Undip. Tesis.

Trapsilowati W., Susanti L., Pujianti A., 2010. Gambaran Kemudahan Memperoleh Air Dan Sarana Penyimpanan Air Terhadap Kasus DBD Di Kota Semarang, Kabupaten Wonosobo, Dan Kabupaten Jepara. Jurnal Vektora. Vol. 2. No 1:1-13.

World Health Organization. 2011. Comprehensive Guidelines for Prevention and Control of Dengue and Dengue Haemorrhagic Fever. Technical Publication Series No. 60: 1-196.

Article Metrics

Abstract view(s): 1077 time(s)
PDF: 431 time(s)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.